• SMP NEGERI 1 KALINYAMATAN
  • Unggul dalam prestasi berdasarkan iman, taqwa, budi pekerti dan berwawasan lingkungan

9 Bahasa Indonesia semester 1 Bab 2 Pidato Persuasif

TEKS PIDATO PERSUASIF 

Tujuan Pembelajaran

  • Peserta didik mampu mendefinisikan pengertian teks pidato persuasif.
  • Peserta didik mampu menjelaskan pengertian gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dalam pidato persuasif.
  • Peserta didik mampu mendaftar gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dalam pidato persuasif.

1. Pidato Persuasif?

  • Dari kata (persuasive) yang maksudnya adalah suatu bentuk komunikasi yang bertujuan untuk mempengaruhi atau mengubah sikap, perilaku, dan kepercayaan seseorang sehingga mau bertindak sesuai dengan yang diharapkan oleh komunikator.
  • Persuasif dapat pula diartikan sebagai suatu komunikasi yang sifatnya membujuk orang lain dengan cara halus sehingga orang tersebut mau melakukan sesuatu yang diinginkan komunikator. Komunikasi persuasif dapat dilakukan dengan berbagai cara, baik secara lisan, tulisan, maupun visual.
  • Individu yang persuasif merupakan seseorang yang pandai membujuk orang lain untuk melakukan atau memercayai sesuatu melalui penalaran atau dengan godaan. Umumnya bentuk komunikasi persuasif dilakukan dengan cara mengubah pengetahuan seseorang akan sesuatu sehingga perilaku orang tersebut menjadi berubah.

Jadi pidato persuasif adalah jenis pidato yang disampaikan dengan tujuan mempengaruhi pendengarnya, sehingga tertarik dengan apa yang disampaikan. 

2. Tujuan Pidato Persuasif

  • memberikan informasi.
  • meyakinkan pendengar.
  • menggambarkan sebuah keadaan.
  • memberikan hiburan kepada pendengarnya.

3. Ciri-Ciri Komunikasi Persuasif

1).Komunikasi persuasif memiliki karakteristik yang berbeda dengan bentuk komunikasi lainnya. Mengacu pada pengertian persuasif, adapun ciri-ciri komunikasi persuasif adalah sebagai berikut:

2).Menggunakan kata-kata yang sifatnya mengajak atau membujuk.

3).Pada umumnya komunikasi persuasif disertai dengan fakta dan bukti sehingga lebih kuat dalam upaya mempengaruhi orang lain.

4).Komunikasi persuasif tidak memaksakan suatu pendapat kepada orang lain untuk menghindari konflik.

5).Tidak jarang komunikasi persuasif menggunakan kata-kata yang membuat orang lain antusias, tertarik, atau terprovokasi.

4. Faktor yang Mempengaruhi Komunikasi Persuasif
 

1.Kredibilitas komunikator atau sumber pesan merupakan faktor yang sangat menentukan dalam keberhasilan komunikasi persuasif.

2.Isi pesan yang disampaikan; apakah masuk akal atau tidak, apakah ada bukti atau fakta pendukung.

3.Faktor pengaruh lingkungan; nilai-nilai dan kebiasaan yang dijunjung tinggi suatu masyarakat.

4.Pengertian dan kesinambungan pesan yang disampaikan; pesan yang disampaikan secara berulang-ulang akan mempengaruhi tingkat keberhasilan komunikasi persuasif.

5. Contoh Pidato Persuasif

  • Assalamualaikum wr.wb
  • Yth. Kepala Kepala pengelenggara seminat, yang saya hormati peserta seminar wira usaha

Marilah kita panjatkan rasa syukur kita kepada Tuhan YME atas kehadirat-Nya yang selalu mengirimkan limpahan rahmat, karunia dan keberkahan kepada kita semua.
Sholawat beriring salam yang tak lupa dan tak hentinya pula kita haturkan kepada junjungan dan pemimpin kita Nabi besar Muhammad SAW yang selalu kita nantikan syafaat dari beliau pada kehidupan setelah meninggalkan bumi ini.

Sebelum memulai pembahasan yang lebih, banyak pengusaha-pengusaha yang telah sukses setelah meniti karir dari nol besar. Namun,  dengan kegigihan serta keuletan, mereka bisa meraih keberhasilan dan mencapai mimpinya dengan kerja keras.

Pengusaha-pengusaha yang sukses pada umumnya mempunyai banyak pengalaman dan latar belakang pendidikan yang tidak terlalu tinggi. Mereka mulai mendirikan dan menjalankan bisnis serta membekali diri dengan etos kerja dan semangat yang kuat sehingga membangkitkan diri demi mewujudkan cita-cita dan tujuan mereka.

Sebagia pengusaha yang telah berhasil meraih mimpi merupakan orang-orang yang memiliki jiwa muda dan mamanfaatkan kesempatan untuk bertindak mewujudkan mimpi mereka dengan tujuan dapat membahagiakan keluarga dan orang terdekat.

Menempuh pendidikan yang tinggi juga penting dalam menambah ilmu, seperti mengatur keuangan, mengatur manajemen bisnis serta masih banyak lagi yang kita dapatkan. Dengan menempuh pendidikan yang lebih tinggi seperti pengalaman yang berharga dan menemukan teman baru.

Untuk para pencari kerja yang sudah lama menunggu panggilan dari lamaran yang telah berapa kali tak terhitung banyaknya telah dikirim, mari bangkit mulai dengan membangun lapangan kerja baru dengan mulai berbisnis. Karena pada era sekarang ini, akan lebih baik  kita menciptakan lapangan pekerjaan bukan hanya menunggu pekerjaan menghampiri, boleh bekerja untuk menambah pengalaman membangun bisnis. Karena dengan berbisnis sendiri lebih menguntungkan serta lebih berpeluang memperbaiki keadaan ekonomi.

Mari motivasi diri untuk selalu melakukan hal yang bermanfaat, melakukan hal yang bisa membuat diri lebih baik dari sebelumnya dan memberi cambukan bagi diri bahwa untuk mendapat kerja bukan hanya dengan mengharapkan kerja dari yang orang lain berikan, yakinkan diri bahwa kalian mampu mendirikan usaha sendiri.

Sekian yang dapat saya sampaikan, pesan saya pikirkan dan bertindak pada apapun yang menurut kalian berpeluang untuk sukses. Semoga apa yang telah saya sampaikan ini dapat bermanfaat bagi kita semua, dan untuk kesalahan yang saya sengaja maupun yang tidak saya sadari saya mohon maaf serta terima kasih kepada semua yang hadir dan terlibat dalam acara ini telah menyempatkan dan meluangkan waktu kalian semua.

Saya akhiri, wassalamualaikum wr.wb

6. Apa itu gagasan, pikiran, pandangan, dan arahan? 

  • Gagasan (pikiran) = sesuatu (hasil pemikiran, usulan, keinginan, harapan) yang akan disampaikan kepada pendengar. (Suyono, 2004)
  • Pandangan adalah pemikiran akan suatu hal atau peristiwa yang terjadi atau hasil perbuatan memandang, melihat, mengamati yang tertuang pada gagasan atau pikiran.
  • Arahan adalah petunjuk untuk melakukan sesuatu.
  • Pesan adalah perintah, nasihat, permintaan, amanat yang disampaikan melalui orang lain.

7. Latihan 

Dengarkan sebuat pidato ditelevisi atau radio kemudian tuliskan hasil identifikasi kalian pada kolom berikut!

No

Aspek Identifikasi

Kalimat hasil identifikasi

1

Gagasan

 

2

Pikiran 

 

3

Pandangan

 

4

Arahan

 

5

Pesan

 

Tulisan Lainnya
9 Bahasa Indonesia smt 1 Bab 3 Teks Cerita Pendek

BAB III     MENGASAH KREATIVITAS DENGAN CERITA PENDEK 1. Definisi, Pembedaan, dan Ciri-Ciri Teks Cerpen Dalam Teori Pengkajian Fiksi karangan Burhan Nurgiyantoro dijel

08/07/2020 11:30 WIB - admin
9 Bahasa Indonesia semester 1 bab 1 teks laporan percobaan

BAB 1 TEKS LAPORAN PERCOBAAN MATERI Laporan adalah suatu bentuk hasil dari sebuah pengamatan yang dilakukan dan bertujuan untuk menginformasikan hasil yang diperoleh tersebut kepad

08/07/2020 10:23 WIB - admin