• SMP NEGERI 1 KALINYAMATAN
  • Unggul dalam prestasi berdasarkan iman, taqwa, budi pekerti dan berwawasan lingkungan

Pendidikan Karakter Keagamaan

Pendidikan Karakter Keagamaan

Oleh : Lukman Khakim, S.Pd.I

Pendidikan merupakan media untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. (Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 3). Pendidikan selalu dipercaya sebagai media ampuh untuk membentuk karakter anak menuju kedewasaan.

Pendidikan agama adalah unsur terpenting dalam pendidikan moral dan pembinaan karakter. Pendidikan karater yang paling baik sebenarnya terdapat dalam agama, karena nilai-nilai moral yang dapat dipatuhi dengan kesadaran sendiri dan penghayatan tinggi tanpa ada unsur paksaan dari luar, datangnya dari keyakinan beragama. Oleh karena itu, keyakinan tersebut harus dipupuk dan ditanamkan sedari kecil sehingga menjadi bagian tidak terpisahkan dari kepribadian anak sampai ia dewasa.

Pendidikan agama di sekolah mendapat beban dan tanggung jawab moral yang besar, apalagi jika dikaitkan dengan upaya pembinaan karakter anak. Pada usia remaja ditandai dengan gejolak kejiwaan yang berimbas pada perkembangan mental dan pemikiran, emosi, kesadaran sosial, pertumbuhan moral, sikap dan kecenderungan yang pada akhirnya turut mewarnai sikap keberagamaan yang dianut anak.

Pendidikan agama dapat menumbuhkan sikap patuh dengan kesadaran dan penghayatan dalam melaksanakan ibadah dan membiasakannya dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga, remaja-remaja tersebut nantinya merasakan ibadah sebagai perwujudan sikap keberagamaan yang sangat penting dibandingkan nonton TV, main HP, jalan-jalan, hura-hura, dan lain sebagainya.

Akan tetapi selain semua hal tersebut, yang paling penting adalah keterpaduan antara unsur keluarga, lingkungan masyarakat, kebijakan pemerintah dan sekolah dalam rangka turut menanamkan semangat beragama yang ideal di kalangan para remaja. Karena tanpa kerjasama antara usur-unsur tersebut mustahil akan tercipta generasi muda (remaja) yang berkarakter.

 

Tugas MPLS Pendidikan Karakter Keagamaan

  1. Jelaskan manfaat berwudlu disertai foto peserta didik sedang berwudlu!
  2. Jelaskan manfaat sholat berjamaah disertai foto peserta didik sedang sholat berjamaah di rumah!
  3. Jelaskan manfaat puasa disertai niat puasa ramadlan!
  4. Tuliskan ayat Al Qur’an surat An Nas disertai foto peserta didik sedang membaca ayat Al Qur’an!

Tulisan Lainnya
Pendidikan karakter di sekolah

Pentingnya Pendidikan Karakter Bagi Siswa Sekolah Oleh : TM Pendidikan Karakter, Sepenting Apa? Penasaran nggak, sih, kalau sekarang banyak sekali lembaga pendidikan yang 'menjual' pend

10/07/2020 23:18 WIB - Teguh Tri Mulyana
MPLS " PENDIDIKAN KARAKTER DAN ANTI KORUPSI"

Materi MPLS SMP N 1 Kalinyamatan TP 2020/2021   Pendidikan Karakter dan Antikorupsi oleh Muhamd Maghfur, S. Sn., M. Pd   Mengapa Perlu Pendidikan Anti Korupsi? Sebelum menyela

09/07/2020 17:10 WIB - Muhamad Maghfur