• SMP NEGERI 1 KALINYAMATAN
  • Unggul dalam prestasi berdasarkan iman, taqwa, budi pekerti dan berwawasan lingkungan

PAI Semster 1 Bab 1

Meyakini Kitab-kitab Allah, Mencintai Al-Qur’an

  1. IMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH SWT
    1. Pengertian Kitab

Menurut bahasa kitab adalah tulisan , karya tulis, atau nama bagi seratus tulisan. Sedangkan menurut istilah, kitab adalah kumpulan wahyu yang diturunkan Allah SWT kepada para rasul melalui Malaikat Jibril untuk pedoman bagi hidup umatnya.

  1. Pengertian Iman Kepada Kitab Allah SWT

Iman kepada kitab-kitab Allah SWT berarti meyakini dengan sepenuh hati bahwa Allah SWT menurunkan wahyu kepada para rasul berupa kitab-kitab yang mengandung perintah dan larangan, sebagai pedoman hidup dalam mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat.

Dalil tentang wajib beriman kepada kitab-kitab Allah swt, antara lain terdapat dalam Q.S. Al Baqarah (2): 4

  وَالَّذِينَ يُؤْمِنُونَ بِمَا أُنْزِلَ إِلَيْكَ وَمَا أُنْزِلَ مِنْ قَبْلِكَ وَبِالْآخِرَةِ هُمْ يُوقِنُونَ

Artinya :   “Dan mereka yang beriman kepada kitab Al Qur’an yang diturunkan kepadamu (Muhammad) dan kitab-kitab yang telah diturunkan sebelum engkau, dan mereka yakin akan adanya akhirat”.(Q.S. Al Baqarah (2): 4

Kitab-kitab yang telah diturunkan sebelum Nabi Muhammad SAW adalah kitab-kitab yang diturunkan sebelum Al Qur’an, yaitu kitab Zabur, Taurat, Injil dan suhuf-suhuf yang diturunkan kepada para rasul. Allah SWT menurunkan kitab kepada rasul adalah dengan memberikan wahyu kepada malaikat jibril, lalu jibril menyampaikan kepada para rasul.

Rasul yang diutus oleh Allah SWT diberi-Nya kitab sebagai pedoman hidup bagi umat  manusia. Kitab-kitab tersebut adalah sebagau berikut :

  1. Zabur

Kitab Zabur ini diturunkan kepada Nabi daud As,untuk kaum yahudi, berbahasa  qibti  sebagaimana firman Allah dalam ayat berikut.

وَرَبُّكَ أَعْلَمُ بِمَنْ فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ ۗ وَلَقَدْ فَضَّلْنَا بَعْضَ النَّبِيِّينَ عَلَىٰ بَعْضٍ ۖ وَآتَيْنَا دَاوُودَ زَبُورًا

Artinya : “Dan Tuhanmu lebih mengetahui siapa yang dilangit dan di bumi. Dan sungguh Kami telah memberitahukan kelebihan kepada sebagian nabi-nabi atas sebagian (yang lain), dan Kmai berikan Zabur kepada Daud As”. (Q.S. Al Isra’: 55)

  1. Taurat

Kitab Taurat ini diturunkan kepada Nabi Musa As,untuk bani israil berbahasa ibrani berisi 10 firman Allah, sebagaimana firman Allah dalam ayat berikut.

وَآتَيْنَا مُوسَى الْكِتَابَ وَجَعَلْنَاهُ هُدًى لِبَنِي إِسْرَائِيلَ أَلَّا تَتَّخِذُوا مِنْ دُونِي وَكِيلًا

Artinya : “Dan Kami berikan kepada Musa As, kitab Taurat dan Kami   jadikannya petunjuk bagi Bani Israil (dengan firman): “Janganlah kamu mangambil (pelindung) selain Allah !”. (Q.S. Al Isra’: 2)

  1. Injil

            Kitab Injil ini diturunkan kepada Nabi Isa As,untuk kaum Nasrani, berbahasa suryani, sebagaimana firman Allah dalam ayat berikut.

وَقَفَّيْنَا عَلَىٰ آثَارِهِمْ بِعِيسَى ابْنِ مَرْيَمَ مُصَدِّقًا لِمَا بَيْنَ يَدَيْهِ مِنَ التَّوْرَاةِ ۖ وَآتَيْنَاهُ الْإِنْجِيلَ فِيهِ هُدًى وَنُورٌ وَمُصَدِّقًا لِمَا بَيْنَ يَدَيْهِ مِنَ التَّوْرَاةِ وَهُدًى وَمَوْعِظَةً لِلْمُتَّقِينَ

Artinya: “Dan Kami teruskan jejak mereka dengan mengutus Isa putra Maryam, membenarkan kitab yang sebelumnya, yaitu Taurat. Dan Kami menurunkan Injil kepadanya, di dalamnya petunjuk dan cahaya, dan membenarkan kitab yang sebelumnya yaitu Taurat. Dan sebagai petunjuk serta pengajaran untuk orang-orang yang bertaqwa”. (Q.S. Al Maidah (5): 46)

  1. Al Qur’an

Kitab Al Qur’an ini diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW, yang   membenarkan kitab-kitab yang diturunkan sebelumnya. Sebagaimana firman Allah SWT dalam surat Ali Imran ayat 1-4.

الٓمٓ. ٱللَّهُ لَآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ٱلْحَىُّ ٱلْقَيُّومُ

Artinya :    “1. Alif Lam Mim. 2. Allah tidak ada Tuhan selain Dia. Yang Maha Hidup terus menerus mengurus (makhluk-Nya). 3. Dia menurunkan kitab (Al Qur’an) kepadamu (Muhammad SAW) yang mengandung kebenaran, membenarkan kitab-kitab sebelumnya, dan menurunksn Taurat dan Injil. 4. (sebelumnya) sebagai petunjuk bagi manusia, dan Dia menurunkan al Qur’an. Sungguh, orang-orang yang ingkar terhadap ayat-ayat Allah SWT akan memperoleh azab yang berat. Allah Maha Perkasa lagi mempunyai hukuman”. (Q.S. Ali Imran: 1-4)

 Dari kempat kitab tersebut mempunyai ajaran yang sama:

  1. Berisi ajaran tauhid mengesakan Allah
  2. Janji dan Ancama Allah
  3. Hukum dan Peraturan Allah
  4. Perintah dan larangan Allah
  5. Ibadah

 

  1. AL-QUR’AN SEGABAI KITAB SUCI 

Setelah kalian mempelajari kitab-kitab Allah SWT, sekarang marilah kita pelajari tentang kitab suci Al Qur’an sebagai kitab suci umat islam.

  1. Turunnya Al Qur’an

Al Qur’an diturunkan oleh Allah SWT pada bulan Ramadhan, tepatnya pada malam senin tanggal 17 Ramadhan tahun 41 dari kelahiran Nabi Muhammad Saw atau 6 Agustus 610 M. wahyu yang [pertama kali diturunkan adalah Q.S. Al Alaq ayat 1-5. semenjak saat itu, Malaikat Jibril secara berangsur-angsur menyampaikan wahyu kepada Nabi Muhammad Saw selama 22 tahun 2 bulan 22 hari, seiring dengan lamanya dakwah Nabi Muhammad SAW. Tujuan di turunkan secara berangsur-angsur adalah : (1) agar mudah dihafal, (2) sebagai penguat hati nabi, (3) agar mudah dimengerti dan difahami, (4) sebagai jawaban setiap pertanyaan yang ada

Pada saat Nabi melaksanakan haji Wada’, Allah SWT menyatakan kesempurnaan agama islam dengan menurunkan wahyu terakhir. Allah SWT berfirman :

Artinya:        “....Pada hari ini telah Aku sempurnakan agamamu untukmu, dan telah Aku cukupkan nikmat Ku bagimu, dan telah Aku ridhai islam sebagai agamamu ……”.(Q.S. Al Maidah [5]: 3)

  1. Keistimewaan Al Qur’an

Allah SWT menurunkan Al Qur’an kepada Nabi terakhir. Al Qur’an ini berfungsi sebagai penyempurna kitab-kitab sebelumnya. Al Qur’an mengandung banyak keistimewaan, antara lain :

  1.   Al Qur’an membenarkan ajaran yang terdapat dalam kitab-kitab sebelumnya, yaitu kitab Zabur, Taurat dan Injil.
  2. Al Qur’an dapat dijadikan sebagai batu ujian bagi kitab-kitab sebelumnya. Ajaran-ajaran yang termuat dalam kitab-kitab sebelumnya adalah benar apabila sejalan dengan Al Qur’an.
  3. Al Qur’an memberikan pelajaran tentang keadaan umat-uamat terdahulu. Oleh karena Al Qur’an mengisahkan tentang rasul-rasul yang didustakan oleh kaumnya.
  4. Al Qur’an dapat berfungsi sebagai obat dan rahmat bagi mukmin yang dapat membrikan ketentraman hati dan jiwa.
  5.   Al Qur’an merupakan satu-satunya kitab yang tidak pernah terdapat keraguan, dan akan senantiasa relevan sepanjang sejarah manusia hingga akhir zaman. Oleh karena Al Qur’an senantiasa dijaga oleh Allah SWT.
  6.   Al Qur’an merupakan mukjizat terbesar Nabi Muhammad SAW. Mukjizat seperti ini tidak diberikan kepada nabi-nabi yang lain.
  7. Menjadikan Al Qur’an sebagai Sumber Hukum  dan Pedoman Hidup
  8. Al qur’an sebagai Sumber Hukum

Al Qur’an merupakan sumber hukum yang tertinggi bagi umat islam. Di dalamnya memuat berbagai persoalan hukum islam, baik yang berkaitan dangan akidah, ibafah, muamalah, munakahah, jinayah, hingga tata pemerintahan,

  1. Al Qur’an sebagai Pedoman Hodup

Sebagai pedoman hidup, Al Qur’an mwngatur segala aspek kegidupan, baik hubungan antara manusia dengan Allah SWt, hubungan antara manusia dan hubungan antara manusia dengan alam. Sebagaimana diperintahkan oleh Allah SWT dalam Al Qur’an, hubungan manusia dengan Allah SWt diwujudkan dalam bentuk rajin ibadah, berdzikir tiap pagi dan petang dalam keadaan duduk maupun berdiri, selalu berdoa memohon kepada-Nya.

 

  1. Perbedaan Kitab dengan Suhuf

Wahyu-wahyu Allah Swt yang diterima oleh para rasul dalam perkembangannya ada yang   dibukukan berbentuk kitab dan ada yang tidak dibukukan atau berbentuk suhuf yaitu lembaran-lembaran terpisah. Namun, keduanya sama-sama berisi firman Allah Swt yang diberikan kepada para Nabi dan Rasul.

Keterangan yang menyatakan bahwa suhuf itu benar adanya adalah firman Allah Swt berikut ini :

Artinya :"Sesungguhnya ini terdapat dalam kitab-kitab yang dahulu, (yaitu) kitab-kitab Ibrahim dan Musa." (Q.S. al-Aga/87 : 18 —19 ).

             Secara rinci para Nabi dan Rasul yang menerima Suhuf dari Allah Swt adalah :

  1. Nabi Ibrahim menerima 10 suhuf.
  2. Nabi Musa menerima 10 suhuf.

Kitab dan Suhuf mempunyai persamaan dan juga perbedaan. Persamaannya adalah keduanya sama-sama firman Allah Swt yang diturunkan kepada para rasul-Nya. Adapun perbedaan antara kitab dan suhuf antara lain :

  1. Isi kitab lebih lengkap daripada isi suhuf.
  2. Bentuk dari kitab sudah dibukukan, sedangkan suhuf masih berbentuk lembaran-lembaran yang terpisah.
  3. Kitab biasanya berlaku lebih lama daripada suhuf.

 

  1. Hikmah Beriman kepada Kitab Allah Swt.

Allah Swt menurunkan kitab-kitab-Nya di dunia ini dengan cara diwahyukan kepada Rasul-Nya. Tentunya hal ini dapat memberikan hikmah atau manfaat bagi kehidupan manusia dan makhluk Allah Swt di alam semesta ini. Manusia yang mengaku beriman harus berusaha mengambil hikmah dari kitab-kitab Allah Swt tanpa meragukannya.

Adapun hikmah yang dapat diambil dari adanya kitab-kitab Allah sebagai berikut:

  1. Memberikan petunjuk kepada manusia mana yang benar dan mana yang salah.
  2. Pedoman agar manusia tidak berselisih dalam menentukan kebenaran.
  3. Memberikan informasi sejarah kehidupan orang-orang terdahulu. Hal ini bisa menjadi pelajaran hidup yang berharga bagi umat manusia saat ini.
  4. Manusia dapat mengetahui betapa besarnya perhatian dan kasih sayang Allah Swt kepada para hamba dan makhluk-Nya.
  5. Manusia yang beriman akan dapat mengetahui dan membedakan mana yang baik dan mana yang buruk, karena di dalam kitab dijelaskan tentang perilaku yang baik dan buruk.
  6. Mensyukuri segala anugerah dan nikmat Allah Swt, termasuk pemberian petunjuk yang benar melalui kitab-kitab-Nya.
  7. Hai manusia menjadi lebih tenteram dan menambah ilmu pengetahuan.
  8. Memilikisikaptoleransiyangtinggi karena kitab-kitab Allah Swt memberikan penjelasan tentang penanaman sikap toleransi, saling menghormati, dan menghargai orang lain bahkan pemeluk agama lain.
  9. Meningkatkan kesabaran dalam menerima cobaan, ujian, dan musibah yang menimpa pada dirinya.

 

Jawablah dengan singkat dan jelas diselembar kertas dan dikirim lewat WA grup kelas !

  1. Sebutkan kitab-kitab Allah SWT dan Rasul penerimanya !
  1. Sebutkan kelebihan Al Qur’an dibandingkan dengan kitab-kitab  sebelumnya !
  2. Sebutkan beberapa ajaran Al Qur’an dalam bidang muamalah !
  1. Mengapa Al Qur’an disebut Al-Furqan?
  1. Apakah yang kamu ketahui tentang kitab dan suhuf ?

 

Tulisan Lainnya
8 PAI Smt 1 Bab 1 Soal

Jelaskan pengertian iman kepada kitab kitab Allah itu ! Tulislah dalil naqli iman kepada kitab kitab Allah Tulislah dalil naqli tentang nama nama kitab Allah dan nabi yang menerimanya

08/07/2020 11:18 WIB - admin
8 PAI Smt 1 Bab 1

Menjelaskanpengertianimankepadakitab-kitab Allah Swt. Denganbenar. Menunjukkandalilimankepadakitab-kitab Allah Swt. denganbenar. Menyebutkankitab-kitabdanRasulpenerimanyadenganbenar. M

08/07/2020 10:35 WIB - admin