• SMP NEGERI 1 KALINYAMATAN
  • Unggul dalam prestasi berdasarkan iman, taqwa, budi pekerti dan berwawasan lingkungan

7 IPS Smt 1 Bab 1 Ruang

 

MODUL PENDAMPING SISWA BELAJAR SISWA MANDIRI

KURIKULUM 2013  

SMP N 1 KALINYAMATAN

TAHUN PELAJARAN 2018/2019

 

 

 

NAMA                : SUKARLIN, S.E, M.Pd

MAPEL             : IPS

KELAS/SEM    : VII

 

 

 

 

BAB. I

MANUSIA, TEMPAT DAN LINGKUNGAN

 

 

 

                               AKTIVITAS 1.1

 

 

 

  1. PENGERTIAN RUANG DAN INTERAKSI ANTAR RUANG

 

  1. Konsep Ruang

.

Ruang dalam padangan geografi dapat dinamai berdasarkan topik, aktivitas manusia, dan regional. Dalam melakukan pendekatan terhadap gejala dan masalah, geografi akan menggunakan pendekatan topik utama, biasanya mencari apa yang menjadi pusat perhatian manusia. Pada pendekatan keruangan lainnya, pendekatan utama diarahkan kepada aktivitas manusianya (human activities). Adapun ruang dalam pendekatan region berarti mendekati suatu gejala atau suatu masalah dan region atau wilayah tempat gejala atau masalah tadi tersebar. Tekanan utama pendekatannya bukan kepada topik atau aktivitas manusianya, melainkan kepada region yang merupakan ruang atau wadahnya.

Rruang adalah tempat di permukaan bumi, baik secara keseluruhan maupun hanya sebagian. Bayangkan jika  kamu berada di sebuah ruang, misalnya ruang kelas. Ruang kelas tersebut tidak hanya lantai, tetapi juga ada udara, langit-langit/plafon ruangan, dan lain-lain. Demikian halnya dengan ruang permukaan bumi, yang tidak hanya sebatas tanah yang kita injak, tetapi ada udara, air, batuan, tumbuhan, hewan, dan lain-lain. Ruang tidak hanya sebatas udara yang bersentuhan dengan permukaan bumi, tetapi juga lapisan atmosfer terbawah yang memengaruhi permukaan bumi. Ruang juga mencakup perairan yang ada di permukaan bumi (laut, sungai, dan danau) dan di bawah permukaan bumi (air tanah) sampai kedalaman tertentu. Ruang juga mencakup lapisan tanahdan batuan sampai pada lapisan tertentu yang menjadi sumber daya begi kehidupan. Berbagai organisme atau makhluk hidup juga merupakan bagian dari ruang. Dengan demikian, batas ruang dapat diartikan sebagai tempat dan unsur - unsur lainnya yang mempengaruhi kehidupan di permukaan bumi.

Ada beberapa kondisi saling bergantung yang diperlukan untuk  terjadinya interaksi keruangan yaitu saling melengkapi (complementarity), kesempatan  antara (intervening opportunity)  dan  keadaan dapat diserahkan/dipindahkan   (transferability) .

  1. Saling Melengkapi (complementarity atau Regional Complementary)

Keadaan saling melengkapi terjadi jika ada wilayah-wilayah yang berbeda komoditas yang dihasilkannya. Misalnya, wilayah A merupakan penghasil sayuran, sedangkan wilayah B merupakan penghasil ikan. Wilayah A membutuhkan ikan, sedangkan wilayah B membutuhkan sayuran. Jika masing-masing memiliki kelebihan (surplus), maka  wilayah A melakukan interaksi dengan wilayah B melalui aktivitas perdagangan atau jual beli.  

  1. Kesempatan Antara (Intervening Opportunity)

Kesempatan antara merupakan suatu lokasi yang menawarkan  alternatif lebih baik sebagai tempat asal maupun tempat tujuan. Jika seseorang akan membeli suatu produk, maka ia akan memperhatikan faktor jarak dan biaya untuk memperoleh produk tersebut. Contohnya,  Wilayah A biasanya membeli ikan ke wilayah B, namun kemudian diketahui ada wilayah C yang juga penghasil ikan. Karena Wilayah C jaraknya lebih dekat dan ongkos transportasinya lebih murah,  para pembeli ikan dari wilayah A  akan beralih membeli ikan ke wilayah C. Akibatnya, interaksi antara wilayah A dengan B melemah. 

  1. Kemudahan Transfer (Transfer Ability)

Pengangkutan barang atau juga orang memerlukan biaya. Biaya  untuk terjadinya interaksi tersebut harus lebih rendah dibandingkan dengan keuntungan yang diperoleh. Jika biaya tersebut terlalu tinggi dibandingkan dengan keuntungannya, maka interaksi antar ruang tidak akan terjadi. Kemudahan transfer dan biaya yang diperlukan juga sangat tergantung pada  ketersediaan  infrastruktur (sarana dan prasarana) yang menghubungkan daerah asal dan tujuan. Jalan yang rusak dan sulit untuk dicapai akan mengurangi kemungkinan terjadinya interaksi karena biaya untuk mencapainya juga akan lebih mahal. Sebagai contoh, seseorang akan menjual sayuran dari wilayah A ke wilayah B,namun jalan menuju wilayah B mengalami kerusakan, sehingga tidak bisa dilalui. Akibatnya, orang tersebut tidak jadi menjual sayuran ke wilayah B.  

 

  1. Hubungan Antar Ruang

 

Sebelum membahasnya lebih lanjut, coba kamu perhatikan kalimat-kalimat berikut ini :

  1. Baji Galigi lahir di Jakarta pada tanggal 17 Maret 1967
  2. Kemerdekaan yang kita nikmati sekarang ini adalah hasil perjuangan dari para pahlawan kita dulu saat era perjuangan. 
  3. Kita  harus  berterimakasih  dan  menghargai jasa para pahlawan yang telah mendahului kita dan telah mengorbankan jiwa raganya untuk merebut kemerdekaan yang kita nikmati sekarang.
  4. Saya akan pergi berlibur ke Lombok saat liburan nanti.

Dari keempat kalimat diatas, dapat kita lihat bahwa suatu kejadian selalu terkoneksi dengan ruang dan waktu. Pada kalimat pertama, kota Jakarta menunjukkan aspek ruang, sedangkan aspek waktunya adalah tanggal 17 Maret 1967. Pada kalimat kedua, terjadi hubungan antar waktu dahulu dan sekarang. Aspek waktu tidak selalu ditunjukkan dengan tanggal, bulan atau waktu, bisa juga dengan kalimat lain seperti ditunjukkan pada kalimat nomor tiga, aspek waktunya adalah saat liburan nanti. Dalam suatu kejadian, kita bisa membahas beberapa aspek yaitu : aspek ruang, aspek waktu, aspek kemasyarakatan dan aspek  budaya.  Agar kita mengerti tentang alam sekitar dan prilaku masyarakat maka harus kita awali dengan kamampuan untuk memahami hubungan timbal balik antara : ruang dan waktu.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Critical Thinking and Problem Solving

 

       Perhatikan gambar berikut ini, dan cermati dengan baik!          

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

                                                                                                            

 

 

 

 

 

Tuliskanlah beberpa masalah yang relevan dengan permasalahan pada  bagan gambar  diatas sebagai akibat dari naiknya harga barang di pasar

  1. Creativity

Gunakan buku bacaan lainnya atau berbagai sumber dan diskusikan bersama kelompok untuk  mengkaji peristiwa-peristiwa  untuk menemukan jawabanmu.

  1. Collaboration:

Masing-masing kelompok untuk mempresentasikan dengan menuliskan   hasil-hasil kerja kelompok. Kelompok saling menanggapi dan melengkapi jawaban dengan saling  mengungkapkan pendapat masing-masing.

  1. Communication:

Presentasikan  hasil kelompokmu dengan penyajian melaui powerpoint didepan teman sekelasmu.

(Kreativitas penyajian dari kalian sendiri)

 

 

 

Gambar

Penjelasan

Gambar 1

 

 

 

Gambar 2

 

 

 

Gambar 3

 

 

 

Gambar 4

 

 

 

 

 

 

Uji Kompetensi

 

 

 

1.  Jelaskan pengertian konektivitas antar ruang dan waktu?

.....................................................................................................................

.....................................................................................................................

2. Berikan contoh konektivitas antar ruang dan waktu yang terjadi di lingkungan sekitarmu?

....................................................................................................................

....................................................................................................................

3. Jelaskan interaksi antara ruang dan waktu dalam aspek ekonomi,sosial, dan geografi!

..................................................................................................................

..................................................................................................................

4.  Jelaskan hubungan antar ruang dengan aktivitas manusia !

...................................................................................................................

.....................................................................................................................

5.   Jelaskan hubungan antar ruang dengan pemenuhan kebutuhan manusia !

....................................................................................................................

....................................................................................................................

 

 


                                                            AKTIVITAS.1.2                    

 

  1. LETAK DAN LUAS WILAYAH INDONESIA
  2. Pemahaman Peta

 

     Peta adalah  gambaran konvensional dari bentuk permukaan bumi, yang digambar pada bidang datar dengan ukuran skala tertentu yang menyerupai bentuk aslinya. Adapaun letak maupun data yang berkaitan,  tampaknya seperti gambar dilihat dari atas. Ilmu yang mempelajari seni, pengetahuan dan teknologi pembuatan peta di sebut Kartografi

  1. Jenis Peta

2.1. Berdasarkan isinya peta dapat dibedakan menjadi dua,yaitu  :

a).   Peta Umum Peta umum adalah peta yang menggambarkan kenampakan secara umum keadaan di permukaan bumi baik kenampakan fisik seperti dataran rendah, gunung, sungai maupun kenampakan ekonomi seperti jalan raya, jalan kereta api dan lokasi pemukiman. Contoh Peta Umum adalah :Peta Indonesia, Peta Asia, Peta Dunia

b).   Peta Tematik ( Peta Khusus) Peta Tematik adalah peta yang menggambarkan kenampakan tertentu (khusus) dari suatu wilayah di permukaan bumi. Contoh Peta Tematik adalah : Peta Kepadatan penduduk, Peta Hasil Bumi, Peta Pariwisata, Veta Pegetasi, Peta Statistik

2.2. Berdasarkan  Kegunaannya dibedakan menjadi dua :

  1. Peta induk/Peta dasar merupakan hasil survey permulaan dari geodesi, yang dapat digunakan untuk membuat peta-peta lain dan masih membutuhkan materi-materi tambahan serta hanya mencakup data-data pokok atau penting.
  2. Peta topografi merupakan peta yang menggambarkan kenampakan umum permukaan bumi secara detail.
  • Berdasarkan bentuknya Peta dibagi menjadi tiga, yaitu:
  1. Peta Timbul ( Peta Relief )Peta stereometri (timbul/tiga dimensi), peta yang dibuat berdasarkan bentuk permukaan bumi yang sebernanya, sehingga dapat melihat relief dengan jelas
  2. Peta timbul yang menggambarkan bentuk permukaan bumi yang sebenarnya
  3. Peta Datar ( Peta Biasa )Peta planimetri (data/dua dimensi), yaitu peta yang dibuat di suatu bidang datar dengan menggunakan media kertas, kain, Kanvas atau kayu triple
  4. Peta Digital ( Peta Komputer ) adalah Peta yang dibuat oleh bantuan komputer  yang disimpan di dalam pita atau disket dan dilihat melalui monitor. Peta digital dibuat dengan menggunakan komputer  apabila ada pembaharuan (revisi) dapat dilakukan lebih cepat, dan ditampilkan dalam bentuk planimetri dan stereometri.
  5. Fungsi Peta

            Secara Khusus Peta dapat memberikan informasi tentang keadaan bumi atau suatu wilayah, sedangkan seraca umum peta berfungsi :

  1. Menunjukkan letak atau lokasi suatu wilayah
  2. Menunjukkan arah dan jarak,
  3. Menunjukkan kenampakan permukaan bumi ( Relief )
  4. Dapat mengetahui iklim dan sumber daya alam yang ada pada suatu wilayah
  5. Dapat merencanakan suatu pembangunan nasional bagi pemerintah

 

  1. Syarat-syarat

     Peta yang baik adalah peta yang dapat memberikan informasi yang jelas dan benar bagi para penggunannya, oleh karena itu peta harus memenuhi syarat-syarat sebagai berikut :

  1. Ekuivalen, yaitu perbandingannya harus sama luas dan sama bentuk
  2. Ekuidistan, yaitu perbandingan jarak (skala) sesuai dengan jarak aslinya.
  3. Konform, yaitu bentuk sudut yang digambarkan harus sama/sesuai dengan bentuk aslinya.
  4. Mudah dipahami, rapi dan bersih
  5. Datanya harus lengkap dan teliti.
  1. Syarat-syarat pembuatan peta
    1. Judul, pada peta dapat mewakili dari seluruh isi peta. Judul biasanya diletakan ditengah-tengah peta.
    2. Tahun Pembuatan Peta, Tahun Pembuatan peta menunjukkan kapan peta tersebut dibuat, tahun peta biasaya diletakan pada bagian bawah kiri/kana peta yang kosong.
    3. Orientasi / Penunjuk Arah, Penunjuk arah pada peta untuk dapat mengetahui arah mata angin Barat, Timur, Utara dan Selatan. Orientasi biasanya selalu menunjuk ke arah Utara ( North )
    4. S k a l a, Skala adalah perbandingan jarak pada peta dengan jarak sesungguhnya di permukaan bumi.
    5. L e g e n d a, Legenda pada peta berisi simbol-simbol yang dapat menjelaskan arti dan informasi pada peta tersebut. Pada peta terdapat
    6. Garis Astronomis adalah garis khayal pada peta atau globe yang terdiri dari garis lintang dan garis bujur. Garis Lintang adalah garis khayal yang melingkari bumi dari timur ke barat.

Lintang Utara

  • Garis Bujur adalah garis khayal yang menghubungkan Kutub Utara dengan Kutub Selatan.
  1. Border ( Garis Tepi Peta ) adalah Garis tepi dibuat untuk dijadikan batas suatu peta dan untuk meletakkan angka-angka derajat, baik Bujur maupun Lintang pada setiap daerah yang dipetakan.
  2. Sumber peta, dicantumkan agar diketahui darimana sumber peta, data peta, dan pembuatanya.
  3. Warna peta, mempresentasikan (mewakili) objek dilapangan sehingga memiliki kemiripan dengan objek yang sesungguhnya di lapangan.
  4. Tulisan (lettering), berfungsi memberikan penjelasan terhadap informasi lokasi, letak, dan kenampakan objek geografi di dalam peta.
  5. Inset  adalah peta tambahan yang umumnya berskala kecil,  yang diletakan pada bagian sudut atau ruang peta yang kosong. Inset berfungsi untuk memperjelas lokasi peta pokok dalam kaitannya dengan daerah sekitarnya yang lebih luas.

AKTIVITAS SISWA

 

 

 

. Langkah-langkah:

ü  Buatlah peta pulau jawa

ü  Tukar hasil buatanmu dengan teman sebangku

ü  Amati apakah Peta temanmu sudah memenuhi kriteria sebuah peta ?

 

UJI KOMPETENSI

  1. Mengapa pada peta perlu dicantumkan tahun pembuatan peta ?

..........................................................................................................................................

...........................................................................................................................................

  1. Apa yang dimaksud dengan inzet dalam peta ? Jelaskan !

...........................................................................................................................................

...........................................................................................................................................

  1. Jelaskan perbedaan antara peta topografi dengan peta tematik !

...........................................................................................................................................

...........................................................................................................................................

  1. Suatu peta mempunyai skala 1 : 1.500.000, coba jelaskan artinya ?

...........................................................................................................................................

...........................................................................................................................................

 

  1. Apakah manfaat dicantumkan -nya legenda di dalam peta ?

...........................................................................................................................................

...........................................................................................................................................

 

  1. LETAK DAN LUAS INDONESIA

Indonesia terletak pada posisi bertemunya tiga lempeng benua. Tiga lempeng benua tersebut adalah Eurosia, Pasifik, dan Hindia-Australia. Akibatnya, Indonesia memiliki berbagai bentuk permukaan bumi, diantaranya gunung, pegunungan, bukit, perbukitan, dataran tinggi, dataran rendah, pantai dan laut. Oleh karena itu Indonesia memiliki banyak gunung berapi yang tersebar di wilayah Indonesia.  Disamping itu Indonesia terletak di garis khatulistiwa yang meyebabkan Indonesia mengalami iklim tropis yang baik bagi kehidupan makluk hidup. Indonesiaj juga memiliki beragam hayati, yaitu flora dan fauna.

  1. Letak Astronomis ( Pengaruh Letak Astronomis Indonesia)

Letak Astronomis suatu negara ialah letak suatu tempat didasarkan pada posisinya terhadap garis lintang dan garis bujur. Garis lintang merupakan garis- garis yang sejajar dengan khatulistiwa yang melintang mengitari bumi sampai daerah kutub. Sementara, garis bujur merupakan garis tegak yang berjajar menghubungkan wilayah kutub utara dan selatan. Garis-garis tersebut merupakan garis khayal yang dipergunakan sebagai pedoman untuk menunjukkan posisi suatu daerah di muka bumi.

Berdasarkan letak astronomisnya, Indonesia berada di antara 6° LU – 11° LS dan antara 95° BT – 141° BT.Dengan letak astronomis tersebut, Indonesia termasuk ke dalam wilayah tropis.     Wilayah Indonesia paling utara adalah Pulau We di Nanggroe Aceh Darussalam yang berada di 6° LU. Wilayah Indonesia paling selatan adalah Pulau Rote di Nusa Tenggara Timur yang berada pada 11° LS. Wilayah Indonesia paling barat adalah ujung utara Pulau Sumatera yang berada pada 95° BT dan wilayah Indonesia paling Timur di Kota Merauke yang berada pada 141° BT.

Adapun Pengaruh letak astronomis Indonesia:

  1. 1. Wilayah Indonesia terletak di sekitar khatulistiwa  atau  secara keseluruhan terletak di daerah lintasan timur dan berada di daerah trop Indonesia mempunyai panjang bujur 46° (sama dengan 118 keliling bumi) dan lebar lintang 17°. Garis lintang dipergunakan untuk membagi wilayah iklim di bumi.

yang disebut iklim matahari. Berdasarkan letak lintang, Indonesia beriklim tropis dengan ciri-ciri sebagai berikut:

  Memiliki curah hujan tinggi.

  Memiliki hujan hutan tropis yang luas dan memiliki nilai ekonomis yang tinggi.

  Menerima penyinaran matahari sepanjang tahun.

  Banyak terjadi penguapan sehingga kelembapan udara cukup tinggi.

 

  1. 2. Wilayah Indonesia  dibagi  dalam  tiga  daerah  waktu,  dengan  selisih  waktu masing-masing 1 jam. Ketiga daerah waktu tersebut antara lain:

  Waktu Indonesia Barat (WIB), meliputi daerah Sumatera, Jawa, Madura,

Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, dan pulau-pulau kecil di sekitarnya. Pusat meridiannya adalah 105° BT dan selisih waktu 7 jam lebih awal dari Greenwich Mean Time (GMT).

  Waktu Indonesia Tengah (WITA), meliputi Bali, Nusa Tenggara, Kalimantan

Selatan, Kalimantan Timur, Pulau Sulawesi, dan pulau-pulau kecil sekitarnya. Waktu Indonesia Tengah memiliki selisih waktu 8 jam lebih awal dari GMT.

  Waktu  Indonesia  Timur  (WIT),  meliputi  Kepualuan  Maluku,  Papua,  dan

pulau-pulau kecil sekitarnya. Waktu Indonesia bagian timur memiliki selisih waktu 9 jam lebih awal dari GMT.

 

AKTIVITAS INDIVIDU

Setelah melihat Gambar wilayah Indonesia berdasarkan pembagian daerah waktu amati di mana letak negara Indonesia. Perhatikanlah angka garis lintang dan garis bujur pada peta! Tunjukkan garis lintang dan garis bujur yang membatasi  negara  Indonesia!  Kemudian,  cari  atlas  dan tunjukkan di manakah letak tempat tinggalmu.

........................................................................................................................

................................................................................................................................................................................................................................................

 

  1. Melengkapi Tabel

 

No.

Butir Soal

Jawaban

1.

Letak Astronomis

 

2.

Berapa Letak Astronomis Indonesia

 

3.

Letak Geografis

 

4.

Sebutkan letak geografis Indonesia

 

5.

Gari Lintang

 

6.

Garis Bujur

 

7.

Greenwich

 

8.

Cross Position

 

9.

GMT

 

10.

Sebutkan pembagian wilayah waktu Indonesia

 

 

 

 

 

 

 

  1. Perhatikan Gambar peta dibawai ini

 

  1. Berilah garis warna untuk membatasi letak astronomis Indonesia pada gambar di atas !, kemudian lamu sebutkan berdasarkan garis lintang dan bujurnya !

…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………........

 

  1. Berilah garis watna untuk membatasi wilayah pembagian waktu di Indonesia !Sebutkan wilayah Waktu Indonesia Barat, Waktu Indoneia Tengah dan Waktu Indonesia Timur !

 

Wilayah Waktu

Wilayah Daerah Waktu

Waktu Indonesia Barat (WIB)

 

Waktu Indonesia Tengah (WITA)

 

Waktu Indonesia Timur (WIT)

 

 

  1. Sebutkan dampak yang terjadi akibat pembagian daerah waktu di Indonesia ?

Dampak

Penjelasan

Sosial

 

Ekonomi

 

Budaya

 

 

  1. Letak Geografis

 

Letak geografis adalah letak suatu negara dilihat dari kenyataan di permukaan bumi. Secara geografis, Indonesia terletak di antara dua benua dan dua samudra. Benua yang mengapit Indonesia adalah Benua Asia yang terletak di sebelah utara Indonesia dan Benua Australia yang terletak di sebelah selatan Indonesia. Samudra yang mengapit Indonesia adalah Samudra Pasifik di sebelah timur Indonesia dan Samudra Hindia di sebelah barat Indonesia.

Indonesia merupakan negara  yang  paling  luas.Wilayah  Indonesia  juga

berbatasan dengan sejumlah wilayah. Batas-batas wilayah Indonesia dengan wilayah lainnya adalah seperti berikut :

  Di sebelah utara, Indonesia berbatasan dengan Malaysia, Singapura, Palau,

Filipina dan Laut China Selatan.

  Di sebelah selatan, Indonesia berbatasan dengan Timor Leste, Australia, danSamudraHindia.

  Di sebelah barat, Indonesia berbatasan dengan Samudra Hindia.

  Di sebelah timur, Indonesia berbatasan dengan Papua Nugini dan Samudra

Pasifik.

  1. 1. Pengaruh Letak Geografis terhadap Keadaan Alam

 Wilayah Indonesia beriklim laut, karena merupakan negara kepulauan, sehingga banyak memperoleh pengaruh angin laut yang mendatangnkan banyak hujan.

  Indonesia memiliki iklim musim, yaitu iklim yang dipengaruhi oleh angin muson yang berhembus setiap 6 bulan sekali berganti arah. Hal ini menyebabkan musim kemarau dan musim hujan di Indonesia.

  1. 2. Pengaruh Letak Geografis terhadap Keadaan Penduduk

Karena terletak di posisi silang (cross position) antara 2 benua dan 2 samudera, maka pengaruhnya terhadap keadaan penduduk ialah :

  Indonesia banyak dipengaruhi oleh kebudayaan asing, yakni dalam bidang

seni, bahasa, peradaban, dan agama.

  Indonesia terletak di antara negara-negara berkembang, sehingga memiliki banyak mitra kerja sama.

  Lalu lintas perdagangan dan pelayaran di Indonesia cukup ramai, sehingga menunjang perdagangan di Indonesia dan menambah sumber devisa negara.

 

  1. Kondisi Geologi Indonesia

Letak geologis adalah letak suatu wilayah melihat keadaan batu-batuan yang terdapat pada tubuh bumi. Berdasarkan keadaan geologinya, kepulauan di Indonesia dapat dikategorikan menjadi 3 daerah, yaitu:

1). Daerah dangkalan Sunda

2). Daerah dangkalan Sahul

3). Daerah antara dangkalan Sunda dan dangkalan Sahul,

Kepulauan Indonesia juga terletak di antara dua rangkaian pegunungan muda. Pegunungan di Indonesia bagian barat merupakan bagian dari rangkaian pegunungan Sirkum Mediterania, sedangkan pegunungan Indonesia bagian timur merupakan bagian dari rangkaian pegunungan Sirkum Pasifik.

Dilihat dari segi jalur pegunungan yang ada,  pertemuan  dua deretan pegunungan lipatan muda dunia sebagai berikut:

  1. Sirkum Mediterinia berawal dari Pegunungan Alpen di Eropa kemudian menyambung ke pegunungan Himalaya di Asia lalu memasuki Indonesia melalui Pulau Sumatra. Jalur Sirkum Medetarian di Indonesia membentang dari Pulau Sumatra, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, dan Maluku.
  2. Sirkum Pasifik berawal dari dari Pegunungan Andes di Amerika Selatan, lalu bersambung ke pegunugan Rocky di Amerika Utara, lalu ke Jepang, Filipina, sampai akhirnya sampai ke Indonesia melalui Sulawesi, kalimantan. Sirkum Pasifik juga bercabang ke Pulau Halmahera dan akhirnya sampai di Papua.

Dengan adanya jalur pegunungan dunia, maka Indonesia terdapat tiga sistem gunung api yang terdiri dari:

1)   Gunung api di Indonesia yang termasuk jalur pegunungan (sirkum) Medeterania.  Jalur pegunungan Medeterania yang melintasi Indonesia terbagi dua rangkaian yang meliputi:

a ) Jalur  gunung  api busur dalam (inner arc) yang bersifat vulkanik / aktif.Yang meliputi  sepanjang Pulau Sumatera, Jawa, Bali, Lombok, Sumbawa, Flores,  Alor, Wetar , Damar sampai laut banda.

b ) Jalur  gunung  api busur luar (outer arc) yang bersifat nonvulkanik / tidak aktif.Yang meliputi mulai dari Simeulue (sebelah barat Sumatera), Nias, Batu, Mentawai, Enggano, pegunungan yang tenggelam di selatan pulau jawa kemudian muncul kembali lagi Di Pulau Sawu, Rote, Timor, Leti, Sermata, Buru, dan pulau-pulau kecil di sekitarnya.

2)   Gunung api di Indonesia yang termasuk jalur pegunungan (sirkum) Pasifik, yang  meliputi: Jalur gunung api tersebut melalui Sulawesi Utara, yakni Gunung Lokon, Soputan, Klabat bersambung ke Kepulauan Sangir, Talaud, Tidore, Ternate, serta Lampobatang (Sulawesi Selatan).

3)  Gunung api  di Indonesia yang termasuk jalur pegunungan lingkar Australia Yang meliputi: Jalur gunung api tersebut berderet di bagian ekor Pulau Irian sampai kepala burung Irian dan berakhir di Pulau Halmahera dan sekitarnya. Akibat dari letak geologis Indonesia tersebut adalah:

  1. Kepulauan Indonesia memiliki banyak gunung api yang aktif.
  2. Laut di bagian Indonesia barat dan lndonesia timur dangkal, di Indonesia tengah lautnya   dalam
  3. .Indonesia menyimpan banyak barang tambang mineral
  4. Wilayah Indonesta termasuk daerah yang labil dan sering mengalami gempa bumi ektonik dan vulkanik Pegunungan di Indonesia merupakan rangkaian pegunungan muda Sirkum Mediterania  dan Sirkum Pasifik.

 

AKTIVITAS KELOMPOK

 

 

Kamu telah memahami posisi Indonesia di antara negara lainya. Carilah informasi tentang batas-batas wilayah tempat kamu tinggal!

 

  1. a) Kabupaten/kota mana saja yang berbatasan dengan kabupaten tempat kamu tinggal? Perhatikan daerah sepanjang perbatasan kabupaten/kota!. Berupa apa saja batas-batas kabupaten/kota tersebut?
  2. b) Provinsi mana saja yang berbatasan dengan provinsi tempat kamu tinggal? Perhatikan daerah sepanjang perbatasan provinsi tempat kamu tinggal! Berupa apa saja batas-batas provinsi tersebut?

Jika di sekolahmu memiliki fasilitas internet, silakan kamu gunakan fasilitas tersebut untuk mengerjakan tugasnya!

 

 

 

 

Aktivitas Individu

 

  1. Secara geografis wilayah Indonesia terletak pada posisi silang :

…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….............

  1. Batas wilayah Negara Indonesia, berbatasan dengan :

Sebelah Barat    : …………………………………………………………………………………...

Sebelah Tumur  : …………………………………………………………………………………..

Sebelah Utara    : …………………………………………………………………………………..

Sebelah Selatan : …………………………………………………………………………………..

 

  1. Wilayah kabupaten/kota tempat aku tinggal berbatasan  :

Sebelah Barat    : …………………………………………………………………………………...

Sebelah Tumur  : …………………………………………………………………………………..

Sebelah Utara    : …………………………………………………………………………………..

Sebelah Selatan : …………………………………………………………………………………..

 

  1. Dampak positif letak geografis Indonesia adalah :

…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..................

  1. Dampak negative letak geografis Indonesia adalah :

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………............................................................................................................................................................

                                                                                                   

UJI KOMPETENSI

 

 

Jawablah pertanyaan di bawah ini !

1.      Apa pengertian letak geografis ?

............................................................................................................

2.      Sebutkan letak geografis Indonesia?

...........................................................................................................

3.      Dimanakah letak astromis Indonesia ?

..........................................................................................................

4.      Dimanakah letak geografis Indonesia ?

.........................................................................................................

5.      Jelaskan keuntungan dari letak astronomis bagi Indonesia

........................................................................................................

6.      Jelaskan keuntungan secara ekonomis dari letak gografis bagi Indonesia

.......................................................................................................

7.      Jelaskan keuntungan secara sosial dari letak geografis Indonesia !

........................................................................................................

8.      Jelaskan keuntungan secara budaya dari letak geografis Indonesia !

.........................................................................................................

9.      Jelaskan dampak negatif dari letak geografis Indonesia !

.........................................................................................................

10.  Jelaskan pengaruh letak garis lintang bagi Indonesia !

.........................................................................................................

 

  1. Keadaan Iklim Indonesia

Secara umum, keadaan iklim di Indonesia dipengaruhi oleh tiga jenis iklim, yaitu iklim musim, iklim laut, dan iklim panas. Gambaran tentang ketiga jenis iklim tersebut adalah seperti berikut:

1) Iklim musim, dipengaruhi oleh angin musim yang berubah-ubah setiap periode waktu tertentu. Biasanya satu periode perubahan adalah enam bulan.

2) Iklim laut, terjadi karena Indonesia memiliki wilayah laut yang luas sehingga banyak menimbulkan penguapan dan akhirnya mengakibatkan terjadinya hujan.

3) Iklim panas, terjadi karena Indonesia berada di daerah tropis. Suhu yang tinggi mengakibatkan penguapan yang tinggi dan berpotensi untuk terjadinya hujan.

. Adanya letak geografis, menyebabkan terjadinya gerakan angin muson yang melalui Indonesia. Angin muson (musim) di Indonesia terjadi dalam dua periode yaitu :

Angin Musim (muson) Barat, terjadi antara bulan Oktober – April. Pada saat musim hujan di Indonesia (Oktober sampai April), angin muson yang bergerak dari Samudra Pasifik menuju wilayah Indonesia dibelokkan oleh gaya coriolis sehingga berubah arahnya menjadi angin barat atau disebut angin muson barat. Pada saat bergerak  menuju  wilayah Indonesia,  angin  muson  dari  Samudra  Pasifik  telah membawa banyak uap air sehingga diturunkan sebagai hujan di Indonesia.    

Angin Musim (muson) Timur, terjadi antara bulan April - Oktober. Bertiupnya angin ini disebabkan oleh adanya perbedaan tekanan udara di belahan bumi selatan dan utara. Pada saat itu selatan musim dingin, sehingga menyebabkan tekanan di selatan lebih tinggi dari pada utara, maka angin bertiup dari selatan (Australia) menuju Asia melewati Indonesia.

AKTIVITAS INDIVIDU

1)   Apa yang dapat kamu lakukan untuk memanfaatkan curah hujan yang tinggi?

2)     Curah hujan yang tinggi juga dapat menimbulkan bencana

banjir dan longsor. Apa yang semestinya kamu lakukan agar curah hujan yang berlimpah tidak menjadi bencana?

3)   Perhatikan  peta  persebaran  curah  hujan  untuk  menjawab pertanyaan berikut!

  1. a. Wilayah mana saja yang curah hujannya termasuk tinggi?

 

  1. b. Wilayah mana saja yang curah hujannya termasuk rendah?

 

 

 

 

 

 

AKTIVITAS KELOMPOK

 

  1. Setelah kamu mempelajari tentang keadaan iklim di Indonesia, kamu harus benar-benar memahami tentang ciri daerah tropis. Untuk membuktikan suatu wilayah termasuk daerah tropis, lakukan kegiatan sebagai berikut.

1)  Siapkanlah     sebuah     termometer     untuk mengukur suhu udara.

2)  Tempatkanlah termometer pada lokasi yang tidak terkena langsung oleh sinar matahari.

3)   Ukurlah suhu udara dari pagi sampai siang hari   setiap   1   jam   sekali.   Catatlah   hasil pengukuran pada sebuah tabel.

 

  1. Hasil Pengamatan

Perhatikanlah angka suhu yang telah kamu catat dan jawablah pertanyaan- pertanyaan berikut.

  1. 1. Berapakah suhu udara tertinggi pada saat pengukuran?
  2. 2. Berapakah rata-rata suhu udara selama pengukuran?
  3. 3. Pada jam berapa suhu udara tertinggi dicapai?
  4. 4. Mengapa suhu udara tertinggi tercapai pada jam tersebut?
  5. 5. Apakah  data   hasil   pengukuran   suhu   tersebut   dapat   membuktikan

Indonesia sebagai daerah tropis?

 

  1. Kebiasaan atau aktivitas apa saja yang dilakukan oleh masyarakat di daerah dengan suhu udara tinggi (misalnya pantai) dan rendah (misalnya gunung)

 

Daerah

Kebiasaan/Aktivitas

Suhu udara tinggi

 

Suhu udara

Rendah

 

 

UJI KOMPETENSI

 

 

1.             Mengapa Indonesia termasuk negara beriklim tropis ?

.  .............................................................................................................

...............................................................................................................

2.             Jelaskan keragaman kondisi fisiografis atau bentuk muka bumi di Indonesia !

.  .............................................................................................................

...............................................................................................................

3.             Jelaskan bagaimana keadaan flora dan fauna pada masa praaksara di Indonesia !

.  .............................................................................................................

...............................................................................................................

4.             Mengapa Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang sangat tinggi

.  .............................................................................................................

...............................................................................................................

5.    Mengapa penduduk cenderung terpusat di daerah dataran rendah ?

.  .............................................................................................................

...............................................................................................................

6.             Apa keuntungan dan kerugian banyaknya gunung berapi di Indonesia ?

.  .............................................................................................................

...............................................................................................................

7.             Mengapa flora dan fauna harus dilestarikan ?

.  .............................................................................................................

...............................................................................................................

8.               Mengapa aktivitas permukiman banyak dijumpai di daerah dataran ?

.  .............................................................................................................

...............................................................................................................

9.           Mengapa terjadi perbedaan aktivitas penduduk di daerah yang keadaan bentuk muka buminya berbeda ?

.  .............................................................................................................

10.         Mengapa banyak dijumpai gunung berapi di Indonesia ?

.  .............................................................................................................

...............................................................................................................

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

AKTIVITAS 1.3        

 

  1. POTENSI SUMBER DAYA ALAM DAN KEMARITIMAN INDONESIA

Sumber daya alam adalah segala sesuatu yang diciptakan Tuhan di alam ini yang dapat diambil manfaatnya oleh manusia baik langsung maupun tidak langsung. Jika dikaitkan dengan sumber daya alam Indonesia maka tentunya sumber daya alam tersebut yang terhampar di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Ada sangat banyak potensi alam   antara lain :   berbagai mineral tambang, tumbuhan, hewan, iklim, tanah dan lain sebagainya. Semua sumber daya alam tersebut memiliki potensi untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia.

Negara Indonesia kaya akan sumber daya alam yang bernilai tinggi dan strategis. Sumber daya alam dapat dimanfaatkan, antara lain sebagai  :

1) Sumber daya bahan industri dan bahan pembantu industri

2) Sumber daya energi

3) Sumber daya pertanian (diantaranya tanah dan air), dan

4) Sumber daya alam lingkungan sebagai pendukung kegiatan pariwisata

Sumber daya alam dapat dikelompokkan berdasarkan beberapa hal berikut.

  1. 1. Kemungkinan pemulihannya :

(a) sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan

(b) sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui;

  1. 2. Materinya:

(a) sumber daya alam organik dan

(b) sumber daya alam anorganik;

  1. 3. Habitatnya:

(a) sumber daya terestris, dan

(b) sumber daya alam akuatik.

 

UJI KOMPETENSI

 

 

1.        Jelaskan pengertian sumber daya alam!

.....................................................................................................

.....................................................................................................

2.        Uraikan macam-macam sumber daya alam menurut kemungkinan pemulihannya!

........................................................................................................

.........................................................................................................

3.        Uraikan macam-macam sumber daya alam menurut materinya!

.........................................................................................................

.........................................................................................................

4.        Uraikan macam-macam sumber daya alam menurut habitatnya!

........................................................................................................

........................................................................................................

5.        Upaya apakah yang dilakukan agar sumber daya alam yang tidak diperbaharui dapat bertahan lama?

........................................................................................................

........................................................................................................

6.        Bagaimanakah sumber daya alam air dan udara memperbarui dirinya?

........................................................................................................

........................................................................................................

 

7.        Bagaimana jika air dan udara tercemar akibat ulah manusia yang tidak mau peduli di terhadap lingkungan hidupnya?.

........................................................................................................

........................................................................................................

 

 

 

Aktivitas Kelompok

  1. Carilah informasi tentang flora yang banyak ditemukan di provinsi atau kabupaten/kota tempat tinggalmu! Kelompokkanlah berdasarkan pemanfaatannya saat ini

No

Nama Tanaman

Pemanfaatan

Kondisi

1

Jati

Bahan bangunan, furniture

Langka

2

     

3

 

 

 

4

 

 

 

5

 

 

 

 

 

  1. Adakah flora khas atau lokal yang ada di daerahmu? Jika ada, dimanfaatkan untuk apa saja oleh penduduk saat ini

 

No

Jenis Flora Khas atau Lokal

Pemanfaatan saat ini

     

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

UJI KOMPETENSI:

1

Pengertian hutan menurut UU No. 41 Tahun 1999 !

 

 

 

 

 

2

Jelaskan  pengertian hutan sebagai paru-paru dunia !

 

 

 

 

 

3

Jelaskan pengertian dari Hutan Hujan Tropika !

 

 

 

 

 

 

4

Jelaskan pengertian hutan primer

 

 

 

 

 

5

Jelaskan pengertian hutan lindung !

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

AKTIVITAS KELOMPOK

 

Sumber Daya yang Dapat

Diperbarui

Sumber Daya yang Tidak Dapat

Diperbarui

 

Jenis

Upaya

pelestarian

 

Jenis

Upaya

pelestarian

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Bagaimana upaya yang harus dilakukan masyarakat dalam memanfaatkan sumber dayalam agar tetap terpelihara kelestariannya?

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

AKTIVITAS 1.4                    

 

  1. POTENSI SUMBER DAYA ALAM
    1. Potensi Sumber Daya Hutan

Dewasa ini, banyak kalangan baik pemerintah maupun individu (swasta) yang menyadari bahwa hasil hutan memiliki prospek dan potensi yang sangat bagus dalam perekonomian. Karena hasil hutan merupakan jenis komoditas yang sangat penting dan menjadi primadona di pasar komoditas baik tingkat domestik maupun dunia. Sehingga pengelolaannya lebih ditekankan dan sungguh-sungguh. Seperti contoh banyaknya budidaya tanaman  sengon, jabon atau jenis tanaman yang bernilai komersial lainnya. Hal tersebut tentulah langkah bagus, sebab disamping sebagai upaya reboisasi karena banyaknya kebakaran hutan dan aksi pembalakan liar, pengelolaan hutan dengan sungguh-sungguh akan dapat menghasilkan beraneka macam hasil hutan dengan jumlah yang melimpah dan berkualitas bagus. Selain itu, hasil hutan juga dapat menjadi sumber devisa  bagi suatu  negara dalam  contoh  ini  adalah  Indonesia.  Sumbangan terbesar bagi devisa negara diperoleh dari hasil hutan berupa kayu dan non kayu.

Berikut adalah beberapa hasil hutan berupa kayu dan non kayu yang menjadi unggulan di pasar komoditas. Untuk hasil hutan berupa non kayu berupa:

  1. Buah-buahan : Durian, salak, jambu mente, kelapa, pepaya,pisang,mangga,apel dan jenis buah tropis lainnya.
  2. Getah dan resin : Karet, nyatoh, jelutung kemenyan.
  3. Serta hasil hutan lainya seperti : Rempah-rempah, madu, kayu manis, cengkeh, jahe-jahean, sagu dan kelapa saw

Dan untuk hasil hutan berupa kayu adalah hasil hutan yang didapat dari batang-batang pohon yang dikenal memiliki kualitas bagus seperti:  kayu jati, mahoni, akasia, cendana, pinus,  sonokeling, mindi,  bambu, rotan, sungkai, merbau, kamper, meranti, kayu kelapa, kayu ulin dan jenis  kayu tropis lainnya.

 

AKTIVITAS KELOMPOK

collaboration

Pada era industrialisasi seperti sekarang ini, keberadaan hasil hutan sangat  penting.  Sebab  hasil  hutan tersebut banyak dimanfaatkan atau diolah oleh pabrik-pabrik sebagai bahan baku utama dalam proses produksinya hingga menjadi berbagai macam produk yang memiliki nilai lebih tinggi. Seperti contoh: hasil hutan berupa kayu dan rotan, keduanya adalah jenis hasil hutan    yang    banyak    dikelola    menjadi berbagai macam produk mebel yang memiliki nilai tambah, baik secara estetika, fungsi ataupun nilai jual. Seperti yang banyjak kita ketahui, aneka jenis produk atau kerajinan. yang terbuat dari kayu maupun rotan merupakan jenis komoditas yang sangat disukai oleh masyarakat internasional. Jadi dengan membuat produk-produk tersebut di dalam negeri kemudian menjualnya atau mengekspornya ke luar negeri maka akan ada keuntungan lebih yang didapat. Itu kalau hanya untuk pasar luar negeri, belum lagi untuk kebutuhan pasar domestik. Malahan pasar domestik juga memiliki potensi penyerapan yang besar terhadap produk-produk semacam ini. Jadi jangan pernah menganggap remeh atau menyia- nyiakan hasil hutan kita baik berupa kayu maupun non kayu. Mari kita manfaatkan dan kelola dengan bijak.

 

 

 

 

Critical thinking and problem solving

 

Dari bacaan di atas :

 

  1. Berikan contoh jenis furniture hasil kayu dan rotan !

.....................................................................................................................................................

.....................................................................................................................................................

  1. Eksport ke negara mana saja hasil olehan kayu dan Rotan?

.....................................................................................................................................................

.....................................................................................................................................................

  1. Apakah produk tersebut dapat menambah devisa negara?

.....................................................................................................................................................

....................................................................................................................................................

 

  1. Keuntungan apa saja yang di peroleh negara pengeksport atas barang yang di eksport?

.....................................................................................................................................................

....................................................................................................................................................

  1. Berikan gambaran mengapa potensi hasil hutan dapat berkontribusi pada perekonomian Indonesia!

..........................................................................................................................................................

..........................................................................................................................................................

UJI KOMPETENSI

 

 

 

1.        Jelaskan hutan yang terdapat di Indonesia!

 

 

2.        Apa itu hasil hutan? Dan benarkah hasil hutan merupakan jenis komoditas yang menjanjikan?

 

 

3.        Apa saja hasil hutan kayu dan non kayu itu

 

 

4.        Untuk apakah hasil hutan tersebut?

 

 

5.        Uraikan hasil hutan yang terbanyak di Indonesia

 

 

6.         Jelaskan fungsi hutan!

 

 

7.        Mengapa kita harus menyelamatkan hutan.

 

 

8.        Berikan hasil olahan hutan yang ada di sekitarmu!

 

 

 

 

  1. Potensi Sumber Daya Udara

 

Udara  adalah  campuran  berbagai zat berwarna dan , tidak berbau, dan tidak ada rasanya yang memenuhi ruang bumi. Kehadiran udara hanya dapat dilihat dari adanya angin yang  menggerakkan benda-benda, seperti pohon yang tertiup angin, air yang bergelombang, dan lain- lain. Walaupun demikian, udara merupakan salah satu jenis sumber daya alam, sama halnya dengan air, tanah, bahan tambang, laut,dan hutan. Mengapa udara termasuk salah satu jenis sumber daya alam? Udara memiliki banyak fungsi bagi  kehidupan  manusia  dan  makhluk.hidup lainnya. Manusia dan hewan membutuhkan udara untuk bernapas. Tumbuhan membutuhkan udara untuk melakukan fotosintesis, yaitu proses pembentukan zat makanan karbohidrat oleh tumbuhan. Zat makanan yang dihasilkan sangat bermanfaat untuk kehidupan manusia binatang.  Udara juga berfungsi melindungi kehidupan di bumi dari sinar ultraviolet dan benda benda angkasa yang jatuh ke bumi. Lapisan udara atau atmosfer yang menyelubungi bumi menyaring radiasi ultraviolet yang dapat mengganggu kehidupan di bumi. Benda benda angkasa yang jatuh kebumi juga akan hancur di udara sebelum sampai ke bumi. Bayangkanlah apa yang akan terjadi jika udara tidak ada. Benda-benda angkasa akan banyak yang sampai ke bumi sehingga membahayakan kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya. Udara terdiri atas tiga unsur utama, yaitu udara kering, uap air, dan aerosol. Udara kering merupakan unsur utama pembentuk udara, terdiri atas nitrogen, oksigen, dan lain-lain.

 

UJI KOMPETENSI:

  1. Jelaskan pengertian udara !

..........................................................................................................................................

..........................................................................................................................................

..........................................................................................................................................

  1. Mengapa udara termasuk salah satu jenis sumber daya alam?

..........................................................................................................................................

..........................................................................................................................................

..........................................................................................................................................

 

  1. Tuliskan unsur-unsur udara !

..........................................................................................................................................

..........................................................................................................................................

..........................................................................................................................................

 

  1. Tuliskan komponen penyusun udara !

..........................................................................................................................................

..........................................................................................................................................

..........................................................................................................................................

 

  1. Jelaskan pentingnya udara bagi kehidupan manusia !

..........................................................................................................................................

..........................................................................................................................................

 

 

 

 

 

 

 

TUGAS MANDIRI

 

  1. Lakukanlah pengamatan oleh kamu terhadap udara yang berada di wilayah sekitar kamu, adakah lingkungan pabrik atau ramainya lalu lintas disekitar kamu tinggal, kamu lihat tumbuh-tumbuhan yang ada disekitarnya.
  2. Buatlah laporan pengamatan kamu kepada guru kamu sesuai tepat waktu, agar kamu mendapat nilai.

 

  1. Potensi Sumber Daya Tanah

 

Tanah adalah lapisan litosfer (kerak bumi) paling atas yang terdiri atas batuan yang telah lapuk, air, udara, dan sisa-sisa organisme (bahan organik). Jenis tanah dapat dipengaruhi oleh tenaga diluar bumi, seperti angin, curah hujan, dan suhu udara. Perbedaan  jenis batuan dan iklim disetiap tempat mengakibatkan adanya perbedaan jenis tanah. Tanah tersusun atas mineral, sisa-sisa organisme, air dan udara. Selain itu, tanah terdiri atas lapisan-lapisan. Proses pelapukan batuan pembentuk tanah ini dapat terjadi dengan tiga cara, yaitu:

  1. 1. Pelapukan mekanis,  yaitu proses hancurnya bongkah batuan  menjadi bagian- bagian yang lebih kecil. Jenis pelapukan ini dapat terjadi karena perubahan suhu batuan yanng sangat mencolok anatara siang dan malam    akibat    pemanasan oleh sinar matahari, sehinngga batuan menjadi retak dan pecah
  2. 2. Pelapukan biologis, yaitu proses hancurnya batuan menjadi bagian-bagian yang lebih kecil karena adanya aktivitas makhluk hidup. Aktivitas tersebut seperti penembusan batuan oleh akar tanaman melalui celah-celah batuan atau penghancuran bantuan oleh hewan-hewan tanah.
  3. 3. Pelapukan kimiawi, yaitu proses hancurnya batuan karena reaksi unsur-unsur kimiawi yang terlarut dalam air, sehingga batuan menjadi lapu Proses pelapukan kimiawi ini banyak terjadi di daerah-daerah yag beriklim basah dan daerah kapur.

Faktor-faktor yang sangat berpengaruh dalam proses pembentukan tanah, antara lain:  batuan induk, Vegetasi /tumbuhan, hewan, topografi dan iklim /waktu

Berdasarkan  sifat  batuan  induknya,  secara  umum  tanah  di  Indonesia  dapat dibedakan menjadi:

  1. a. Tanah dengan Bahan Induk Vulkanik

Tanah vulkanik terbentuk dari material vulkanik yang dikeluarkan saat gunung berapi meletus. Material vulkanik yang dikeluarkan gunung berapi terdiri atas lava dan lahar. .Lava adalah magma yang mencapai permukaan bumi melalui letusan gunung berapi.

  1. Tanah dengan Bahan Induk Bukan Vulkanik  (Tanah Tertier )

Bahan induk dari tanah ini adalah bukan hasil aktivitas atau letusan gunung berapi. Jika kamu perhatikan peta sebaran tanah di Indonesia.

 

  1. c. Tanah Organik

Tanah organik (humus) adalah tanah yang terbentuk dari tumpukan sisa-sisa tumbuhan.  Tanah organic ini ada dua yaitu tanah humus dan tanah gambut.

  1. Tanah gambut adalah tanah yang terbentuk dari sisa-sisa tumbuhan sehingga mempunyai kadar bahan organik yang sangat tingg

 

 

 

UJI KOMPETENSI

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1.      Bagaimana proses terbentuknya tanah?

.........................................................................................................

.........................................................................................................

2.      Jelaskan manfaat tanah bagi kehidupan manusia!

.........................................................................................................

.........................................................................................................

3.      Uraikan macam-macam tanah berdasarkan sifat batuan induknya!

.........................................................................................................

.........................................................................................................

4.      Berikan contoh daerah yang merupakan sebaran tanah vulkanik di Indonesia!

.........................................................................................................

.........................................................................................................

5.      Berikan contoh daerah sebaran tanah organik di Indonesia!

 

.........................................................................................................

.........................................................................................................

 

 

d, Potensi Sumber Daya Air

Air di Indonesia tersedia dalam berbagai bentuk, yaitu air hujan, air danau, air sungai, dan air tanah. Gambaran tentang sumber daya air tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Air Hujan

Ketika sinar matahari memanaskan permukaan bumi, terjadi penguapan atau evaporasi. Dalam proses penguapan, air (zat cair) berubah wujud menjadi uap air (zat gas). Uap air tersebut kemudian naik menjauhi permukaan bumi dan terjadilah proses kondensasi, yaitu perubahan uap air menjadi titik-titik air. Bersamaan dengan proses tersebut, terbentuklah awan dan selanjutnya turun sebagai hujan. Demikian seterusnya, air berubah wujud menjadi uap dan kadang menjadi es, kemudian berubah menjadi air kembali. Melalui proses tersebut, dapat dimengerti mengapa air tidak pernah habis. Proses inilah yang dikenal sebagai siklus air atau siklus hidrologi. Ada tiga siklus air, yaitu siklus pendek, sedang, dan panjang.

 

  1. Sungai

Sungai  di wilayah  Indonesia  dimanfaatkan  untuk berbagai  keperluan.  Manfaat sungai di Indonesia antara lain    :

  1. a) Persediaan air minum,
  2. b) Pengairan (irigasi),
  3. c) Pembangkit tenaga listrik,
  4. d) Pelayaran/sarana transportasi,
  5. e) Penghasil bahan tambang/bangunan dan
  6. f) Rekreasi
  7. c. Danau

Danau adalah cekungan di daratan yang berisi air, baik dari air sungai, air bawah tanah, air hujan maupun ketiganya. Permukaan danau pada umumnya lebih tinggi dari permukaan laut. Adakah di dekat tempat tinggalmu danau? Coba sebutkan apa nama danau tersebut!

Berdasarkan proses terjadinya, danau dapat dibedakan atas beberapa macam, yaitu :

1)   Danau tektonik, yaitu danau yang terjadi akibat tenaga tektonik (pergerakan

lempeng tektonik). Contohnya, adalah : danau Maninjau dan danau Singkarak.

Tahukah Kamu di provinsi mana kedua danau tersebut terdapat?

2)    Danau  vulkanik,  yaitu  danau  yang  terjadi  akibat  tenaga  vulkanik  (letusan gunung api). Danau ini sering juga disebut danau kawah. Contohnya, adalah  : danau kawah gunung Kelud, danau kawah gunung Kelimutu.

3)   Danau tekto-vulkanik, yaitu danau yang terbentuk oleh karena tenaga tektonik

dan vulkanik. Contohnya, adalah danau Toba, danau Ranau, dan danau Batur.

4)    Danau Karst, yaitu danau yang terjadi karena pelarutan lapisan batuan kapur di daerah kapur. Bentuk danau bermacam-macam, antara lain dolina, polye, dan lokva seperti dijumpai di daerah gunung Kidul (pegunungan Kapur Selatan). Perhatikan gambar berikut ini!

5)    Danau Terbendung, yaitu danau yang terjadi kerena terbendungnya sungai baik oleh proses alam maupun campur tangan manusia. 

Potensi sumber daya alam danau antara lain dapat dimanfaatkan untuk  :

1)    Irigasi atau pengairan (sebagai penampungan air)

2)    Pembangkit tenaga listrik (PLTA)

3)    Pemeliharaan ikan (perikanan)

4)    Sarana kegiatan olahraga air

5)    Pengendali atau pencegah banjir

6)     Tempat rekreasi atau pariwisata

 

  1. Rawa-rawa

Rawa-rawa adalah bagian daratan yang rendah yang tergenang oleh air dan relative permanen dimana permukaan daratan dengan permukaan airnya relative rata. Karena tergenang secara permanen mengakibatkan struktur tanahnya berubah menjadi lumpur. Rawa-rawa dapat dibedakan menjadi dua yaitu :

1)    Rawa yang mengalami pergantian air, yaitu  terjadi oleh pengaruh pasang naiknya air laut. Air rawa ini tidak terlalu asam dengan lapisan gambut yang biasanya tidak terlalu tebal. Beberapa daerah rawa ini dimanfaatkan untuk kegiatan pertanian pasang surut, jenis tanaman yang ditanam umumnya padi.

2)    Rawa yang selalu tergenang dengan kadar keasamana air yang tinggi, dan didasarkan terdapat lapisan gambut yang tebal, dan warna air kemerahan yang tidak baik untuk tanaman. Rawa ini pada masa yang akan datang sangat berpotensi sebagai penghasil

 

 

UJI KOMPETENSI:

  1. Mengapa air selalu tersedia untuk pemenuhan kebutuhan manusia?

..........................................................................................................................................................

..........................................................................................................................................................

 

  1. Uraikan tiga siklus air dalam siklus hidrologi!

..........................................................................................................................................................

..........................................................................................................................................................

 

  1. Bagaimana air  hujan,  air  sungai  dan  air  danau  mampu  memenuhi  kebutuhan manusia?

..........................................................................................................................................................

..........................................................................................................................................................

 

  1. Uraikan macam-macam danau berdasarkan proses pembentukannya!

..........................................................................................................................................................

..........................................................................................................................................................

 

  1. Jelaskan manfaat danau bagi kehidupan manusia!

 

..........................................................................................................................................................

..........................................................................................................................................................

 

  1. Potensi Sumber Daya Tambanng

Menurut cara pembentukannya, bahan galian dibedakan menjadi sebagai berikut.

1)      Bahan galian pegmatit, terbentuk di dalam saluran gunung api dan dalam bentuk intruksi (gang, apofisa).

2)      Bahan galian magnetit, berasal dari magma dan terdapat di dekat dapur magma.

3)      Bahan galian hasil metamorfosis kontak, yaitu batuan di sekitar magma yang

bersentuhan dengan magma.

4)      Bahan galian hidrotermal, yaitu resapan magma cair yang membeku di celah- celah struktur lapisan bumi atau pada lapisan yang bersuhu relatif rendah.

5)      Bahan galian hasil pengendapan, yaitu bahan galian yang ter konsentrasi

karena  pengendapan  di  dasar  sungai  atau  genangan  air  melalui  proses pelarutan atau tidak.

6)      Bahan   galian   hasil   pengayaan   sekunder,   yaitu   bahan   galian   yang terkonsentrasi karena proses pelarutan pada batuan hasil dari pelapukan. Konsentrasi  dapat  terjadi  di  tempat  asal  batuan  tersebut  karena  bagian campurannya larut dan terbawa air.

Secara rinci telah menjelaskan mengenai kewenangan pemerintah dan provinsi sebagai daerah otonomi termasuk di bidang pertambangan terdapat klasifikasi bahan galian menurut kepentingannya bagi pemerintah, yaitu sebagai berikut:

  1. a) Golongan A, yaitu golongan bahan galian yang strateg Artinya bahan galian tersebut penting untuk pertahanan/keamanan Negara atau untuk menjamin perekonomian negara. Contoh: semua jenis batu bara, minyak bumi, bahan radioaktif tambang aluminium (bauksit), timah putih, mangaan, besi, dan nikel.
  2. b) Golongan B, yaitu golongan galian yang vital, yang dapat menjamin hajat hidup orang banya Contoh: emas, perak, magnesium, seng, wolfram, batu permata, mika, dan asbes.
  3. c) Golongan C, yaitu bahan galian yang tidak termasuk ke dalam golongan A

maupun B.

Aktivitas:

No

Nama Bahan Tambang

Wilayah Persebaran

Potensi Bahan Tambang

1

Minyak Bumi/Gas

 

 

2

Batu Bara

 

 

3

Bauksit

 

 

4

Pasir Besi

 

 

5

Emas

 

 

6

Timah

 

 

7

Tembaga

 

 

8

Nikel

 

 

9

Aspal

 

 

10

Mangaan

 

 

11

Belerang

 

 

12

Marmer/Pualam

 

 

13

Yodium

 

 

14

Gas Alam

 

 

15

Tanah Liat

 

 

16

Kaolin

 

 

17

Gamping

 

 

18

Pasir kuarsa

 

 

19

Batu akik/batu aji

 

 

20

Fosfat

 

 

21

Besi

 

 

22

Mika

 

 

23

Tras

 

 

24

Intan

 

 

 

UJI KOMPETENSI :

  1. Bagaimana peran hasil tambang bagi pendapatan negara ?

..........................................................................................................................................................

..........................................................................................................................................................

 

  1. Hasil tambang apakah yang dapat dijadikan barang dagangan ke luar negeri ?

..........................................................................................................................................................

..........................................................................................................................................................

 

  1. Di manakah sebaran tambang minyak bumi di Indonesia ?

..........................................................................................................................................................

..........................................................................................................................................................

 

  1. Hasil tambang apakah yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi?

..........................................................................................................................................................

..........................................................................................................................................................

  1. Kandungan hasil tambang apakah yang terdapat di Provinsi kalian tinggal

..........................................................................................................................................................

..........................................................................................................................................................

 

Aktivitas Kelompok

Dari contoh tersebut peserta didik memahami bahwa Kegiatan pertambangan saat ini masih banyak menggunakan perusahaan dan tenaga ahli asing sehingga keuntungannya tentu saja dinikmati oleh perusahaan asing tersebut. Kondisi ini tentunya akan mempengaruhi  pemasukan bagi negara atau pendapatan daerah dan berdampak pada kegiatan pembangunan.

 

  1. Carilah informasi tentang bahan tambang  yang banyak ditemukan di provinsi atau kabupaten/kota tempat tinggalmu! Tuliskanlah dalam table di bawah ini !

No

Provinsi

Nama Bahan Tambang

Bisa diperbaharui

Ya / tidak

1

 

 

 

 

2

     

 

3

 

 

 

 

4

 

 

 

 

5

 

 

 

 

6

 

 

 

 

7

 

 

 

 

8

 

 

 

 

9

 

 

 

 

10

 

 

 

 

 

  1. Sebutkan Sumber Daya Alam Tambang yang menjadi unggulan Indonesia, sehingga menghasilkan devisa bagi Negara untuk modal pembangunan.

 

No

Nama Bahan Tambang

Daerah Penghasil

1

   

2

 

 

3

 

 

4

 

 

5

 

 

  1. Potensi Sumber Daya Laut

 

Aktivitas Pengamatan:

 

 Coba lakukan pengamatan  lingkungan dengan cermat di lingkunganmu. Mula-mula kamu akan temukan bahwa apa saja yang ada di permukaan bumi sekitar kamu, diciptakan Tuhan untuk diambil manfaatnya oleh manusia terutama potensi sumber daya Air.

 

UJI KOMPETENSI

No

Soal

Jawaban

1

Jelaskan pengertian sumber daya alam ?

 

 

 

2

Jelaskan sumber daya alam berdasarkan kemungkinan pemulihannya ?

 

3

Jelaskan sumber daya alam berdasar materinya ?

 

 

4

Jelaskan  sumber daya alam berdasar habitatnya ?

 

 

 

 

5

Jelaskan upaya yang dilakukan agar sumber daya alam yang tidak diperbarui dapat bertahan lama ?

 

 

 

 

                                                           

 

 

 

 

 

AKTIVITAS 1.5

 

 

  1. Potensi Kemaritiman Indonesia

Sebagian besar wilayah Indonesia adalah lautan, sehingga secara alamiah bangsa Indonesia merupakan bangsa bahari. Hal ini ditambah lagi dengan letak wilayah Indonesia yang strategis diwilayah tropis. Hamparan laut yang luas merupakan suatu potensi bagi bangsa Indonesia untuk mengembangkan sumber daya laut yang memiliki keragaman, baik sumber daya hayati maupun sumber daya lainnya.  Sebagai suatu bangsa bahari yang memiliki wilayah laut yang luas dan dengan ribuan pulau besar dan kecil yang tersebar didalamnya, maka derajat keberhasilan bangsa Indonesia juga ditentukan dalam memanfaatkan dan mengelola wilayah laut yang luas tersebut.

 

1) Perikanan

Salah satu potensi sumber daya laut yang telah lama dimanfaatkan penduduk adalah sumber daya perikanan. Laut Indonesia memiliki angka potensi lestari sebesar 6,4 juta ton per tahun. Potensi lestari adalah potensi penangkapan ikan yang masih memungkinkan ikan untuk melakukan regenerasi sehingga jumlah ikan yang ditangkap tidak akan mengurangi populasi ikan. Berdasarkan aturan internasional, jumlah tangkapan yang diperbolehkan ialah 80% dari potensi lestari tersebut atau sekitar 5,12 juta ton per tahun. Kenyataannya, jumlah tangkapan ikan di Indonesia mencapai 4,4 juta ton per tahun. Ini berarti masih ada peluang untuk meningkatkan jumlah tangkapan yang diperbolehkan, yaitu sebesar 720.000 ton per tahun.

 

2) Rumput Laut

 

Rumput laut kita memang luar biasa terutama daerah yang pantainya dalam kondisi  tenang.  Tidak  perlu  dipupuk,hanya  modal  tali  rafia   botol  bekas  air minum dan panen dapat dilakukan dalam kurun waktu 45 hari. Industrialisasi rumput laut tidak hanya sebatas untuk meningkatkan devisa negara, tetapi juga untuk memberikan lapangan pekerjaan dan kesejahteraan bagi pembudidaya rumput laut yang umumnya merupakan masyarakat yang tinggal di wilayah pesisir Rumput laut dapat diolah menjadi kurang lebih 350 produk turunan, antara lain : permen, es krim, manisan, bisa juga untuk farmasi, cat, shampo, pasta. Komoditas rumput laut di Indonesia memiliki keunggulan komparatif sehingga berbagai pihak perlu untuk mendorong berkembangnya industri pengolahan rumput laut. Sebab, pengembangan dan penguatan industri rumput laut Indonesia memiliki peluang besar karena didukung sumber daya dan keragaman rumput laut yang melimpah.

 

AKTIVITAS KELOMPOK:. 

Selain potensi ikan dan udang tangkap (ikan dan udang yang tersedia di lautan) sebagian penduduk juga membudidayakannya dalam bentuk pertambakan di tepi laut yang hasilnya selain dikonsumsi juga telah diperdagangkan secara internasional dalam bentuk ekspor hasil perikanan laut maupun hasil pertanian tambak.

Adakah di sekitarmu usaha pertambakan?

.................................................................................................................................................................

..................................................................................................................................................................

.................................................................................................................................................................

..................................................................................................................................................................

 

 

Apa yang dihasilkan?

.................................................................................................................................................................

..................................................................................................................................................................

.................................................................................................................................................................

..................................................................................................................................................................

 

Apakah hasilnya dijual di dalam negeri atau ke luar negeri?

.................................................................................................................................................................

..................................................................................................................................................................

.................................................................................................................................................................

..................................................................................................................................................................

Aktivitas Kelompok

  1. Lengkapi table di bawah ini

Nama Ikan

 

Lokasi (nama laut)

 

Madidihang

 

Tuna Mata Besar

 

Albakora

 

Cakalang

 

Tuna Sirip Biru

 

 

  1. Sebutkan pasar Tempat Pelalangn Ikan (TPI) yang berada di daerah kamu, jelaskan kapan aktivitas yang ramai antara saudagar/penjual dan pembeli ikan ! Kenapa demikian !Jelaskan !

 

No

Nama Pasar

Daerah TPI

1

   

2

 

 

3

 

 

       Alasan : ……………………………………………………………………………………………………..

       ………………………………………………………………………………………………….....

       …………………………………………………………………………………………………....

UJI KOMPETENSI

No

 Soal

Jawaban

1

Jelaskan pengertian sumber daya alam ?

 

2

Jelaskan sumber daya alam berdasarkan kemungkinan pemulihannya ?

 

3

Jelaskan sumber daya alam berdasar materinya ?

 

 

4

Jelaskan  sumber daya alam berdasar habitatnya ?

 

5

Jelaskan upaya yang dilakukan agar sumber daya alam yang tidak diperbarui dapat bertahan lama ?

 

 

6.

Bagaimana Peran sumber daya laut bagi pendapatan negara

 

 

7

Hasil laut apakah yang dapat dijadikan baeang dagangan ke luar negeri

 

 

8

Bagaimana sebaran sumber daya laut di Indonesia

 

 

9

Hasil tambang apakah yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi

 

 

10

Hasil laut apakah yang terdapat di provinsi kalian tinggal? Bagaimana cara pemanfaatan hasil laut

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

AKTIVITAS 1.6                    

                    

  • Hutan Mangrove

 

Luas Kawasan hutan mangrove atau (hutan bakau payau) di Indonesia  merupakan hutan bakau terluas di dunia.  Manfaat  langsung   yang   bisa   dirasakan  oleh   penduduk  di  sekitarnya adalah  kayunya dapat digunakan untuk bahan bangunan, kayu bakar, membuat arang,  pulp dan lain sebagainya. Selain itu hutan mangrove juga merupakan 'pengekspor' bahan   organik  yang  berguna  untuk menunjang  kelestarian  biota akuatik. Habitat mangrove  berperan penting sebagai tempat berpijaknya berbagai jenis ikan, udang dan biota laut lain, serta merupakan habitat berbagai jenis burung, mamalia, dan reptil.

  • Hutan Pantai dan Pasir Laut

Hutan bakau merupakan tempat perlindungan dan tempat bertelurnya berbagai macam ikan. Hutan pantai juga dapat melindungi pantai akibat abrasi maupun erosi oleh angin laut. Pasir laut juga merupakan unsur pokok dari ekosistem pantai. Eksploitasi/penambangan pasir pantai yang berlebihan akan membahayakan kelestarian lingkungan pantai.

UJI KOMPETENSI :

  1. Jelaskan pengertian hutan mangrove !

......................................................................................................................................................

.....................................................................................................................................................

......................................................................................................................................................

  1. Sebutkan dua fungsi hutan mangrove!

......................................................................................................................................................

.....................................................................................................................................................

  1. Jelaskan fungsi ekologis dari hutan magrove !

......................................................................................................................................................

.....................................................................................................................................................

......................................................................................................................................................

  1. Jelaskan fungsi ekonomis dari hutan mangrove!

......................................................................................................................................................

.....................................................................................................................................................

......................................................................................................................................................

  1. Sebutkan daerah persebaran hutan mangrove yang ada di Indonesia !

......................................................................................................................................................

.....................................................................................................................................................

  1. Sebutkan manfaat hutan mangrove bagi penduduk daerah pesisir pantai!

......................................................................................................................................................

.....................................................................................................................................................

.....................................................................................................................................................

  1. Upaya pelestarian hutan mangrove

......................................................................................................................................................

.....................................................................................................................................................

.....................................................................................................................................................

  1. Sebutkan hasil industri kayu hutan mangrove

......................................................................................................................................................

.....................................................................................................................................................

.....................................................................................................................................................

AKTIVITAS 1.7

                                                                                                  

 

4) Pantai dan Pesisir

Pantai adalah daerah perbatasan antara laut dengan daratan, batas terluar dari pantai adalah garis pertemuan antara air laut dengan daratan pada saat air laut pasang naik tertinggi sedanglkan Pesisir adalah daerah daratan yang terletak di tepi laut dan pengaruh laut masih sangat kental baik secara fisik (misalnya angin laut) dan sosial (misalnya mata pencaharian penduduk sebagai nelayan). Adapun  Ekosistem pantai dan manfaatnya Lingkungan pantai merupakan suatu kesatuan wilayah yang antara lain terdiri atas unsur-unsur air laut, ikan dan biota laut lain, terumbu karang, hutan bakau, pasir laut. Semua unsur tersebut saling mendukung bila satu unsur saja rusak maka keseimbangan lingkungan pantai akan terganggu. Pad gilirannya manusia tidak dapat mengambil manfaat secara optimal.

  • Terumbu Karang

Terumbu karang merupakan tumpukan kapur sebagai akibat binatang karang yang membuat rumahnya. Terumbu karang merupakan  tempat hidup berbagai jenis hewan laut. Perusakan (dengan eksploitasi/pengambilan) terumbu karang akan merusak lingkungan dan kehidupan hewan laut. Pemulihan terumbu karang dari kerusakan membutuhkan waktu yang sangat lama.

 

UJI KOMPETENSI                                                                                                   

1.        Manfaat dan upaya menjaga kelestarian terumbu karang adalah :

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

2.        Manfaat ekonomis terumbu karangadalah :

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

3.  Manfaat ekologis terumbu karang adalah :

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

4.     Manfaat social ekonomis terumbu karang adalah :

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………...

 

5.     Daerah terumbu karang Indonesia yang terkenal di dunia adalah :

……………………………………………………………………………………............................

……………………………………………………………………………………………………...

.

6.        Jelaskan mengapa Indonesia adalah negara yang memiliki luas terumbu karang di dunia

............................................................................................................................................................

............................................................................................................................................................

7.        Jelaskan mengapa terumbu karang banyak ditemukan di Indonesia !

............................................................................................................................................................

............................................................................................................................................................

 

8.         Mengapa terumbu karang sulit hidup di daerah muara sungai!

...........................................................................................................................................................

...........................................................................................................................................................

 

AKTIVITAS1.8                                 

 

  1. DINAMIKA KEPENDUDUKAN INDONESIA

 

                        Penduduk di Indonesia selalu berubah dari waktu ke waktu, hal ini disebabkan kelahiran, kematian dan migrasi masyarakat. Jika angka kelahiran lebih besar dari jumlah angka kematian, maka jumlah penduduk akan meningkat. Migrasi juga akan mempengaruhi populasi di suatu daerah. Masalah kependudukan tidak hanya terkait dengan masalah pertumbuhan penduduk, tetapi juga masalah kepadatan penduduk, penyebaran penduduk, komposisi dan kualitas.

  1. a. Pengertian Penduduk

Penduduk adalah orang yang mendiami suatu wilayah sekurang- kurangnya  6  bulan secara berturut-turut.

Angka  kepadatan  penduduk  dihitung  dengan  cara  membagi  jumlah penduduk dengan luas wilayah. Jadi rumus yang digunakan adalah:

 

 

Kepadatan penduduk = Jumlah Penduduk / Luas Wilayah

 

  1. b. Pengertian Kepadatan Penduduk

Setelah Kamu mengetahui jumlah penduduk di daerahmu, coba Kamu bandingkan  dengan luas wilayah daerahmu. Juga Kamu bandingkan dengan luas daerah pertanian yang ada.

Dengan  demikian  Kamu  sudah  mengetahui  cara  menghitung  kepadatan penduduk. Jadi yang dimaksud dengan kepadatan penduduk adalah :

 

Perbandingan jumlah penduduk suatu wilayah dengan luas wilayah tersebut

 

  1. Jenis Kepadatan Penduduk

Suatu daerah atau negara, memiliki luas wilayah daratan dan luas lahan pertanian.

  1. 1. Perbandingan jumlah penduduk dengan luas wilayah disebut kepadatan penduduk aritmatik, dihitung dengan rumus :

 

 

Contoh soal

Pada tahun 2010, penduduk Sumatera Barat mencapai 4.566.126 jiwa. Luas Sumatera   Barat mencapai  42.224,65 km2.  Berapakah kepadatan penduduk Sumatera Barat?

Jawaban:

Kepadatan Penduduk Sumatera Barat  adalah :

4.566.126

42.224,65

= 108,13 jiwa/km2 atau 108  jiwa/km2

Jadi kepadatan penduduk  aritmatik  daerah Sumatera Barat  pada tahun

2010 sebesar 108 jiwa per kilometer persegi.

 

  1. 2. Perbandingan jumlah  penduduk  suatu  daerah  dengan  luas  lahan pertanian disebut kepadatan penduduk agrari

Rumus ini menghitung sebagai berikut :

 

 

Contoh soal

Daerah Y pada tahun 2013 jumlah penduduknya 1.250.000 jiwa. Luas wilayah pertanianya 8.758 kilometer persegi.

Kepadatan penduduk agrarisnya dapat dihitung sebagai berikut :

Kepadatan Agraris =    1.250.000

8.758

=    142,73 dibulatkan menjadi 143 Jiwa.

Maka kepadatan penduduk agraris daerah Y pada tahun 2013 sebesar

143 jiwa perkilometer persegi.

 

AKTIVITAS  KELOMPOK

Coba Kamu hitung kepadatan penduduk aritmatik dan kepadatan penduduk agraris di daerahmu masing-masing. Diskusikan dengan teman-temanmu. Kemudian mintakan kepada guru pamongmu untuk memeriksanya. Kepadatan penduduk berhubungan dengan persebarannya pada wilayah-wilayah tertentu. Hal tersebut karena kepadatan penduduk adalah jumlah penduduk dibandingkan luas wilayah pada suatu tempat, yaitu jumlah penduduk tiap satu km2  atau tiap satu mil. Dengan demikian, ada daerah yang berpenduduk padat dan ada yang jarang. Cara menghitung kepadatan penduduk di atas, sebenarnya dapat   kamu   gunakan untuk mengetahui kepadatan penduduk Indonesia, atau kepadatan penduduk propinsi-propinsi di Indonesia,

  1. Kamu dapat mengamati gambar di bawah ini dan cermati dengan ba

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Setelah kamu mengamati gambar tersebut secara teliti, sebutkan gambar apa pada No.1 - 3 bagaimana keadaannya? Apakah faktor yang menyebabkannya?

 

  1. Lakukan pengamatan dengan teliti sekali lagi, dan ajukan pertanyaan dengan menuliskannya dalam buku latihanmu, contoh : apakah peristiwa dalam gambar No.1 ada hubungannya  dengan  gambar  No.2, dan  apakah  ada  hubungannya gambar no 1 dengan gambar No 3, dan apakah ada hubungannya gambar No 2 dengan gambar No 3, dan bagaimana bentuk hubungannya ? Cobalah untuk mencari kaitan antar gambar tersebu Berdiskusilah dengan guru pamongmu atau kepada teman di TKBM. Namun jika peserta didik sekalian mau berpikir lebih mendalam, setelah mencermati gambar tersebut peserta didik dapat menemukan jawaban dengan sendirinya.  Bahwa  jumlah penduduk yang terus bertambah dan jumalah penduduk yang datang kesuatu tempat tertentu akan mempengaruhi kependudukan suatu wilayah, coba cermati apa pengaruhnya? Dari contoh tersebut peserta didik memahami bahwa peristiwa yang terjadi di suatu tempat dapat mempengaruhi jumlah kependudukan dan permasalahan kependudukan di daerah lainnya.

 

AKTIVITAS INDIVIDU

 

Kamu sudah belajar tentang jumlah dan kepadatan penduduk  Indonesia. Jumlah dan kepadatan penduduk akan memengaruhi dinamika kehidupan masyarakatnya.

 

Diskusikan dengan temanmu hal-hal berikut ini.

Nama Provinsi

Kepadatan Jiwa (Km2)

 

 

 

 

 

 

 

  1. 1. Tentukan lima provinsi terpadat di Indonesia dengan aktivitas penduduk yang dominan!

 

 

 

 

 

 

 

  1. 2. Apa dampak sebaran penduduk yang tidak merata terhadap berbagai aspek kehidupan?

 

Aspek

Dampak sebaran penduduk yang tidak merata

Sosial

 

 

Ekonomi

 

Budaya

 

Politik

 

 

  1. 3. Berikan ide yang kreatif untuk mengatasi masalah sebaran penduduk yang tidak merata di Indonesia!

 

 

Aspek

Cara mengatasi masalah persebaran

Penduduk

Sosial

 

Ekonomi

 

Budaya

 

Politik

 

 

 

 

 

 

UJI KOMPETENSI

 

 

1. Mengapa sebaran penduduk Indonesia tidak merata ?

2.    Bagaimana cara mengatasi sebaran penduduk yang tidak merata?

3.    Bagaimana kepadatan penduduk di tiap Provinsi di Indonesia ?

4.    Provinsi manakah yang kepadatan penduduknya tinggi ?

5.     Bagaimana pengaruh kepadatan penduduk yang tinggi terhadap aktivitas ekonomi?

 

 

  1. PERSEBARAN PENDUDUK INDONESIA

Persebaran penduduk secara umum adalah bentuk penyebaran penduduk di suatu wilayah atau Negara. Persebaran penduduk dapat dibagi menjadi dua:

  1. Persebaran penduduk berdasarkan geografis, Persebaran penduduk secara geografis adalah karakteristik penduduk menurut batas-batas alam seperti pantai, sungai, danau dan sebagainya.
  1. Persebaran penduduk berdasarkan administrasi pemerintahan, Persebaran penduduk secara administrasi adalah karakteristik penduduk menurut batas-batas wilayah administrasi yang ditetapkan oleh suatu negara, misalnya jumlah penduduk di desa A atau di kecamatan B.

Persebaran atau distribusi penduduk adalah bentuk penyebaran penduduk di suatu wilayah atau negara, apakah penduduk tersebut tersebar merata atau tidak. Kepadatan penduduk adalah angka yang menunjukkan jumlah rata-rata penduduk pada setiap Km2 pada suatu wilayah negara. Faktor-faktor yang mempengaruhi penyebaran dan kepadatan penduduk tiap-tiap daerah atau negara sebagai berikut: Faktor Fisiografis, Faktor Biologis, Faktor Kebudayaan dan Teknologi

Kegunaan mengetahui kepadatan penduduk suatu wilayah adalah :

  1. Untuk mengetahui persebaran penduduk suatau wilayah
  2. Untuk mengetahui telah terjadi peledakan penduduk disuatu wilayah atau belum yang bersifat memonitor
  3. Untuk mengetahui penyebab perbedaan kepadatan penduduk dengan daerah lain disekitarnya.
  4. Untuk mengetahui pusat-pusat kebudayaan, dimana budaya timbul pada penduduk yang padat dan penduduk makin padat budaya makin tinggi .

Persebaran yang tidak merata berpengaruh terhadap lingkungan hidup. Daerah-daerah yang padat penduduknya terjadi eksploitasi sumber alam secara berlebihan sehingga terganggulah keseimbangan alam. Sebagai contoh adalah hutan yang terus menyusut karena ditebang untuk dijadikan lahan pertanian maupun pemukiman. Dampak buruk dari berkurangnya luas hutan adalah:

  1. terjadi banjir karena peresapan air hujan oleh hutan berkurang
  2. terjadi kekeringan
  3. tanah sekitar hutan menjadi tandus karena erosi

 

Faktor penyebab persebaran penduduk yang tidak merata antara lain:

  1. Kesuburan tanah, daerah atau wilayah yang ditempati banyak penduduk, karena dapat dijadikan sebagai lahan bercocok tanam dan sebaliknya.
  2. Iklim, wilayah yang beriklim terlalu panas, terlalu dingin, dan terlalu basah biasanya tidak disenangi
  3. sebagai tempat tinggal
  4. Topografi atau bentuk permukaan tanah pada umumnya masyarakat banyak bertempat tinggal di daerah datar
  5. Sumber air
  6. Perhubungan atau transportasi

Persebaran penduduk antara kota dan desa juga mengalami ketidakseimbangan. Perpindahan penduduk dari desa ke kota di Indonesia terus mengalami peningkatan dari waktu ke waktu. Urbanisasi yang terus terjadi menyebabkan terjadinya pemusatan penduduk di kota yang luas wilayahnya terbatas. Pemusatan penduduk di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Medan dan kota-kota besar lainnya dapat menimbulkan dampak buruk terhadap lingkungan hidup seperti:

  1. Munculnya permukiman liar
  2. Sungai-sungai tercemar karena dijadikan tempat pembuangan sampah baik oleh masyarakat maupun dari pabrik-pabrik industri.
  3. Terjadinya pencemaran udara dari asap kendaraan dan industri.
  4. Timbulnya berbagai masalah sosial seperti perampokan, pelacuran dan lain-lain.

AKTIVITAS KELOMPOK

Diagram Persebaran Penduduk Indonesia 

 

Diagram Persebaran Penduduk Indonesia

Kerjakan:

Setelah kamu mempelajari tentang jumlah penduduk dan perseberan penduduk Indonesia, kamu bisa mengidentifikasi seba dan dampak yang ditimbulkannya.

  1. Sebutkan upaya pemerintah untuk mencegah lajunya pertumbuhan penduduk Indonesia !

…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….

…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

 

 

 

 

  1. Trasmigrasi adalah salah satu upaya pemerataan penduduk di Indonesia, coba kamu jelaskan macam-macam trasmigrasi yang kamu ketahui !

…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….

…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

                                         

 

 

 

 

 

UJI KOMPETENSI

 

No

 

Butir Soal

 

Jawaban

1

Jelaskan upaya pemerintah untuk mencegah lajunya pertumbuhan penduduk Indonesia !

 

2

Jelaskan mengapa jumlah penduduk Indonesia tidak merata !

 

3

Sebutkan dampak positif dan negatif dari pertumbuhan penduduk yang tidak merata !

 

4

Sebutkan 3 provinsi yang memiliki kepadatan penduduk yang paling tinggi !

 

5

Sebutkan 3 provinsi yang memiliki kepadatan penduduk yang paling rendah !

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

AKTIVITAS 1.9

                                                                                                           

 

  1. Komposisi Penduduk

Komposisi penduduk adalah pengelompokan penduduk berdasarkan kriteria tertentu. Informasi tentang jumlah penduduk akan lebih bermakna untuk kepentingan tertentu dengan mengelompokkannya berdasarkan

 

  1. a. Komposisi Menurut Pendidikan

Tingkat pendidikan penduduk yang dicapai oleh suatu Negara akan memberikan gambaran tentang kualitas sumberdaya manusia yang tinggal di negara tersebut. Negara-negara maju tingkat pendidikan penduduknya termasuk tinggi, sebaliknya dengan negara-negara berkembang, apalagi negara miskin, terdapat beberapa ukuran untuk melihat keadaan pendidikan suatu daerah yaitu:

  1. 1. Rata-rata Lama Sekolah,

Rata-rata lama sekolah adalah jumlah tahun pelajaran penduduk usia 15 tahun ke atas yang telah diselesaikan dalam pendidikan formal.

  1. 2. Angka Melek Huruf (AMH),

Angka Melek Huruf adalah persentase penduduk usia 15 tahun ke atas yang bisa membaca dan menulis serta mengerti sebuah kalimat sederhana dalam hidunya sehari-hari.

  1. 3. Angka Partisipasi Sekolah (APS),

Angka Partisipasi Sekolah merupakan ukuran daya serap sistem pendidikan terhadap penduduk usia sekolah. Tingkat pendidikannya rendah.

 

  1. Amati gambar di bawah ini dan cermati dengan baik.

Pada gambar 1 terlihat seorang anak yang tidak bersekolah karena kemiskinannya, sedangkan pada gambar 2 seorang siswa yang sedang menempuh ulangan umum agar naik kelas demi meraih cita-citanya. Padahal pemerintah telah menerapkan pendidikan gratis bagi siswa SD/MI sampai SMA/SMK. Bagaimana menurut pendapatmu  tentang gambar 1:

........................................................................................................................................................................

.......................................................................................................................................................................

........................................................................................................................................................................

                                           

  1. Renungkanlah

Jumlah penduduk Indonesia sangat besar. Jumlahnya terus bertambah dari tahun ke tahun sehingga diperlukan ketersediaan pangan dan lapangan kerja. Masalahnya laju pertambahan penduduk tersebut tidak diimbangi dengan peningkatan jumlah lapangan kerja sehingga sebagian penduduk menganggur. Penduduk Indonesia juga tidak merata karena lebih banyak tinggal di Jawa sehingga banyak permasalahan sosial di Jawa dan terhambatnya pembangunan di luar Jawa karena kekurangan penduduk atau sumber daya manusia.

  1. Bagaimana sikap kamu terhadap permasalahan tersebut?

 .................................................................................................................................................................

..................................................................................................................................................................

.................................................................................................................................................................

  1. Bagaimana upaya yang dilakukan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut?

.................................................................................................................................................................

..................................................................................................................................................................

.................................................................................................................................................................

 

AKTIVITAS KELOMPOK

 

Kamu   telah   belajar   tentang   komposisi   pendidikan   penduduk Indonesia. Diskusikan dengan temanmu tentang hal-hal berikut.

  1. 1. Mengapa tingkat pendidikan sebagian penduduk Indonesia masih rendah?
  2. 2. Tunjukkan ide atau  gagasan  kamu  bagaimana  caranya  agar  negara  kita  dapat meningkatkan partisipasi pendidikanny

 

Aspek

Penyebab Rendahnya Tingkat Pendidikan

Geografis

 

 

 

 

 

 

Ekonomi

 

Sosial

 

Budaya

 

 

 

 

No.

Cara Meningkatkan Partisipasi Pendidikan

1

 

2

 

3

 

4

 

5

 

 

  1. 3. Telusuri informasi tentang keadaan atau bentuk pendidikan dari masa Praaksara,

Hindu-Buddha, dan Islam yang ada di daerahmu!

 

 

Masa

Bentuk Pendidikan

Praaksara

 

Hindu-Buddha

 

Islam

 

 

  1. Komposisi Menurut Agama

Negara memberikan kebebasan bagi semua penduduknya untuk memilih agama sesuai dengan keyakinannya. Kebebasan memilih tersebut merupakan Hak Azazi Manusia dan karena itu dilindungi oleh negara. Tidak diperbolehkan seseorang atau sekelompok orang memaksakan kehendaknya terhadap orang lain untuk memilih agama tertentu.

Agama yang dianut oleh penduduk Indonesia terdiri atas Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Buddha, Khong Hu Chu dan lain-lain. Namun, mayoritas penduduk memeluk Agama Islam. Besarnya jumlah penduduk yang  beragama  Islam  tidak  lepas  dari  sejarah  penyebaran  agama  Islam  di Indonesia. Islam masuk ke Indonesia dari Persia, India (Gujarat) dan Arab Saudi. Pada abad ke-7 pengaruh Islam masuk ke Indonesia dari Arab.

Pada abad ke-13 Masehi terjadi perdagangan dari Gujarat India ke Indonesia dengan membawa pengaruh Agama Islam. Masih pada abad ke-13, Islam juga masuk dari Persia (Iran) ke Indonesia. Walaupun, Agama Islam bukan agama pertama yang masuk ke Indonesia, namun agama tersebut banyak diterima oleh masyarakat Indonesia.

 

AKTIVITAS KELOMPOK

 

  1. Kerjakanlah tugas berikut

 

Nama Tempat Ibadah

Pemeluk Agama yang Menggunakannya

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. 2. Berikan ide atau gagasan kreatif agar terjadi kerukunan antarumat beragama di

lingkungan sekitarmu.

 

No.

Ide atau gagasan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.Lakukan pengamatan :

 Tuliskannya dalam buku latihanmu, contoh : Tempat   ibadah apakah    yang paling banyak  berdiri  di daerah kalian dan suku bangsa penganutnya ? Cobalah untuk mengelompokan   suku bangsa dengan agama dan kepercayaan yang dianutnya. Berdiskusilah dengan temanmu.

 

 

 

AKTIVITAS INDIVIDU

 

 

Identifikasi komposisi penduduk Indonesia berdasarkan agama.

Selanjutnya lakukanlah kegiatan berikut ini.

 

  1. 1. Perhatikan Peta Indonesia di bawah ini! Peta tersebut belum memberikan informasi kepada pembacanya.

Tugas kamu adalah mengisi peta tersebut dengan informasi agama yang dominan pada suatu pulau.

 

  1. 2. Beri warna yang berbeda (jika tidak memungkinkan bisa juga dengan simbo arsiran) pada pulau-pulau utama di Indonesia sesuai dengan agama yang paling banyak dipeluk oleh penduduknya. Misalnya warna biru untuk pulau yang sebagian besar penduduknya beragama Islam, warna kuning untuk Kristen, warna hijau untuk Buddha dan seterusnya.
  2. 3. Carilah informasi tentang persentase pemeluk agama tersebut pada materi yang telah diuraikan sebelumnya atau dari sumber lainnya.
  3. 4. Lengkapi pula legendanya sesuai dengan warna atau arsiran yang dipilih

 

  1. Komposisi Menurut Bidang Usaha

 

Aktivitas perekonomian negara akan tergambar dari bidang usaha yang digeluti oleh penduduknya. Negara-negara miskin dan berkembang biasanya lebih banyak penduduknya yang bekerja dalam bidang usaha pertanian. Sebaliknya, penduduk negara maju lebih banyak yang bekerja dalam bidang perdagangan, jasa, danindustri Bidang usaha penduduk Indonesia dapat dikelompokkan berdasarkan lapangan pekerjaannya menjadi pertanian, industri, konstruksi, perdagangan, transportasi, keuangan, jasa  kemasyarakatan, dan  lainnya.

 

  1. Komposisi penduduk berdasarkan Wilayah Geografis Desa dan Kota

Secara geografis, penduduk dapat dibagi berdasarkan lokasi tempat tinggalnya di desa atau di kota. Lokasi penduduk tersebut dapat menjadi ciri dari perkembangan ekonomi suatu negara. Bagian Biasanya, sebagian besar penduduk negara-negara maju tinggal diperkotaan, sebaliknya negara miskin atau negara berkembang sebagian besar tinggal di pedesaan Bertambahnya penduduk perkotaan terjadi akibat pertambahan alami ( selisih antara kelahiran dan kematian ) serta adanya imigrasi dengan alasan untuk mencari pekerjaan. Kota memberikan peluang lapangan pekerjaan yang lebih banyak dan lebih menjanjikan pendapatan yang besar dibandingkan di desa, sehingga banyak orang berpindah ke kota. Bahkan ada beberapa negara yang memilik penduduk yang semuanya tinggal di kota. Negara tersebut seperti Singapura, Hongkong, Macau, Qatar, Bahrain dan Malta.

 

AKTIVITAS KELOMPOK

Aspek

Masyarakat Desa

Masyrakat Kota

Lingkungan alam

 

 

Mata pencaharian

 

 

Ukuran

Komunitas

 

 

Stratifikasi sosial

 

 

Mobilitas Sosial

 

 

Pengawasan

Sosial

 

 

Kepemimpinan

 

 

 

 

Solidaritas

 

 

Sistem nilai

 

 

 

AKTIVITAS KELOMPOK

Coba Kamu diskusikan dengan    teman-temanmu    faktor – faktor mempengaruhi urbanisasi ke kota Jakartalalu kamu simpulkan faktor – faktor mempengaruhinya. Begitu pula   dengan penduduk yang tinggal di kota, jumlahnya berbeda-beda. Coba Kamu  perhatikan beberapa kota yang penduduknya diatas 1 juta jiwa berikut ini :

 

   Kota di Indonesia yang Penduduknya diatas 1 juta Jiwa

 

No

Nama Kota

Jumlah Penduduk

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

Jakarta

Surabaya Bandung Medan Bekasi Tangerang Semarang Depok Palembang Makassar

11.968.000

3.282.156

2.771.138

2.036.018

1.940.308

1.448.666

1.352.869

1.339.263

1.323.169

1.168.258

 

Coba Kamu amati  tabel  diatas, apa sebabnya ke 10 (sepuluh kota tersebutJumlah penduduknya besar ) ? Diskusikan dengan teman-temanmu !

 

UJI KOMPETENSI

 

1. Dilihat dari komposisi penduduk berdasarkan pendidikan,

bagaimana pendidikan penduduk Indonesia ?

2.    Dilihat dari komposisi penduduk berdasarkan Agama, bagaimana sebaran agama yang dianut oleh penduduk Indonesia ?

  1. Dilihat dari komposisi bidang usaha apa yang paling banyak dilakukan penduduk

Indonesia ?

  1. Bagaimana perbedaan penduduk desa dan kota dilihat dari karakteristiknya ?
  2. Bagaimana hubungan antara tingkat pendidikan dengan pekerjaan? Bagaimana pengaruh kepadatan penduduk yang tinggi terhadap aktivitas ekonomi?

 

 

 

  1. Komposisi Penduduk Menurut Umur


Komposisi penduduk menurut umur dalam arti demografi adalah komposisi penduduk menurut kelompok umur tertentu. Komposisi menurut umur dapat dikelompokkan menjadi tiga yaitu:

 

 

 

 


  1. usia belum produktif (kelompok umur < 14 tahun),
  2. usia produktif (kelompok umur antara 15 - 64 tahun), dan
  3. usia tidak produktif ( kelompok umur > 64 tahun)

 

Rasio beban tanggungan (dependency ratio)

Rasio beban tanggungan adalah angka yang menunjukkan perbandingan antara penduduk usia nonproduktif dengan penduduk usia produktif.

  1. Komposisi Penduduk Menurut Jenis Kelamin, Komposisi penduduk menurut jenis kelaminadalah pengelompokan penduduk berdasarkan jenis kelaminnya. Komposisi ini untuk mengetahui perbandingan antara jumlah penduduk laki-laki dan perempuan dalam satu wilayah tertentu. Adanya ketidakseimbangan jumlah penduduk laki-laki dan perempuan (rasio jenis kelamin) dapat mengakibatkan rendahnya fertilitas dan rendahnya angka pertumbuhan penduduk. Perbandingan (rasio) jenis kelamin dapat diketahui dengan rumus berikut ini.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Besar kecilnya rasio jenis kelamin di suatu daerah akan dipengaruhi oleh:

  1. sex ratio at birth atau rasio jenis kelamin pada waktu kelahiran. Di beberapa negara umumnya berkisar antara 103-105 bayi laki-laki per 100 bayi perempuan.
  2. pola mortalitas (kematian) antara laki-laki dan perempuan, jika kematian laki-laki lebih besar daripada angka kematian perempuan, maka rasio jenis kelamin akan makin kecil.
  3. pola migrasi antara penduduk laki-laki dan penduduk perempuan, jika suatu daerah banyak penduduk perempuan yang bermigrasi keluar daerah, maka rasio jenis kelaminnya akan besar, demikian sebaliknya jika banyak penduduk laki-laki yang bermigrasi keluar, maka rasio jenis kelamin juga akan rendah.

 

 

 

UJI KOMPETENSI

 

No

 

Butir Soal

 

Jawaban

1

Jelaskan pengertian komposisi penduduk !

 

2

Sebutkan pengertian komposisi penduduk menurut umur !

 

3

Jelaskan mengapa anak bayi dan orang tua termasuk beban ketergantungan !

 

4

Jelaskan pengertian komposisi penduduk menurut jenis kelamin !

 

5

Jelaskan sebab pengaruh besar kecilnya ratio penduduk menurut jenis kelamin !

 

 

 

AKTIVITAS 1. 10

  1. PERTUMBUHAN DAN KUALITAS PENDUDUK

Pertumbuhan penduduk adalah keseimbangan dinamis antara kekuatan yang menambah dan kekuatan yang mengurangi jumlah penduduk. Ada beberapa faktor yang memengaruhi pertumbuhan penduduk, yakni kelahiran, kematian, dan migrasi. Kelahiran dan kematian disebut factor alami, sedangkan migrasi disebut faktor nonalami. Kelahiran bersifat menambah, sedangkan kematian bersifat mengurangi jumlah penduduk. Migrasi yang bersifat menambah disebut migrasi masuk (imigrasi), sedangkan migrasi yang bersifat mengurangi disebut migrasi keluar (emigrasi).        

Pertumbuhan penduduk sangat banyak, yaitu nomor empat di dunia setelah Cina, India, dan Amerika Serikat. Pertumbuhan penduduk yang cepat menyebabkan beberapa hal berikut ini.

  1. Pertumbuhan penduduk usia muda yang cepat menyebabkan tingginyaangka pengangguran.
  2. Persebaran penduduk tidak merata.
  3. Komposisi penduduk kurang menguntungkan karena banyaknya pendudukusia muda yang belum produktif sehingga beban ketergantungan tinggi.
  4. Arus urbanisasi tinggi, sebab kota lebih banyak menyediakan lapangankerja.
  5. Menurunnya kualitas dan tingkat kesejahteraan penduduk.

Masalah kependudukan Indonesia dalam hal kualitas adalah masalah dalam kemampuan sumber daya manusianya. Di Indonesia, masalah kualitas penduduk yang terjadi dipengaruhi oleh masih rendahnya tingkat pendidikan, rendahnya tingkat kesejahteraan yang kemudian dapat berpengaruh pada pendapatan per kapita masyarakat tersebut. Rendahnya pendapatan perkapita dapat menyebabkan orang tua tidak mampu menyekolahkan anaknya, sehingga banyak anak yang putus sekolah atau berhenti sekolah sebelum tamat.

AKTIVITAS INDIVIDU

  1. Mengapa tingkat pendidikan sebagian penduduk Indonesia masih rendah?

            ASPEK         

PENYEBAB RENDAHNYA TINGKAT  PENDIDIKAN

GEOGRAFIS

 

 

…………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………….

…………………………………………………………………………………

 

EKONOMI

 

…………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………….

…………………………………………………………………………………

 

SOSIAL

 

…………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………….

…………………………………………………………………………………

 

BUDAYA

 

…………………………………………………………………………………

………………………………………………………………………………….

…………………………………………………………………………………

 

 

Tunjukkan ide atau gagasan kamu bagaimana caranya agar negara kitadapat meningkatkan partisipasi pendidikannya.!

 

No.

                                Cara Meningkatkan Partisipasi Pendidikan                            

1

 

2

 

3

 

4

 

5

 

 

UJI KOMPETENSI

 

No

 

Butir Soal

 

Jawaban

1

Jelaskan pengertian pertumbuhan penduduk !

.

2

Sebutkan factor-faktor yang memengaruhi pertumbuhan penduduk ?

.

3

Sebutkan 3 negara di dunia yang mengalami pertumbuhan sangat cepat ?

 

4

Jelaskan pengertian emigran

.

5

Jelaskan masalah kualitas penduduk Indonesia !

 

6

Mengapa persebaran penduduk Indonesia tidak merata ?

 

 

7

Bagaimana cara mengatasi sebaran penduduk yang tidak merata?

 

8

Bagaimana kepadatan penduduk di tiap Provinsi di Indonesia ?

 

9

Provinsi manakah yang kepadatan penduduknya tinggi ?

 

10

Bagaimana pengaruh kepadatan penduduk yang tinggi terhadap aktivitas ekonomi!

 

 

 

AKTIVITAS 1. 12                 

 

  1. KERAGAMAN ETNIK DAN BUDAYA DI INDONESIA

 

Coba kamu amati kelompok-kelompok masyarakat yang ada di Indonesia, kamu pasti menemukan banyak sekali perbedaan budaya di setiap daerah. Misalnya tradisi budaya keluarga kamu pasti berbeda dengan budaya dan tradisi tetangga kamu, lalu apa yang menyebabkan perbedaan tersebut?. Perbedaan-perbedaan tersebut merupakan pengaruh dari interaksi manusia dengan lingkungan hidupnya. Perbedaan-perbedaan yang ada hendaknya menjadi sarana pergaulan, saling mengenal dan saling bekerjasama antar kelompok masyarakat, hal sesuai dengan semboyan negara kita “Bhinneka Tunggal Ika” yang artiya walaupun berbeda-beda suku bangsa tetapi tetap satu tujuan yaitu membangun bangsa dan negara Indonesia.

 

UJI KOMPETENSI

 

 

 

 

1.      Jelaskan faktor yang membedakan suku bangsa yang satu dengan suku bangsa lainnya di Indonesia!

2.      Jelaskan pengertian suku bangsa!

3.      Jelaskan bahwa suku bangsa merupakan asset kekayaan nasional?

4.      Apa yang sebaiknya dilakukan apabila dalam satu wilayah rukun tetangga terdapat suku bangsa yang berbeda?

5.      Bagaimana sikap peserta didik terhadap temanmu dari suku bangsa yang berbeda?

6.      Mengapa  begitu  banyak  keragaman  bahasa  di  Indonesia?  jelaskan  tentang  hal tersebut !

7.      Bagaimana pendapat kalain tentang bahasa gaul yang sering Peserta didik gunakan dalam dialek sehari-hari ? Manakah yang lebih baik menurut kalain?

8.      Mengapa keragaman bahasa daerah merupakan akar kebudayaan nasional?

9.      Bagaimana  cara  agar  keanekaragaman  budaya  Indonesia  dapat  meningkatkan kegiatan perekonomian bangsa Indonesia?

10.  Bagaimana sikap Peserta didik terhadap bahasa asing?

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

AKTIVITAS INDIVIDU:

                                                     

Setelah kamu mempelajari keaneka ragaman budaya dan suku bangsa di Indonesia, lakukan kegiatan pengamatan di lingkungan sekolahmu!

  1. Cari 10 orang teman sekelasmu.
  2. Tanyakan kepada mereka tentang hal-hal berikut!

No

Nama Teman

Asal Suku Ayah

Asal Suku Ibu

Keterangan (sama atau Beda Suku)

1

 

 

 

 

2

 

 

 

 

3

 

 

 

 

4

 

 

 

 

5

 

 

 

 

6

 

 

 

 

7

 

 

 

 

8

 

 

 

 

9

 

 

 

 

10

 

 

 

 

 

  1. Dari data yang kamu peroleh adakah data yang sama antara ibu dan bapak kamu, jika ada berikan penjelasan kamu secara singkat dan jelas !

…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

 

 

 

 

 

  1. Dari data yang kamu peroleh adakah data yang berbeda antara ibu dan bapak kamu, jika ada berikan penjelasan kamu secara singkat dan jelas !

…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

                 

 

 

           

 

 

 

 

 

UJI KOMPETENSI

 

 

No

 

Butir Soal

 

Jawaban

1

Jelaskan arti semboyan Bhinneka Tunggal Ika menurut kamu ?

 

 

 

 

 

2

Apa yang menyebabkan keanekaragaman suku bangsa di Indonesia berikan penjelasan kamu dengan singkat , jelas dan benar !

 

 

 

 

 

 

 

 

3

Negara Indonesia sering di sebut juga negara kepulauan, berikan penjelasanmu dengan singkat, jelas dan benar !

 

 

 

 

 

 

4

Suku Jawa terdiri dari suku apa saja, sebutkan !

 

 

 

 

5

Sebutkan nama-nam provinsi yang ada di Indonesia  dengan lengkap dan benar !

 

 

 

 

 

 

 

 

 

           

 

 

 

 

 

 

AKTIVITAS INDIVIDU

Setelah kamu mempelajari keaneka ragaman budaya dan suku bangsa di Indonesia, lakukan kegiatan pengamatan di lingkungan kamu tinggal atau di sekolahmu!

  1. Cari 5orang teman sekelasmu atau 1 sekolah dengan kamu !

       Tanyakan kepada mereka tentang hal-hal berikut!

No

Nama Teman

Asal Daerah

Rumah Adat

Keterangan

1

 

 

 

 

2

 

 

 

 

3

 

 

 

 

4

 

 

 

 

5

 

 

 

 

 

  1. Mengapa Jepang yang kaya raya dan negara maju di dunia masih mempertahankan rumah adatnya sebagai warisan budaya yang harus dilestarikan, jelaskan pendapat kamu.

…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….

 

 

 

 

 

 

 

 

UJI KOMPETENSI:

 

No

 

Butir Soal

 

Jawaban

1

Sebutkan  nama rumah adat asal daerah kamu !

 

 

2

Rumah adat Tongkonan berasal dari daerah mana !

 

 

3

Kenapa rumah adat terbuat dari kayu pilihan, jelaskan alas an kamu !

 

 

 

4

Apa makna Soko Guru pada rumah adat Joglo !

 

 

5

Jelaskan makna rumah adat Souraja dan berasal dari daerah mana rumah adat tersebut!

 

 

 

 

 

 

AKTIVITAS 1.12                  

 

  1. PAKAIAN ADAT DAN SENJATA TRADISIONAL

 

Coba kamu amati gambar macam-macam pakaian adat pada gambar di atas ini dari kiri ke kanan, lalu kamu sebutkan dari daerah mana pakaian tersebut.  Jika kamu amati dengan teliti maka pakian tersebut berasal dari daerah Sulawesi, Kalimantan, Nusa Tenggara Timur dan pakaian dari daerah Papua. Kenapa pakaian mereka berbeda-beda?.

................................................................................................................................................

................................................................................................................................................

AKTIVITAS INDIVIDU:           

Sebutkanlah berasal dari daerah mana gambar pakaian adat yang ada di bawah ini !

Gambar Pakaian Adat

Gambar Pakaian Adat

Gambar Pakaian Adat

     

……………………………………

………………………………

…………………………………….

     

……………………………………

………………………………

…………………………………….

   

                

……………………………………

………………………………

…………………………………….

 

 

UJI KOMPETENSI:        

 

No

 

Butir Soal

 

Jawaban

1

Sebutkan nama pakaian adat yang berasal dari daerah kamu !

 

 

 

 

 

2

Apa nama pakaian adat dari daerah  Nanggro Aceh Darussalam yang dipakai oleh para pembesar/raja !

 

 

 

 

 

 

3

Sebutkan dua pakian adat yang di pakai di daerah Sumatera Barat !

 

 

 

 

 

4

Sebutkan 3 pakian adat dari daerah Riau !

 

 

 

 

5

Apa nama pakaian adat daerah Badui dan sebutkan maknanya !

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

AKTIVITAS KELOMPOK:

 

Lagu Daerah dan Alat Musiknya

 

 

Coba kamu lakukan pengamatan dengan mendengar sebuah lagu daerah. Benar kalau sebuah lagu merupakan salah satu bentuk ungkapan perasaan manusia. Lalu bagaimana dengan ciri lagu daerah. Ciri umum musik daerah adalah

.....................................................................................................................................................

.....................................................................................................................................................

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

AKTIVITAS 1: 13

 

Tarian Daerah dan Pertunjukkan Rakyat

Tarian-tarian yang terdapat pada gambar di atas menunjukkan betapa kaya keragaman budaya Indonesia. Gerakan yang begitu indah diiringi alunan lagu dan irama alat musik yang menawan, menyuguhkan karya seni yang memukau setiap mata yang menyaksikan. Selain seni tari, Indonesia juga memiliki beraneka ragam pertunjukan rakyat yang tidak kalah menariknya. Setiap pertunjukan rakyat memiliki ciri khas daerah masing-masing. Berikut ini, beberapa pertunjukan rakyat yang ada di Indonesia. Perhatikanlah tabel di bawah ini !

 

 

Tabel      Beberapa Contoh Pertunjukan Rakyat

 

Pertunjukan Rakyat

Daerah Asal

Lenong

 

Ketoprak, Wayang orang

 

Ludruk

 

Debus

 

 

AKTIVITAS INDIVIDU:                                                                           

Sebutkanlah berasal dari daerah mana gambar tarian adat yang ada di bawah ini !

Gambar Tarian Adat

Asal dan Nama Tarian

Makna Tarian Daerah

                

 

 

                                        

 

 

 

 

 

 

 

 

                

 

UJI KOMPETENSI

 

No

 

Butir Soal

 

Jawaban

1

Sebutkan nama tarian adat yang berasal dari daerah kamu !

 

 

2

Apa makna tarian adat yang ada di daerah kamu !

 

 

 

3

Sebutkan tarian adat yang melambangkan pergaulan muda-mudi!

 

4

Sebutkan tarian adat yang melambangkan perjuangan (prang) dan berasal dari daerah mana saja!

 

5

Sebutkan tarian adat yang dipentaskan untuk menyambut tamu kehormatan !

 

 

 

UJI KOMPETENSI

 

1.     Mengapa begitu banyak keragaman budaya di Indonesia? Jelaskan tentang hal tersebut !

  1. Faktor-faktor apa saja yang menyebabkan terjadinya keanekanragaman budaya di Indonesia ?
  2. Mengapa kebudayaan daerah merupakan akar kebudayaan nasional ?

4.    Bagaimana  cara agar keanekaragaman  budaya  Indonesia dapat meningkatkan kegiatan perekonomian bangsa Indonesia ?

  1. Bagaimana sikap Peserta didik terhadap masuknya budaya asing ?

 

                  

                                                     

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

                                                            AKTIVITAS 1.14                   

 

  1. KONDISI ALAM INDONESIA

 

Alam Indonesia dikenal sangat indah dan kaya akan berbagai sumber daya alam. Tidak heran jika banyak wisatawan dari berbagai negara tertarik dan datang ke Indonesia. Kegiatan pariwisata pun berkembang di sejumah wilayah seperti Bali, Yogyakarta, Lombok, dan lain-lain sehingga mendatangkan keuntungan ekonomi yang tidak sedikit. Pernahkah kamu datang ke tempat-tempat wisata di daerah tersebut? Jika memungkinkan, berwisatalah ke daerah wisata di Indonesia sebelum berwisata ke negara lain. Keindahan alam Indonesia dapat kamu nikmati juga di wilayah tempat tinggalmu. Lihatlah indahnya pemandangan yang Tuhan telah berikan pada kita semua berupa hutan, sungai, danau, gunung dan pegunungan yang tampak memesona. Ingatlah, keindahan tersebut tidak semua negara memilikinya. Banyak negara yang sebagian wilayahnya hanya berupa padang pasir, hamparan lapisan es, padang rumput, dan lain-lain. Keadaan alam Indonesia dapat dikelompokkan menjadi dua bagian, yaitu :

1)   Keadaan fisik wilayah

2)   Keadaan flora dan fauna.

Keadaan fisik wilayah terdiri atas keadaan iklim dan keadaan bentuk permukaan bumi (kondisi fisografis) yang kemudian akan menentukan jenis tanahnya. Sementara keadaan flora dan fauna menyangkut jenis keragaman dan sebarannya.

 

 

 

AKTIVITAS  KELOMPOK

Peta Fisiografis sangat bermanfaat untuk mengetahui kondisi bentuk-bentuk muka bumi suatu wilayah. Bersama teman- teman, perhatikan peta Fisiografi Indonesia. Setelah mencermati peta tersebut, deskripsikan  kondisi fisiografis di daerah tempat tinggalmu.

     Catatan: Jika sekolahmu memiliki fasilitas internet, silakan kamu gunakan fasilitas tersebut untuk memahami peta Fisiografis Indonesia secara lebih jelas, khususnya wilayah

tempat tinggalmu.

..................................................................................................................................................

..................................................................................................................................................

................................................................................................................................................

Setelah kamu berdiskusi secara berkelompok, apakah kamu menemukan pengaruh keragaman bentuk muka bumi Indonesia terhadap keragaman aktivitas penduduknya? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, perhatikanlah lingkungan sekitar tempat tinggal kamu masing-masing!

    Seperti apakah bentuk muka bumi tempat kamu tinggal saat ini?

..................................................................................................................................................

..................................................................................................................................................

................................................................................................................................................

 

    Aktivitas apakah yang dominan berlangsung di sekitar tempat tinggalmu, apakah permukiman, industri, pertanian, atau yang lainnya?

..................................................................................................................................................

..................................................................................................................................................

................................................................................................................................................

 

    Bandingkanlah dengan keadaan bentuk muka bumi di daerah lainnya yang berbeda dengan keadaan bentuk muka bumi di sekitar tempat tinggalmu!

..................................................................................................................................................

..................................................................................................................................................

................................................................................................................................................

 

    Apakah  terdapat  perbedaan  aktivitas  penduduknya?  Amati  dan  diskusikanlah dengan teman dan guru kamu. Secara umum, setiap bentuk muka bumi menunjukkan pola aktivitas penduduk yang berbeda antara satu daerah dan daerah lainnya.

..................................................................................................................................................

..................................................................................................................................................

................................................................................................................................................

 

Wilayah Indonesia dilihat dari bentang alamnya dapat dibagi menjadi tiga bagian, yaitu dataran barat, dataran timur yang dangkal, dan cekungan tanah  yang dalam. Adapun dilihat dari bentuk muka buminya (relief), maka wilayah Indonesia dapat diklasifikasikan menjadi tiga sebagai berikut:

  1. 1. Relief Indonesia Barat

Daerah ini biasa dinamakan dengan Paparan Sunda yang meliputi Sumatra, Kalimantan, Jawa, Laut Cina Selatan, Selat Karimata, dan Selat Malaka. Wilayah lautannya termasuk lautan yang dangkal dibandingkan dengan wilayah lainnya.

  1. 2. Relief Indonesia Tengah

Daerah ini biasa disebut dengan wilayah peralihan yang meliputi wilayah Sulawesi, Maluku, dan Nusa Tenggara, lautannya termasuk lautan yang dalam.

  1. 3. Relief Indonesia Timur

Daerah ini biasa disebut dengan Paparan Sahul yang meliputi daerah Pulau Halmahera, Irian Jaya, dan Laut Arafuru. Dilihat secara fisik, wilayah ini memiliki kesamaan dengan Australia.

  1. a. Dataran Rendah

Dataran rendah adalah bagian dari permukaan bumi dengan letak ketinggian

0-200 m di atas permukaan air laut (dpal). Di daerah dataran rendah, aktivitas yang dominan adalah aktivitas permukiman dan pertanian. Di Pulau Jawa, penduduk memanfaatkan lahan dataran rendah untuk menanam padi sehingga Jawa menjadi sentra penghasil padi terbesar di Indonesia. Ada beberapa alasan terjadinya aktivitas pertanian dan permukiman di daerah dataran rendah, yaitu seperti berikut.

1)    Di daerah dataran rendah, penduduk mudah melakukan pergerakan atau mobilitas dari satu tempat ke tempat lainnya.

2)   Di daerah dataran, banyak dijumpai lahan subur karena biasanya berupa

tanah aluvial atau hasil endapan sungai yang subur.

3)    Dataran  rendah  dekat  dengan  pantai  sehingga  banyak  penduduk  yang bekerja sebagai nelayan.

4)   Memudahkan penduduk untuk berhubungan dengan dunia luar melalui jalur laut

  1. Gunung dan Pegunungan

Gunung adalah bagian dari permukaan bumi yang menjulang lebih tinggi dibandingkan dengan daerah sekitarnya. Biasanya bagian yang menjulang tinggi tersebut dalam bentuk puncak-puncak gunung dengan ketinggian 600 meter dpal. Pegunungan adalah bagian dari daratan yang merupakan kawasan yang terdiri atas deretan gunung-gunung dengan ketinggian  lebih dari 600 meter dpal. Indonesia memiliki banyak gunung dan pegunungan. Sebagian dari gunung tersebut merupakan gunung berapi. Keberadaan gunung berapi tidak hanya menimbulkan bencana, tetapi juga membawa manfaat bagi wilayah sekitarnya. Material yang dikeluarkan oleh gunung berapi memberikan kesuburan bagi wilayah di sekitarnya. Hal itu menjadi salah satu alasan bagi banyak penduduk untuk tinggal di wilayah sekitar gunung berapi karena lahan tersebut sangat subur untuk kegiatan pertanian.

 

 

Aktivitas Individu

 

Indonesia sejak dulu sudah dikenal sebagai negara agraris. Namun demikian, ada kecenderungan generasi muda tidak ingin menjadi petani. Menurut kamu, apa yang harus dilakukan agar masyarakat dapat menghargai pekerjaan sebagai petani hingga dapat meningkatkan kemakmuran masyarakat ?

 

 

 

No

Ide atau gagasanmu agar masyarakat menghargai pekerjaan sebagai

Petani

1

 

2

 

3

 

4

 

5

 

 

 

 

  1. DAERAH PANTAI

Pantai merupakan bagian dari dataran rendah yang berbatasan dengan laut. Di daerah pantai, ancaman bencana yang mengancam penduduk adalah tsunami. Apa yang sebaiknya dilakukan untuk menghindari bahaya tsunami? Kamu sebaiknya menyiapkan diri terhadap kemungkinan terjadinya tsunami dengan memperhatikan hal-hal berikut ini.

    Jika kamu tinggal di daerah pantai dan merasakan adanya gempa kuat yang disertai dengan suara ledakan di laut, sebaiknya kamu bersiap-siap untuk menghadapi kemungkinan terjadinya tsunami. Segera tinggalkan daratan pantai tempat kamu tinggal jika gempa kuat terjadi.

    Jika kamu melihat air pantai mendadak surut sehingga dasar laut tampak jelas, segera jauhi pantai karena  hal itu merupakan  peringatan  alam bahwa akan terjadi tsunami.

    Tanda-tanda alam lainnya kadang terjadi seperti banyaknya ikan di pantai dan tiba-tiba banyak terdapat burung.

    Seringkali gelombang tsunami yang kecil disusul oleh gelombang raksasa di belakangnya. Oleh karena itu, kamu harus waspada.

    Lembaga  pemerintah  yang  berwenang  biasanya  selalu  memantau kemungkinan terjadinya tsunami. Oleh karena itu, jika belum ada pernyataan “keadaan aman”, kamu sebaiknya tetap menjauhi pantai

 

Potensi bencana yang juga mengancam daerah pantai adalah gempa. Sebenarnya tidak semua wilayah pantai di Indonesia berpotensi gempa. Pantai barat Sumatra, pantai selatan Jawa sampai Nusa Tenggara berpotensi gempa. Pantai di Pulau Kalimantan relatif aman dari gempa karena jauh dari pusat gempa. Wilayah lainnya adalah Sulawesi, Maluku, Papua, dan sejumlah pulau lainnya. Ancaman gempa juga dapat terjadi di daerah perbukitan dan pegunungan.

 

Renungkan:

Selain kaya akan sumber daya alam, Indonesia juga sering mengalami bencana alam, baik berupa tsunami, gempa bumi, longsor, banjir, letusan gunung berapi, dan lain-lain. Berbagai bencana alam tersebut seringkali  menimbulkan korban jiwa, kerusakan dan kerugian harta benda, terputusnya jalur transportasi dan komunikasi, dan lain-lain.

Kemampuan pemerintah sangat terbatas untuk membantu mereka yang terkena bencana alam. Oleh karena itu, kepedulian dari masyarakat terhadap sesama manusia yang sedang terkena bencana alam sangat diperlukan untuk mengurangi

penderitaan mereka. Sudahkah kamu ikut membantu korban bencana alam? Jika ya, dalam bentuk apakah bantuan tersebut diberikan ?

 

 

  1. Bukit dan Perbukitan

 

Bukit adalah bagian dari permukaan bumi yang lebih tinggi dibandingkan dengan daerah sekitarnya dengan ketinggian kurang dari 600 m dpal (di atas permukaan air laut). Bukit tidak tampak curam seperti halnya gunung. Perbukitan berarti kumpulan dari sejumlah bukit pada suatu wilayah tertentu.

Di daerah perbukitan, aktivitas permukiman tidak seperti di dataran rendah. Permukiman tersebar pada daerah-daerah tertentu atau membentuk kelompok- kelompok kecil. Penduduk memanfaatkan lahan datar yang luasnya terbatas di antara perbukitan. Permukiman umumnya dibangun di kaki atau lembah perbukitan karena biasanya di tempat tersebut ditemukan sumber air berupa mata air atau sungai.

Aktivitas ekonomi, khususnya pertanian, dilakukan dengan memanfaatkan lahan-lahan dengan kemiringan lereng tertentu. Untuk memudahkan penanaman, penduduk menggunakan teknik sengkedan dengan memotong bagian lereng tertentu agar menjadi datar. Teknik ini kemudian juga bermanfaat mengurangi erosi atau pengikisan oleh air. Coba kamu amati gambar di bawah ini. Di daerah perbukitan, pada umumnya aktivitas pertanian adalah pertanian lahan    kering.    Pertanian lahan kering merupakan pertanian yang dilakukan di wilayah yang pasokan airnya terbatas atau hanya mengandalkan air hujan. Istilah pertanian lahan kering sama dengan ladang atau huma yang dilakukan secara menetap maupun berpindah-pindah seperti     di     Kalimantan. Tanaman yang ditanam umumnya adalah umbi-umbian atau palawija dan tanaman tahunan (kayu dan buah-buahan). Pada bagian lereng yang masih landai dan lembah perbukitan, sebagian penduduk juga memanfaatkan lahannya untuk tanaman padi

 

Jenis Tanaman

Jenis Makanan

 

 

 

 

 

 

 

Jagung

Kacang Tanah Ketela Pohon ubi

 

 

Aktivitas ekonomi di daerah perbukitan sulit berkembang menjadi sebuah pusat perekonomian. Di daerah perbukitan, mobilitas manusia tidak semudah di daerah dataran rendah sehingga pemusatan permukiman dan industri relatif terbatas. Meskipun demikian, daerah perbukitan dapat dikembangkan menjadi daerah pariwisata karena panorama alamnya yang indah dan suhu udaranya yang sejuk. Aktivitas pariwisata yang dapat dikembangkan antara lain wisata alam yang tujuannya menikmati pemandangan daerah perbukitan yang indah.

 

Aktivitas Individu

Coba tuliskan beberapa jenis makanan yang dibuat dari beberapa jenis tanaman di daerah perbukitan   yang kamu ketahui di daerahmu

 

  1. Dataran Tinggi

Dataran tinggi adalah adalah daerah datar yang memiliki ketinggian lebih dari

400 meter dpal. Daerah ini memungkinkan mobilitas penduduk berlangsung lancar seperti halnya di dataran rendah. Oleh karena itu, beberapa dataran tinggi di Indonesia berkembang menjadi pemusatan ekonomi penduduk, contohnya Dataran Tinggi Bandung.

Aktivitas Kelompok

 

 

  1. a) Kamu telah  belajar  berbagai  aktivitas penduduk pada berbagai bentuk muka bumi yang berbeda. Selanjutnya, lakukan pengamatan aktivitas penduduk di sekitar tempat tinggalmu. Bandingkan dengan teman-temanmu yang tinggal di

wilayah yang berbeda.

 

 

Bentuk Muka

Bumi

Aktivitas Penduduk

Jenis Komoditas Yang

Dihasilkan

Pegunungan

 

 

Perbukitan

 

 

Dataran Rendah

 

 

Pantai

 

 

 

  1. b) Perhatikanlah sebaran gunung dan gunung berapi di Indonesia pada peta atau atlas! Perhatikan juga sebarannya pada peta sebaran gunung berapi di ata Berdasarkan peta-peta tersebut, isilah tabel di bawah ini!

 

 

 

 

No

 

 

Nama

Gunung

 

 

Nama Provinsi

Status (Gunung

berapi atau bukan gunung berapi)

Ketinggian

* (meter)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

*) Data ketinggian gunung dapat dilihat pada peta atau atlas

Aktivitas Individu

 

 

 

Adakah gunung atau gunung berapi di sekitar tempat tinggalmu? Gunung dan gunung berapi apa saja yang ada di kabupaten tempat tinggalmu? Jika tidak ada di kabupaten tempat kamu tinggal, adakah gunung di provinsi atau pulau tempat kamu tinggal? Carilah informasi tentang gunung yang ada di wilayah kamu tinggal! Buatlah tulisan tentang gunung tersebut, misalnya cerita letusannya dan aktivitas ekonomi masyarakat yang tinggal di sekitar gunung tersebut. Cari pula informasi tentang keadaan alam (kesuburan tanah, iklim, bentuk muka bumi), hasil bumi, dan tradisi serta seni budaya yang berkembang pada masyarakat sekitar gunung.

 

Penduduk yang tinggal di gunung atau pegunungan memanfaatkan lahan yang terbatas untuk pertanian. Lahan-lahan  dengan  kemiringan  yang cukup  besar masih dimanfaatkan penduduk. Komoditas yang dikembangkan biasanya adalah sayuran dan buah-buahan. Sebagian penduduk memanfaatkan lahan yang miring dengan menanam beberapa jenis kayu untuk dijual. Seperti halnya di daerah perbukitan, aktivitas permukiman sulit dilakukan secara luas. Hanya pada bagian tertentu saja yang relatif datar dimanfaatkan untuk permukiman. Permukiman dibangun di daerah yang dekat dengan sumber air, terutama di lereng bawah atau di kaki gunung. Selain pertanian, aktvitas lainnya yang berkembang adalah pariwisata. Pemandangan alam yang indah dan udaranya yang sejuk menjadi daya tarik wisata.

Keragaman bentuk muka bumi ternyata diikuti pula oleh keragaman aktivitas penduduk dan komoditas yang dihasilkannya. Daerah pegunungan dan perbukitan pada umumnya menghasilkan produk-produk pertanian berupa sayuran, buah- buahan, dan palawija. Daerah ini memasok kebutuhan penduduk di daerah dataran yang umumnya merupakan pusat-pusat permukiman penduduk. Sebaliknya, daerah dataran menghasilkan banyak produk industri yang dikonsumsi oleh daerah lainnya. Mobilitas penduduk dan barang terjadi di antara daerah-daerah tersebut karena perbedaan aktivitas penduduk dan  komoditas yang dihasilkannya.

Potensi bencana alam di daerah pegunungan adalah longsor dan letusan gunung berapi. Tanda-tanda longsor dan upaya untuk menghindarinya telah dijelaskan pada bagian sebelumnya.

 

 

Aktivitas Kelompok

Setelah kamu mempelajari bentuk muka bumi, lakukan pengamatan dan wawancara tentang keadaan alam dan aktivitas ekonomi di daerahmu!

 

 

 

  1. 1. Perhatikanlah daerah di sekitar tempat tinggalmu! Deskripsikanlah keadaan alam di sekitar tempat tinggalmu. Tanyakan pada orang di sekitarmu, mengapa tempat tinggalmu menjadi tempat permukiman ?

 

No

Faktor Pendukung

 

 

 

 

 

 

 

  1. 2. Tulislah faktor  penghambat  yang  dihadapi  untuk  melaksanakan  berbagai aktivitas ekonomi yang dominan berkembang di daerah tempat tinggalmu.

 

No

Faktor Penghambat

 

 

 

 

 

 

 

 

 

UJI KOMPETENSI

 

 

 

1. Tuliskan macam-macam bentuk keragaman muka bumi !

2. Jelaskan perbedan aktivitas penduduk dilihat dari bentuk keragaman muka bumi !

3. Jelaskan bencana yang bisa terjadi di dataran tinggi !

4. Apa faktor penyebab dari perubahan bentuk muka bumi !

5. Berikan  salah  satu  contoh  flora  yang  dapat  tumbuh  di  dataran  tinggi  !  berikan penjelasan kalain faktor-faktor penyebabnya !

 

 

AKTIVITAS INDIVIDU

Dampak Positif dan negatif  adanya gunung berapi di Indonesia

NO

Dampak Positif adanya gunung berapi

Dampak Negatif adanya

Gunung berapi

Alternatif pemecahan

masalah

1

 

......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

 

......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

 

........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

2

Catatan hasil diskusi.

....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

 

Persebaran Gunung Berapi di Indonesia

 

 

 

 

 

 

            

Nama Gunung

Letak di propinsi

Status gunung ( berapi / bukan )

1

 

 

 

2

 

 

 

3

 

 

 

4

 

 

 

5

 

 

 

6

 

 

 

7

 

 

 

8

 

 

 

9

 

 

 

10

 

 

 

11

 

 

 

12

 

 

 

 

UJI KOMPETENSI

 

No

 

Butir Soal

 

Jawaban

1

Sebutkan tiga lempeng benua yang ada di Indonesia !

 

2

Di daerah mana saja keberadaan lempeng benua tersebut !

 

 

 

3

Apa yang kamu ketahui tentang gempa vulkanik dan gempa tektonik  !

 

4

Apa yang kamu ketahui tentang tsunami !

 

5

Apa keuntungan dan kerugian Indonesia dengan banyaknya gunung api !

 

 

 

 

                                                    

 

UJI KOMPETENSI

 

No

 

Butir Soal

 

Jawaban

1

Jelaskan yang dimaksud dengan sirkum mediterania !

 

2

Jelaskan yang dimaksud dengan sirkum pasipik !

 

 

 

3

Jelaskan yang dikamsud dengan gempa tektonik !

 

4

Jelaskan yang dimaksud dengan tsunami !

 

5

Kapan gunung api Krakatau meletus! Ceritakan dampak yang terjadi ?

 

 

UJI KOMPETENSI :

 

No

 

Butir Soal

 

Jawaban

1

Sebutkan salah satu pendapat para ahli tentang iklim !

 

 

 

 

2

Apa pendapat I Made Shandy tentang iklim di Indonesia !

 

 

 

 

 

3

Apa pengaruh angin muson terhadap iklim di Indonesia !

 

 

 

 

4

Jelaskan keuntungan bagi Indonesia karena beriklim tropis !

 

 

 

 

5

Jelaskan dampak angin baratan bagi kehidupan nelayan !

 

 

 

 

 

 

 

 

                                                                                        

  1. Keragaman  Flora     dan     Fauna Indonesia

Indonesia memiliki keragaman flora dan fauna (keanekaragaman hayati) yang sangat besar. Bahkan, keanekaragaman hayati Indonesia termasuk tiga besar di dunia bersama-sama dengan Brazil di Amerika Selatan dan Zaire di Afrika. Berdasarkan data dari Departemen Kehutanan dan Perkebunan,

  1. Persebaran Flora (dunia tumbuhan) di Indonesia

Tumbuh-tumbuhan yang hidup di suatu tempat ada yang tumbuh secara alami dan ada juga yang dibudidayakan oleh manusia. Flora ataua dunia tumbuhan di berbagai tempat di dunia pasti berbeda-beda,hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain sebagai berikut : 

  • Iklim
  • Jenis tanah
  • Relief atau tinggi rendah permukaan bumi
  • Biotik (pengaruh makhluk hidup).

Adanya faktor-faktor tesebut, Indonesia memeliki keanekara- gaman jenis tumbuh-tumbuhan. Iklim memiliki pengaruh yang sangat besar terutama suhu udara dan curah hujan. Daerah yang curah hujannya tinggi memiliki hutan yang lebat dan jenis tanaman lebih bervariasi, misalnya: di Pulau Sumatera dan Kalimantan. Sedangkan daerah yang curah hujannya relatif kurang tidak memiliki hutan yang lebat seperti di Nusa Tenggara. Daerah ini banyak di tumbuhi semak belukar dengan padang rumput yang luas.

Suhu udara juga mempengaruhi tanaman yang dapat hidup di suatu tempat. Junghuhn telah membuat zonasi (pembatasan wilayah) tumbuh- tumbuhan di Indonesia sebagai berikut :

  • Daerah panas (0 – 650 meter), tumbuhan yang cocok di daerah ini adalah kelapa, padi, jagung, tebu, karet.
  • Daerah sedang ( 650 – 1500 meter), tumbuhan yang cocok di daerah ini adalah kopi, tembakau, teh, sayuran.
  • Daerah sejuk ( 1500 – 2500 meter), tumbuhan yang cocok di daerah ini adalah teh, sayuran, kina, pinus.
  • Daerah dingin (di atas 2500 meter) tidak ada tanaman budidaya

Flora di Indonesia ternyata dapat dibedakan menjadi dua kelompok besar, yaitu Indo-Malayan dan Indo-Australian. Kelompok Indo-Malayan meliputi kawasan Indonesia Barat. Pulau-pulau yang masuk ke dalam kelompok ini adalah Sumatra, Kalimantan, Jawa, dan Bali. Kelompok Indo-Australian meliputi tumbuhan yang ada kawasan Indonesia Timur. Pulau-pulau yang termasuk dalam kawasan ini adalah Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua. Perbandingan karakteristik  flora yang ada di Indonesia Barat dan Indonesia Timur adalah sebagai berikut.

Beberapa jenis flora di Indonesia yang dipengaruhi oleh iklim antara lain sebagai berikut :

  • Hutan Musim, terdapat di daerah Indonesia yang memiliki suhu udara tinggi dan memiliki perbedaan kondisi tumbuhan di musim hujan dan musim kemarau. Pada musim kemarau pohonnya akan meranggas dan pada musim hujan akan tumbuh hijau kembali. Contoh hutan musim ialah hutan jati dan kapuk randu. Hutan musim banyak terdapat di Jawa Tengah dan Jawa Timur.
  • Hutan Hujan Tropis, terdapat di daerah yang curah hujannya tinggi. Indonesia beriklim tropis dan dilalui garis khatulistiwa sehingga Indonesia banyak memperoleh sinar matahari sepanjang tahun, curah hujan tinggi dan temperatur udara tinggi. Di Indonesia hutan hujan tropis terdapat di Pulau Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Papua.
  • Sabana, terdapat di daerah yang curah hujannya sedikit. Sabana berupa padang rumput yang diselingi pepohonan yang bergerombol. Sabana terdapat di Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur
  • Steppa, adalah padang rumput yang sangat luas. Stepa terdapat di daerah yang curah hujannya sangat sedikit atau rendah. Stepa terda- dapat di Nusa Tenggara Timur, baik untuk peternakan.
  • Hutan Bakau atau Mangrove, adalah hutan yang tumbuh di pantai yang berlumpur. Hutan bakau banyak terdapat di pantai Papua, Sumatera bagian timur, Kalimantan Barat dan Kalimantan Selatan.

Berbagai jenis flora tersebut telah dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan manusia, baik sebagai bahan furniture, bahan bangunan, bahan makanan, dan lain-lain. Sebagai contoh, rotan banyak dimanfaatkan sebagai bahan utama pembuatan kursi, meja, dan perabotan rumah tangga lainnya. Berbagai jenis kerajinan dihasilkan dengan memanfaatkan bahan dari rotan. Sentra penghasil produk kerajinan tersebut banyak berkembang di daerah-daerah tertentu, misalnya di Cirebon dan daerah lainnya di Pulau Jawa.

Flora di Indonesia ternyata dapat dibedakan menjadi dua kelompok besar, yaitu Indo-Malayan dan Indo-Australian. Kelompok Indo-Malayan meliputi kawasan Indonesia Barat. Pulau-pulau yang masuk ke dalam kelompok ini adalah Sumatra,

Kalimantan, Jawa, dan Bali. Kelompok Indo-Australian meliputi tumbuhan yang ada kawasan Indonesia Timur.

Pulau-pulau yang termasuk dalam kawasan ini adalah Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua. Perbandingan karakteristik flora yang ada di Indonesia Barat dan Indonesia Timur adalah sebagai berikut.

 

Tabel         Karakteristik Flora yang Ada di Indonesia Barat dan Indonesia Timur

 

Indonesia Barat

Indonesia Timur

Jenis meranti-merantian sangat banyak

Hanya  sedikit

Terdapat berbagai jenis rotan

Tidak terdapat

Tidak terdapat hutan kayu putih

Terdapat

Jenis tumbuhan matoa sedikit

Terdapat, khususnya Papua

Jenis tumbuhan sagu sedikit

Banyak terdapat

Terdapat berbagai jenis nangka

Tidak terdapat

 

Berbagai jenis flora tersebut telah dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan manusia, baik sebagai bahan furniture, bahan bangunan, bahan makanan, dan lain-lain. Sebagai contoh, rotan banyak dimanfaatkan sebagai bahan utama pembuatan kursi, meja, dan perabotan rumah tangga lainnya. Berbagai jenis kerajinan dihasilkan dengan memanfaatkan bahan dari rotan. Sentra penghasil produk kerajinan tersebut banyak berkembang di daerah-daerah tertentu, misalnya di Cirebon dan daerah lainnya di Pulau Jawa.

 

Aktivitas Kelompok

 

No

Nama Tanaman

Pemanfaatan

Kondisi

1

Jati

Bahan bangunan, furniture

Langka

2

 

 

 

3

 

 

 

4

 

 

 

5

 

 

 

 

  1. 1. Carilah informasi tentang flora yang banyak ditemukan di provinsi atau kabupaten/kota tempat tinggalmu! Kelompokkanlah berdasarkan pemanfaatannya saat ini

 

  1. 3. Adakah flora  khas  atau  lokal  yang  ada   di  daerahmu?   Jika   ada, dimanfaatkan untuk apa saja oleh penduduk saat ini

 

 

No

Jenis Flora Khas atau Lokal

Pemanfaatan saat ini

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

UJI KOMPETENSI:                                                                                            

 

No

 

Butir Soal

 

Jawaban

1

Jelaskan apa yang dimaksud dengan flora !

 

2

Sebutkan factor apa saja yang menyebabkan jenis flora berbeda-beda di dunia !

 

 

3

Jelaskan apa yang dimaksud dengan stepa dan sabana  !

 

4

Jelaskan kenapa wilayah Nusa Tenggara lebih cocok untuk daerah peternakan !

 

5

Jelaskan pembagian flora di Indonesia !

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

AKTIVITAS INDIVIDU :                                     

  1. Karakteristik flora yang ada di Indonesia !

Karakteristik

Flora Indonesia Bagian Barat

Karakteristik Flora

Indonesia Bagian Tengah

Karakteristik

Indonesia Bagian Timur

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

                                                     

  1. Manfaat flora bagi manusia !

No

Manfaat Flora Bagi Manusia

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

                                               

  1. b. Keragaman Fauna Indonesia

 

Fauna Indonesia dapat dikelompokkan menjadi tiga corak yang berbeda, yaitu fauna bagian barat, tengah, dan timur. Garis yang memisahkan fauna Indonesia bagian Barat dan Tengah dinamakan garis Wallace, sedangkan garis yang memisahkan fauna Indonesia bagian Tengah dan Timur dinamakan Garis Weber. Fauna bagian barat memiliki ciri atau tipe seperti halnya fauna Asia sehingga disebut tipe Asiatis (Asiatic). Fauna bagian timur memiliki ciri atau tipe yang mirip dengan fauna yang hidup di Benua Australia sehingga disebut tipe Australis (Australis) Fauna bagian tengah merupakan fauna peralihan yang ciri atau tipenya berbeda dengan fauna Asiatis maupun Australis. Faunanya memiliki ciri tersendiri yang tidak ditemukan di tempat lainnya di Indonesia. Fauna tipe ini disebut fauna endemis. flora dan fauna yang mirip dengan flora dan fauna Asia. Bagian timur memiliki ciri flora dan fauna yang mirip dengan Australia. Garis yang memisahkan dua bagian flora dan fauna di Indonesia tersebut dikenal dengan nama garis Wallace.

1).  Fauna Indonesia Bagian Barat

Fauna Indonesia bagian Barat atau tipe asiatis mencakup wilayah Sumatra, Jawa, Bali, dan Kalimantan. Mamalia berukuran besar banyak ditemui di wilayah ini seperti gajah, macan, tapir, badak bercula satu, banteng, kerbau, rusa, babi hutan, orang utan, monyet, bekantan, dan lain-lain. Berbagai jenis burung yang dapat ditemui di antaranya burung hantu, gagak, jalak, elang, merak, kutilang, dan berbagai macam unggas. Berbagai macam ikan air tawar seperti pesut (sejenis lumba-lumba di Sungai Mahakam) dapat ditemui di wilayah ini.

 

2).  Fauna Indonesia Tengah atau Tipe PeralihanFauna Indonesia Tengah merupakan tipe peralihan atau Austral Asiatic. Wilayah fauna Indonesia Tengah disebut pula wilayah fauna kepulauan Wallace, mencakup Sulawesi, Maluku, Timor, dan Nusa Tenggara serta sejumlah pulau kecil di sekitar pulau-pulau tersebut. Fauna yang menghuni wilayah ini antara lain babi rusa, anoa, ikan duyung, kuskus, monyet hitam, kuda, sapi, monyet saba, beruang, tarsius, sapi, dan banteng. Selain itu terdapat pula reptil, amfibi, dan berbagai jenis burung. Reptil yang terdapat di daerah ini di antaranya biawak, komodo, buaya, dan ular. Berbagai macam burung yang terdapat di wilayah ini di antaranya maleo, burung dewata, mandar, raja udang, rangkong, dan kakatua nuri. Berikut ini gambar contoh fauna

Indonesia bagian Tengah.

3).  Fauna Indonesia Bagian Timur

Fauna Indonesia bagian Timur atau disebut tipe australic tersebar di wilayah Papua, Halmahera, dan Kepulauan Aru. Fauna berupa mamalia yang menghuni wilayah ini antara lain kangguru, beruang, walabi, landak irian (nokdiak), kuskus, pemanjat berkantung (oposum layang), kangguru pohon, dan kelelawar. Di wilayah ini, tidak ditemukan kera

Di samping mamalia tersebut, terdapat pula reptil seperti biawak, buaya, ular, kadal. Berbagai jenis burung ditemui di wilayah ini di antaranya burung cenderawasih, nuri, raja udang, kasuari, dan namudur. Jenis ikan air tawar yang ada di relatif sedikit.

 

 

Aktivitas Kelompok

 

Setelah kamu memahami sebaran fauna yang ada di Indonesia, identifikasi jenis fauna yang dapat kamu temukan di daerah sekitarmu

 

 

No

Jenis Fauna

Asal Kelompok Fauna

1

 

Indonesia bagian Barat

2

 

 

 

Indonesia bagian Tengah

3

 

Indonesia bagian Timur

 

Berdasarkan jenis fauna yang ada di daerah tempat tinggalmu, tentukanlah fauna yang termasuk fauna yang dilindungi.

 

No

Jenis Fauna

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Bagaimana   sikapmu   terhadap   masyarakat   yang   memelihara   fauna   yang dilindungi? Kemukakanlah alasanmu !

 

Sikap

Alasan

 

 

 

Bagaimanakah keadaan flora dan fauna pada masa Praaksara di Indonesia? Para arkeolog berhasil menemukan sejumlah fosil jenis tumbuhan Praaksara, antara lain pohon jeruk, pohon  salam, dan  pohon  rasamala. Selain  itu, ada tumbuh-tumbuhan yang boleh dimakan seperti jenis umbi-umbian, buah-buahan, dan sayuran. Tumbuh-tumbuhan tersebut tumbuh liar di hutan.

Fosil-fosil hewan yang ditemukan pada umumnya merupakan hasil evolusi dari hewan-hewan masa sebelumnya. Kondisi hewan pada zaman. Praaksara pada dasarnya tidak banyak berbeda dengan kondisi saat ini. Hewan-hewan masa Praaksara antara lain kera, gajah, kerbau liar, badak, banteng, kancil, babi rusa, monyet berekor, hewan pemakan serangga, trenggiling, dan hewan pengerat. Sebagian dari hewan-hewan tersebut ada yang menjadi hewan buruan manusia Praaksara. Sebagian hewan punah karena ditangkap dan dimakan oleh manusia. Sebagian hewan lainnya masih hidup karena kemampuannya membebaskan dari berbagai gangguan serta dapat menyesuaikan diri dengan keadaan lingkungannya.

 

UJI KOMPETENSI :

 

No

 

Butir Soal

 

Jawaban

1

Jelaskan faktor yang mempengaruhi persebaran flora dan fauna !

 

 

 

2

Jelaskan perbedaan fauna Indonesia bagian Barat dengan fauna bagian Tengah !

 

 

3

Tuliskan ciri-ciri fauna Indonesia bagian Timur !

 

 

4

Berikan contoh fauna yang hidup di Indonesia bagian Tengah !

 

 

5

Mengapa fauna di Indonesia di bagi atas tiga wilayah ?

 

 

6

Sebutkan macam-macam tipe fauna asiatis !

 

7

Sebutkan macam-macam tipe fauna ausustralis!

 

 

8

Sebutkan macam-macam tipe fauna asia-australis (peralihan) !

 

9

Jelaskan kenapa terjadi pembagian macam-macam tipe fauna yang ada di Indonesia !

 

10

Sebutkan jenis fauna Indonesia yang dilindungi  !

 

 

 

 

 

AKTIVITAS INDIVIDU:                                      

  1. Karakteristik Fauna yang ada di Indonesia !

Karakteristik

Fauna Asiatis

Karakteristik

Fauna Australis

Karakteristik

Fauna Asiatis-Australis

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Jenis hewan yang di lindungi oleh undang-undang !

No

Nama Hewan

Asal Daerah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

     

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

AKTIVITAS 1. 15

                                                                                                           

 

 

  1. Perubahan Akibat Interaksi Antarruang

Interaksi antarruang dapat terjadi dalam berbagai bentuk, seperti pergerakan orang, barang, gagasan dan informasi. Semua pergerakan tersebut menimbulkan perubahan, baik bagi daerah tujuan maupun daerahasal.. Berbagai perubahan akibat interaksi keruangan yaitu sebagai berikut.

  1. Pusat-Pusat Pertumbuhan, Pergerakan orang, barang dan jasa pada suatu lokasi tertentu akanmenimbulkan pemusatan aktivitas mausia pada lokasi tujuan. Pemusatan aktivitas penduduk tersebut kemudian membentuk daerah perkotaan. Daerah perkotaan merupakan pusat pertumbuhan suatu wilayah karena sebagian besar aktivitas terkonsentrasi di wilayah perkotaan.
  2. Perubahan Penggunaan Lahan, Aktivitas penduduk yang terus meningkat pada akhirnya akan memerlukan lahan untuk menampung aktivitas tersebut. Semakin banyak penduduk yang datang pada suatu kota akan disertai dengan kebutuhan tempat tinggal. Akibatnya terjadi alih fungsi lahan dari lahan pertanian menjadi permukiman. Hal yang sama juga terjadi pada industri, perdagangan, jasa, dan lainnya yang memerlukan lahan untuk menampung aktivitasnya. Dengan demikian, terjadi perubahan penggunaan lahan dari pertanian ke non pertanian (permukiman, industri, perdagangan, jasa, dan lainnya).
  3. Perubahan Orientasi Mata Pencaharian, Interaksi spasial umumnya terjadi karena adanya kepentingan ekonomi,khususnya berkaitan dengan pekerjaan. Daerah yang menjadi tujuan pergerakan penduduk akan dihuni oleh mereka yang memiliki pekerjaan yang beragam. Jenis pekerjaan juga berkembang karena adanya kebutuhan akanbarang dan jasa yang semakin beragam. Orientasi pekerjaan berubah dari yang tadinya berorientasi pada sumber daya alam, khususnya petani, menjadi pekerjaan lainnya.
  4. Berkembangnya Sarana dan Prasarana, Terjadinya pergerakan orang, barang, dan informasi memerlukan saranadan prasarana. Pembangunan sarana dan prasarana akan semakin meningkat dengan meningkatnya pergerakan tersebut. Kendaraan, jalan, fasilitas umum, pusat-pusat perdagangan, dan lain-lain terus bertambah dengan semakin meningkatnya interaksi keruangan.
  5. Adanya Perubahan Sosial dan Budaya, Adanya pergerakan penduduk dari satu tempat ke tempat lainnya akandisertai dengan interaksi sosial. Terjadinya insteraksi antaranggota masyarakat tersebut akan disertai pula dengan saling pengaruh, terkait dengan norma dan nilai yang dianut oleh masing-masing individu atau kelompok masyarakat. Kelompok masyarakat pendatang dan penduduk asli saja memiliki nilai dan norma yang berbeda. Perubahan sosial juga menyangkut perubahan status sosial. Berkembangnya suatu wilayah karena adanya interaksi spasial akanmemengaruhi status sosial masyarakatnya. Perubahan juga dapat terjadi pada aspek budaya karena penduduk pendatang dan penduduk asli dapat memiliki budaya yang berbeda. Perubahan sosial dan budaya pada saat ini tidak lagi hanya karena adanya pergerakan penduduk, tetapi juga karena adanya aliran informasi dari suatudaerah dengan daerah lainnya, bahkan antarnegara atau benua yang jaraknya sangat jauh sekali. Contohnya, gaya busana aktor atau aktris di Amerika kemudian ditiru oleh penduduk Indonesia.
  6. Berubahnya Komposisi Penduduk, Interaksi keruangan dalam bentuk pergerakan orang akan menimbulkankonsentrasi penduduk dalam suatu wilayah. Penduduk tersebut memiliki latar belakang yang berbeda-beda, misalnya agama, status sosial, usia, jenis kelamin, mata pencaharian, etnik atau suku bangsa, dan lain-lain. Akibatnya komposisi penduduk berubah dari yang awalnya relatif seragam, misalnya sebagian besar etnik Sunda, kemudian.

 

UJI KOMPETENSI :

 

 

No

 

Butir Soal

 

Jawaban

1

Sebutkan interaksi manusia dengan lingkungan !

 

 

 

2

Bagaimana cara masyarakat tradisional melakukan interaksi dengan lingkungan social !

 

3

Bagaimana cara masyarakat modern melakukan interaksi dengan lingkungan social !

 

4

Bagaimana perubahan perilaku manusia dalam melakukan interaksi dengan lingkungan ?

 

 

 

 

 

                                              

  1. Coba anda buat contoh tentang perubahan akibat interaksi antarruang !

 

No

Masyarakat Tradisional

Masyarakat Modern

              Penjelasan

1

Petani tradisional masih menggunakan hewan untuk membajak sawahnya

Paetani modern telah menggunakan alat traktor tangan untu membajak swahnya

Karena langkanya hewan akibat konsumtif manusia dan lambatnya bekera maka petani menggunakan mesin untuk memudahkannya membajak sawah

2

.............................................

.................................................

.................................................

3

.............................................

.................................................

.................................................

4

.............................................

.................................................

.................................................

5

.............................................

.................................................

.................................................

6

.............................................

.................................................

.................................................

7

.............................................

.................................................

.................................................

8

.............................................

.................................................

.................................................

9

.............................................

.................................................

.................................................

10

.............................................

.................................................

.................................................

 

 

 

 

 

 

GAMBAR ARAH ANGIN

GAMBAR ARAH ANGIN

   

PENJELASAN :

PENJELASAN :

 

  1. Jelaskan gambar pergerakan angin di bawah ini

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB. II

                      INTERAKSI SOSIAL DAN LEMBAGA SOSIAL

 

                                                                        AKTIVITAS 2 : 1                  

 

  1. Pengertian Interaksi Sosial

Salah satu ciri manusia adalah selalu hidup bersama manusia lainnya. Kehidupan manusia sejak lahir di dunia sampai akhir hayat dikandung badan, terlibat di dalam interaksi sosial. Pada saat masih bayi terlibat interaksi terutama dengan ibu atau pengasuhnya. Setelah besar terlibat interaksi dengan tetangga, teman-teman sepermainan, dan teman-teman sekolah. Setelah dewasa terlibat interaksi dengan teman-teman seprofesi dan seterusnya. Sangat sulit menemukan manusia yang menyendiri tanpa melakukan interaksi dengan manusia lain.Pada dasarnya manusia selalu ingin berkumpul dengan manusia lain, selalu ingin bertemu, berbicara atau ingin melakukan kegiatan-kegiatan lain dengan manusia.  Melalui pergaulannya di masyarakat, manusia terbentuk sebagai makhluk sosial. Manusia disebut makhluk sosial, karena ia memiliki gregariuosness yaitu suatu naluri untuk selalu hidup dengan orang lain. Misalnya saja, nasi yang kita makan sehari-hari merupakan hasil kerja keras para petani, rumah yang menjadi tempat tinggal kita merupakan hasil dari kerja sama para pekerja bangunan atau mungkin tetangga kita yang sudah membantu untuk mendirikan rumah. Dengan demikian manusia harus berinteraksi dengan sesama anggota masyarakat.

AKTIVITAS KELOMPOK

Setelah kamu membaca tulisan diatas secara teliti,

  1. Lakukan pengamatan sekali lagi, dan ajukan pertanyaan dengan menuliskannya dalam buku.
  2. mengapa anak kecil tersebut memerlukan bantuan ibunya untuk makan?
  3. Cobalah untuk mencari faktor penyebabnya seseorang memerlukan bantuan orang lain ?
  4. Selain hubungan antarindividu, masih adakah bentuk lainnya? Coba sebutkan dan jelaskan!
  5. Hubungan antar manusia dalam kehidupan sehari-hari itu disebut juga dengan interaksi sosial. Melalui interaksi sosial tersebut manusia memenuhi sebagian besar kebutuhan hidupnya.

Coba kalian sebutkan kebutuhan hidup manusia apa saja, dan renungkan, dapatkah manusia memenuhinya tanpa berinteraksi dengan orang lain?

Mungkin tidak, kemukakan alasanmu!

 

 

 

 

 

Terjadinya interaksi sosial ada dua syarat yang diperlukan yaitu  kontak sosial dan komunikasi.

1.. Kontak sosial terjadi ketika kontak melibatkan manusia dan manusia dengan memberikan aksi dan reaksi satu sama lain. Kontak social ada dua jenis: kontak social langsung  contoh guru meminta siswa membentuk kelompok dan siswa berreaksi dengan membentuk kelompok walaupun  siswa tidak melakukan komunikasi dan kontak social tidak langsung (menggunakan perantara)   contohnya seseorang mengirim sms lewat handphone, seorang  menggunnaka internet, mendengarkan radio atau melihat televisi, seseoarang menulis surat kepada temannya.

  1. Komunikasi adalah suatu proses pengiriman berita atau pesan kepada orang lain sehingga pesan tersebut dapat diterima dan di pahami dan langsung mendapatkan respon dari penerima pesan. Contohnya berbicara pada teman. komunikasi dapat dilakukan melalui bentuk pidato, bahasa tubuh dan bahasa isyarat, dan sikap). Komunikator adalah orang yang menyampaikan pesan. Dan komunikan adalah orang yang menerima pesan. orang berkomunikasi dengan menggunakan kata-kata. Komunikasi yang menggunakan kata-kata disebut komunikasi verbal. Mengangguk dan menggelengkan kepala, menangis, tertawa, tersenyum, dan gemetar tinju adalah contoh bahasa isyarat dan bahasa tubuh yang dikembangkan oleh manusia dalam berkomunikasi. Komunikasi menggunakan bahasa isyarat dan bahasa tubuh disebut komunikasi nonverbal.

Kontak sosial dan komunikasi merupakan syarat terjadinya interaksi sosial. Tanpa adanya dua syarat tersebut, interaksi sosial tidak akan terjadi. Berlangsungnya suatu proses interaksi sosial dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain sebagai berikut :

 

  1. 1. Faktor Imitasi

Imitasi berasal dari kata imitation yaitu proses seseorang mencontoh orang lain atau kelompok. Untuk dapat meniru, menurut Choros (2003:66) ada empat syarat, yaitu :

1)   Harus menaruh minat terhadap seseorang yang akan diimitasi.

2)   Mengagumi hal-hal yang akan diimitasi.

3)    Harus memeberikan penghargaan sosial yang tinggi terhadap objek yang akan menjadi objek imitasi

4)    Pihak yang akan melakukan imitasi harus memiliki penegtahuan tentang pihak atau sesuatu yang akan diimitasi.

 

  1. 2. Faktor Sugesti

Sugesti artinya pengaruh yang dapat menggerakan hati orang. Misalnya, seorang pasien yanga akan berobat kepada seorang dokter, pasien akan   cepat mengalami penyembuhan salah satunya disebabkan kepercayaannya yang tinggi (sugesti) pada dokter tersebut.

  1. 3. Faktor Identifikasi

Identifikasi merupakan kecenderungan-kecenderungan atau keinginan dalam diri seseorang untuk menjadi sama dengan orang lain. Faktor identifikasi sifatnya lebih mendalam dripada imitasi karena kepribadian seseorang dapat terbentuk atas dasar proses identifikasi. Contohnya kita mengidolakan seseorang sehingga semua tingkah laku orang itu kita lakukan.

  1. 4. Faktor Simpati

Simpati merupakan proses ketika seseorang merasa tertarik kepada orang lain. Simpati akan muncul melalui perasaan yang memegang peranan sangat penting. Faktor simpati yang utama adalah ingin mengerti dan ingin bekerja sama dengan orang lain.

 

  1. Motivasi berhubungan dengan kekuatan (dorongan) yang berada di dalam diri manusia. Motivasi tidak dapat terlihat dari luar. Motivasi dapat menggerakkan manusia untuk menampilkan suatu tingkah laku kearah pencapaian suatu tujuan. Tingkah laku dapat dilandasi oleh berbagai macam motivasi. Dorongan yang mendasari seseorang untuk melakukan perbuatan berdasarkan pertimbangan rasionaitis. Motivasi dalam diri seseorang dapat muncul disebabkan faktor atau pengaruh dari orang lain sehingga individu melakukan kontak dengan orang lain
  2. Empati merupakan simpati mendalam yang dapat mempengaruhi kejiwaan dan fisik seseorang. Contohnya, seorang ibu akan merasa kesepian ketika anaknya yang bersekolah di luar kota. Ia selalu rindu dan memikirkan anaknya tersebut sehingga jatuh sakit. Contoh lain, seorang pria baru saja menjenguk keluarganya yang mengalami kecelakaan. Orang tersebut kemudian jatuh sakit karena selalu membayangkan dan memikirkan kejadian yang menimpa keluarganya.

 

 

UJI KOMPETENSI:

Nomor

SOAL

Jawaban

1

Jelaskan pengertian interaksi social !

 

 

2

Sebutkan syarat terjadinya interaksi social !

 

3

Sebutkan ciri-ciri interaksi social !

 

4

Jelaskan bagaimana terjadinya interaksi sosial

 

5

Sebutkan aturan apa saja dalam interaksi social !

 

 

 

 

                                                                                                                  

  1. Coba anda buat contoh tentang interaksi sosial dalam kehidupan sehari-hari !

 

No

Masyarakat Tradisional

Masyarakat Modern

              Penjelasan

1

 

 

 

2

.............................................

.................................................

.................................................

3

.............................................

.................................................

.................................................

4

.............................................

.................................................

.................................................

5

.............................................

.................................................

.................................................

6

.............................................

.................................................

.................................................

7

.............................................

.................................................

.................................................

8

.............................................

.................................................

.................................................

9

.............................................

.................................................

.................................................

10

.............................................

.................................................

.................................................

                                                                                

                                                           

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

                                                                         AKTIVITAS 2. 2

                       

  1. Bentuk – Bentuk Interaksi Sosial

Interaksi sosial secara umum bisa dibedakan menjadi dua bentuk: bentuk interaksi sosial yang asosiatif  dan bentuk interaksi sosial yang disosiatif.

  • Proses asosiatif

adalah proses yang merupakan penggabungan antara dua objek atau tanggapan indriawi. Proses sosial asosiatif memiliki empat  bentuk proses social yaitu kerjasama, akomodasi, asimilasi, dan akulturasi atau amalgamasi. Mari kita mempelajari empat bentuk proses sosial asosiatif satu per satu.

  1. Kerja sama

  Kerjasama merupakan upaya yang dilakukan bersama-sama oleh individu atau kelompok manusia untuk mencapai satu atau lebih tujuan. Kerjasama dapat berlangsung antar  individu dengan individu  dan  kelompok dengan kelompok. Kerjasama terjadi karena adanya tujuan bersama yang ingin dicapai. Contoh  Kerja sama yang terjadi di masyarakat selama ini terdiri dari empat bentuk:  Tawar menawar, kooperatif, koalisi, Joint Ventura.

  1. Akomodasi

Akomodasi adalah proses menuju tercapainya kesepakatan sementara yang dapat diterima oleh pihak-pihak yang berbeda pendapat,yang berada dalam konflik atau saling bertentangan Beberapa bentuk Akomodasi sebagai upaya untuk mengurangi konflik antara lain pemaksaan, komprom, mediasi, arbitrasem  ajudikasi, Konsiliasi (conciliation)., Toleransi (toleration) Stalemete,

 

  1. Asimilasi

Asimilasi adalah proses peleburan  budaya atau kelompok yang membuat hubungan dengan satu sama lain atau mengalami kontak satu sama lain. Sehingga  budaya baru yang menjadi milik bersama. da perbedaan budaya antara kelompok manusia,

 

  1. Amalgamasi/ Akulturasi

Peleburan adalah proses yang ditunjukkan  bersama-sama dari dua kelompok budaya menjadi satu yang akhirnya melahirkan sesuatu yang baru.

UJI KOMPETENSI:

Nomor

SOAL

JAWABAN

1

Jelaskan pengertian interaksi social !

 

 

2

Sebutkan syarat terjadinya interaksi social !

 

3

Sebutkan ciri-ciri interaksi social !

 

4

Jelaskan bagaimana terjadinya interaksi sosial

 

5

Sebutkan aturan apa saja dalam interaksi social !

 

 

 

 

 

  1. Coba anda buat contoh tentang interaksi sosial dalam kehidupan sehari-hari !

 

No

Masyarakat Tradisional

Masyarakat Modern

              Penjelasan

1

 

 

 

2

.............................................

.................................................

.................................................

3

.............................................

.................................................

.................................................

4

.............................................

.................................................

.................................................

5

.............................................

.................................................

.................................................

6

.............................................

.................................................

.................................................

7

.............................................

.................................................

.................................................

8

.............................................

.................................................

.................................................

9

.............................................

.................................................

.................................................

10

.............................................

.................................................

.................................................

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

AKTIVITAS 2.4

                       

2). Proses Sosial disosiatif

Sebuah proses sosial disosiatif adalah interaksi sosial yang menunjuk pada perpecahan. Ada tiga bentuk proses sosial disosiatif.

  1. Kompetisi

Kompetisi adalah bentuk interkasi sosial yang berada di antara persaingan dan pertentangan. Biasanya kompetisi didasari tidak senang. Contoh kompetisi adalah perlombaan, persaingan. Kamu bisa bersaing dengan teman-teman Kamu dalam bidang apapun. Namun, kompetisi harus dilakukan dalam perilaku sehat dan dengan tetap patuh pada norma-norma sosial yang digunakan.

  1. Konflik

Konflik adalah suatu proses sosial yang terjadi dengan melibatkan individu atau kelompok yang saling menantang. Ada banyak faktor yang menyebabkan terjadinya konflik tersebut. Salah satu penyebab konflik terjadi adalah perbedaan pendapat dan keyakinan.


  1. Interaksi Manusia dengan Lingkungan Budaya

Lingkungan  budaya terbentuk mengikuti keberadaan manusia di muka bumi. Ini berarti bahwa lingkungan budaya sudah ada sejak makhluk manusia atau homo sapiens ini ada atau diciptakan. Lingkungan budaya mengalami perubahan sejalan dengan peningkatan kemampuan adaptasi kultural manusia terhadap lingkungannya.             Macam-macam  interaksi manusia dengan lingkungan budaya

  1. Adat adalah gagasan kebudayaan yang terdiri dari nilai-nilai kebudayaan, norma, kebiasaan, kelembagaan, dan hukum adat yang lazim dilakukan di suatu daerah. Contoh upacara perkawinan.
  2. Paguyuban atau Gemeinsschaft merupakan bentuk kehidupan bersama atas dasar ikatan batin yang murni, bersifat alamiah, dan kekal. Hubungan paguyuban tidak disarakan pada untung dan rugi hubungan ini atas dasar rasa cinta, kekeluargaan dan kekerabatan. Patembayan atau Gessellschaft merupakan bentuk ikatan bersama atas dasar kesepakatan dan tujuan-tujuan tertentu dan biasanya belangsung dalam jangka waktu tertentu. Contohnya ikatan sebuah organisasi. Karyawan dan pimpinan
  3. Gotong royong merupakan suatu istilah asli Indonesia yang berarti bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu hasil yang didambakan. Contoh kerja bakti yang biasa dilakukan di masyarakat pedesaaan.

UJI KOMPETENSI :

Nomor

SOAL

JAWABAN

1

Jelaskan pengertian dari bentuk social disosiatif !

 

 

2

Sebutkan bentuk-bentuk social disosiatif !

 

3

Jelaskan kenapa kompetisi terjadi !

 

4

Berilah 5 contoh proses disosiatif  kompetsi !

 

5

Berilah 5 contoh proses disosiatif konflik !

 

 

 

 

                                                                                

  1. Coba anda buat contoh tentang proses sosial dalam kehidupan sehari-hari !

 

No

Proses Sosial Asosiatif

Proses Sosial Disosiatif

1

 

 

2

 

 

3

 

 

4

 

 

5

 

 

6

 

 

7

 

 

8

 

 

9

 

 

10

 

 

 

                                                           

 

 

 

 

 

 

 

                                                            AKTIVITAS 2.4

 

 

 

UJI KOMPETENSI

 

 

 

1.      Bagaimana cara manusia melakukan interaksi dengan lingkungan budaya?

2.      Uraikan pentingnya interaksi manusia dengan lingkungan budaya?

3.      Bagaimana cara masyarakat tradisional melakukan interaksi dengan lingkungan budaya?

4.      Bagaimana cara manusia modern  melakukan interaksi dengan lingkungan budaya?

5.      Bagaimana perubahan perilaku manusia dalam melakukan interaksi dengan lingkungan budaya?

 

UJI KOMPETENSI :

Nomor

SOAL

Jawaban

1

Jelaskan pengertian dari keteraturan social !

 

 

2

Jelaskan pengertian norma !

 

3

Sebutkan empat keteraturan social? Dan jelaskan !

 

4

Jelaskan pengertian interaksi sosial

 

5

Sebutkan  tiga jenis interaksi social dan berikan contohnya!

 

 

 

 

                                                                                                                  

Jawablah pertanyaan di bawah ini !

 

No

PERTANYAAN

1

Pengertian interaksi sosial menurut bahasa (etimologi) !

 

........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

2

Ciri-ciri interaksi sosial menurut pendapat Charles P. Loomis !

 

........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

3

Jelaskan jenis-jenis interaksi sosial

 

......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

4

Sebutkan pendapat menurut Hoarton dan Hunt, tentang lembaga sosial (institutation)

 

........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

5

Sebutkan proses pertumbuhan lembaga social dan jelaskan !

 

........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

                                                            

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

AKTIVITAS 2.5

                       

 

  1. LEMBAGA SOSIAL

 

UJI KOMPETENSI :

Nomor

SOAL

JAWABAN

1

Jelaskan pengertian lembaga singkat !

 

2

Pengertian lembaga social menurut Koentjaraningkrat!

 

3

Pengertian lembaga social menurut Soerjono Soekanto!

 

4

Sebutkan sebab - sebab timbulnya institusi

 

5

Jelaskan institusi yang terencana !

 

 

 

 

 

AKTIVITAS INDIVIDU:

 

No

 

 

Macam Norma

 

Penjelasan

 

 

Contoh

 

1

Cara (usage)

 

 

2

Kebiasaan (folkways)

 

 

3

Tata Kelakuan (Mores)

 

 

4

Adat istiadat (custom)

 

 

                                                                                

                                                           

 

 

 

 

 

 

AKTIVITAS 2. 6

 

  1. Jenis-Jenis Lembaga Sosial

 

  1. 1. Keluarga

Keluarga merupakan lingkungan pendidikan yang pertama karena dalam keluarga inilah anak pertama-tama mendapatkan didikan dan bimbingan. Keluarga   merupakan unit sosial yang terkecil dalam masyarakat yang terdiri atas ayah, ibu, dan anak-anaknya. Dalam keluarga, diatur  hubungan  antar anggota  keluarga  sehingga anggota  keluarga  mempunyai  peran dan fungsi masing-masing. Keluarga terbentuk dari sebuah perkawinan yang sah menurut agama, adat, dan  pemerintah.

Proyek.

Kamu telah mempelajari pengertian dan jenis lembaga sosial. Selanjutnya, lakukanlah tugas berikut ini.

  1. 1. Bagi kelas kamu menjadi lima kelompo
  2. 2. Masing-masing kelompok melakukan pemetaan lokasi lembaga so Misalnya kelompok 1 memetakan lembaga pendidikan, kelompok 2 memetakan lembaga agama dan seterusnya.
  3. 3. Carilah informasi alamat lembaga sosial yang ada di daerahmu dari berbagai sumbe Sesuaikan dengan cakupan wilayah yang dipetakan, misalnya  wilayah  yang  akan  dipetakan  lembaga

sosialnya adalah tingkat desa, maka carilah informasi alamatnya ke kantor desa.

  1. 4. Lakukan kunjungan ke lokasi lembaga sosial yang dipetakan agar dapat ditentukan posisinya pada peta. Carilah informasi tentang profil lembaga yang dikunjung
  2. 5. Buatlah peta dengan memperhatikan aturan pemetaan dan kelengkapan komponen petanya. Tempatkan posisi dari lembaga yang dipetakan  sesuai dengan  hasil kunjungan lapangan.
  3. 6. Buatlah laporan hasil kegiatan proyeknya
  4. 7. Masing-masing kelompok menyajikan hasilnya di depan kela

UJI KOMPETENSI :

Nomor

SOAL

Jawaban

1

Jelaskan Fungsi keluarga sebagai fungsi reproduksi!

 

2

Jelaskan fungsi keluarga sebagai fungsi protektif !

 

3

Jelaskan fungsi keluarga sebagai fungsi ekonomi !

 

4

Jelaskan fungsi keluarga sebagai fungsi edukatif !

 

5

Jelaskan fungsi keluarga sebagai fungsi religious !

 

 

 

 

 

Lengkapilh kliping gambar berikut ini gambar yang berhubungan dengan Lembaga Sosial ( Lembag Keluarga) berdasarkan fungsinya !

Fungsi Biologis/Repoduksi

Fungsi Perlindungan

Fungsi Ekonomi

 

 

 

Fungsi Edukatif

Fungsi Sosialisasi

Fungsi Afeksional

 

 

 

 

 

 

 

Fungsi Religius

Fungsi Rekreatif

Fungsi Pengendalian Sosial


                                    

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

AKTIVITAS 2. 7                   

 

  1. Lembaga Ekonomi

 

Lembaga   ekonomi   ialah   lembaga   yang   mempunyai   kegiatan   bidang ekonomi   demi terpenuhinya kebutuhan masyarakat. Lembaga ekonomi lahir sebagai suatu usaha manusia menyesuaikan diri dengan alam untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka yang berkaitan dengan pengaturan dalam bidang-bidang ekonomi dalam rangka mencapai kehidupan yang sejahtera.

Berdasarkan Pasal 33 UUD 1945 terdapat tiga lembaga perekonomian yang ada di Indonesia, yaitu koperasi, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dan Badan Usaha Milik Swasta (BUMS). Koperasi adalah lembaga  ekonomi yang berwatak sosial, sebagai usaha bersama berdasarkan asas kekeluargaan. BUMN adalah jenis bidang usaha dan produksi yang  langsung diusahakan dan dikelola oleh negara. BUMS adalah jenis bidang usaha danproduksi yang langsung diusahakan dan dikelola oleh masyarakat atau swasta.

 

  1. Lembaga Agama

Lembaga agama adalah lembaga yang mengatur kehidupan manusia dalam kaitannya dengan kehidupan keagamaan. Semua agama sama-sama memisahkan antara baik dan   buruk, yang dibolehkan dan yang dilarang, atau kehidupan dunia dan kehidupan akhirat. Ukuran baik dan buruk atau terlarang telah dirumuskan dalam ajarannya. Lembaga keagamaan adalah organisasi yang dibentuk oleh umat  beragama  dengan maksud memajukan   kepentingan keagamaan umat yang   bersangkutan   di dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.Tujuannya   adalah untuk meningkatkan kualitas hidup keagamaan setiap umat beragama. Setiap agama di Indonesia memiliki lembaga keagamaan, yaitu seperti beriku::

  1. 1. Islam : Majelis Ulama Indonesia (MUI)
  2. 2. Kristen : Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia (PGI)
  3. 3. Katolik : Konferensi Wali Gereja Indonesia (KWI)
  4. 4. Hindu : Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI)
  5. 5. Buddha : Perwakilan Umat Buddha Indonesia (Walubi)
  6. 6. Khonghucu : Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia (Matakin).

Proyek

 

  1. 1. Bagi kelas kalian menjadi empat kelompok
  2. 2. Masing-masing kelompok mencari informasi di lingkungan Rukun Tetangga (RT) atau Rukun Warga (RW) tentang keadaan komposisi penduduk (jenis kelamin, pendidikan, pekerjaan, suku dan agama) dalam kurun waktu tiga tahun terakhir. Sajikanlah hasilnya dalam bentuk tabel dan graf Buatlah deskripsi dan kesimpulan dari tabel atau grafik komposisi penduduk yang kalian buat.
  3. 3. Presentasikan hasil kerja kelompok di depan ke
  4. 4. Waktu untuk melakukan kegiatan ini selama satu minggu.

 

UJI KOMPETENSI :

Nomor

SOAL

Jawaban

1

Jelaskan pengertian dari agama !

 

2

Ada berapa jumlah agama yang resmi dan di akui di Indonesia !

 

3

Jelaskan fungsi lembaga keagamaan menurut Bruce J. Cohen !

 

4

Sebutkan fungsi pokok lembaga agama di Indonesia!

 

5

Jelaskan pendapat Durkheim fungsi agama dari segu mikro!

 

 

 

 

 

AKTIVITAS INDIVIDU :

Agama

Kitab Suci

Nama Tempat Ibadah

Contoh Hari Besar

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

                             

UJI KOMPETENSI

Nomor

Soal

Jawaban

1

Jelaskan pengertian dari lembaga ekonomi !

 

2

Sebutkan tujuan pokok dari lembaga ekonomi !

 

3

Sebutkan  sistem perekonomian !

 

4

Sebutkan struktur lembaga ekonomi !

 

5

Sebutkan unsur-unsur lembaga ekonomi

 

 

 

 

 

AKTIVITAS INDIVIDU:

No

Sistem Ekonomi

Penjelasan

Negara Penganut

1.

Sistem Ekonomi Kapitalis

 

 

2

Sistem Ekonomi Komunis

 

 

3

Sistem Ekonomi Pancasilais

 

 

 

                                                           

 

 

 

 

 

AKTIVITAS 2:8

                       

  1. Lembaga Pendidikan

 

Lembaga pendidikan adalah lembaga atau tempat berlangsungnya  proses pendidikan yang dilakukan dengan tujuan-tujuan untuk mengubah tingkah laku individu ke arah yang lebih baik melalui interaksi dengan lingkungan   sekitar. Lembaga pendidikan merupakan lembaga yang bergerak dan bertanggung jawab atas terselenggaranya pendidikan terhadap anak didik.

Jenis-jenis lembaga pendidikan meliputi:

  1. Pendidikan formal adalah jalur pendidikan yang terstruktur dan berjenjang yang terdiri atas pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan tingg
  2. Pendidikan nonformal adalah jalur pendidikan di luar jalur pendidikan formal yang dapat dilaksanakan secara tersetruktur dan berjenjang.
  3. Pendidikan informal adalah jalur pendidikan keluarga dan lingkungan.

 

 

AKTIVITAS INDIVIDU

 

Kalian telah telah belajar tentang lembaga pendidikan di Indonesia. Carilah informasi tentang   contoh lembaga pendidikanformal, nonformal dan informal di darahmu. Sebutkan nama-nama lembaga pendidikan tersebut dan kalian kerjakan dalam latihan di akhir materi ini

 

UJI KOMPTENSI :                                                                                 

Nomor

SOAL

Jawaban

1

Jelaskan pengertian dari lembaga pendidikan !

 

2

Jelaskan kenapa kita harus bersekolah!

 

3

Jelaskan kenapa dengan bersekolah kita dapat membentuk kepribadian!

 

4

Jelaskan apa yang dimaksud dengan program wajib belajar!

 

5

Jelaskan apa yang dimaksud dengan program pendidikan dasar!

 

 

 

JUMLAH

 

                                                                       

AKTIVITAS 2.

LEMBAGA POLITIK

 

Politik adalah proses pembentukan dan pembagian kekuasan dalam masyarakat yang antara lain berwujud proses pembuatan keputusan, khususnya dalam negara. Dalam politik, terdapat lembaga politik yang menangani masalah administrasi dan tata tertib umum demi tercapainya keamanan dan ketenteraman masyarakat. Lembaga- lembaga politik yang berkembang di Indonesia diatur dalam Undang-Undang Dasar

  1. 1945. Lembaga-lembaga politik tersebut adalah seperti berikut :

 

  1. Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR)
  2. Presiden dan Wakil Presiden
  3. Dewan Perwakilan Rakyat (DPR)
  4. Dewan Pertimbangan Agung (DPA)
  5. Badan Pemeriksa Keuangan (BPK)
  6. Mahkamah Agung (MA)
  7. Pemerintahan Daerah

 

UJI KOMPETENSI:

Nomor

SOAL

Jawaban

1

Jelaskan pengertian politik secara etimologis!

 

2

Jelaskan pengertian politik!

 

3

Jelaskan apa yang dimaksud dengan lembaga politik!

 

4

Jelaskan apa yang dimaksud dengan kekuasaan!

 

5

Jelaskan apa yang dimaksud dengan nilai sosial dalam masyarakat!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

NO

NAMA LEMBAGA

TUGASNYA

1

MPR

 

2

Presiden

 

3

Wakil Presiden

 

4

DPR

 

5

DPD

 

6

Pemerintah Daerah

 

7

DPRD Provinsi

 

8

DPRD Kabupaten/Kota

 

9

Partai Politik

 

 

 

 

 

 

 

 

Mengetahui,

Kepala SMP Negeri 1 Kalinyamatan

 

 

 

 

 

Drs.Akhmad Effendi

NIP. 19650207 199512 1 002

 

 

Kalinyamatan,  16 Juli 2018

Guru Mata Pelajaran IPS

 

 

 

 

 

Sukarlin, S.E, M.Pd

NIP. 19801120 200701 2 006