• SMP NEGERI 1 KALINYAMATAN
  • Unggul dalam prestasi berdasarkan iman, taqwa, budi pekerti dan berwawasan lingkungan

7.IPA Smt 1 Bab 3 Wujud Zad dan Perubahannya

Perubahan wujud zat

 
Diagram perubahan wujud zat

Perubahan wujud zat adalah perubahan termodinamika dari satu fase benda ke keadaan wujud zat yang lain.

Perubahan wujud zat ini bisa terjadi karena peristiwa pelepasan dan penyerapan kalor.Perubahan wujud zat terjadi ketika titik tertentu tercapai oleh atom/senyawa zat tersebut yang biasanya dikuantitaskan dalam angka suhu. Semisal air untuk menjadi padat harus mencapai titik bekunya dan air menjadi gas harus mencapai titik didihnya.

Jenis Perubahan Wujud

Perubahan wujud zat digolongkan menjadi enam peristiwa sebagai berikut:

Peristiwa perubahan wujud dari cair menjadi padat. Dalam peristiwa ini zat melepaskan energi panas. Contoh peristiwa membeku yaitu air yang dimasukkan dalam freezer akan menjadi es batu, lilin cair yang didinginkan.

Peristiwa perubahan wujud zat dari padat menjadi cair. Dalam peristiwa ini zat memerlukan energi panas. Contoh peristiwa mencair yaitu pada batu es yang berubah menjadi air, lilin yang dipanaskan, dan es krim yang dibiarkan di ruang terbuka, akan mencair dengan sendirinya.

Peristiwa perubahan wujud dari cair menjadi gas. Dalam peristiwa ini zat memerlukan energi panas. Contohnya air yang direbus jika dibiarkan lama-kelamaan akan habis, bensin yang dibiarkan berada pada tempat terbuka lama-lama juga akan habis berubah menjadi gas.

Peristiwa perubahan wujud dari gas menjadi cair. Dalam peristiwa ini zat melepaskan energi panas. Contoh mengembun adalah ketika kita menyimpan es batu dalam sebuah gelas maka bagian luar gelas akan basah, atau rumput di lapangan pada pagi hari menjadi basah padahal sore harinya tidak hujan.

Peristiwa perubahan wujud dari padat menjadi gas. Dalam peristiwa ini zat memerlukan energi panas. Contoh menyublim yaitu pada kapur barus (kamper) yang disimpan pada lemari pakaian lama-lama akan habis.

Peristiwa perubahan wujud dari gas menjadi padat. Dalam peristiwa ini zat melepaskan energi panas. Contoh mengkristal adalah pada peristiwa berubahnya uap menjadi salju.

Dari Ke
  Padat Cair Gas Plasma
Padat   Mencair Menyublim  
Cair Membeku   Menguap  
Gas Mengkristal Mengembun   Ionisasi
Plasma     Rekombinasi  

 

Tulisan Lainnya
7 IPA Smt 1 Bab 1B Pengukuran Sebagai Bagian Dari Pengamatan

Besaran Pokok dan Besaran Turunan Berdasarkan jenis satuanya, maka besaran dibedakan menjadi besaran pokok dan besaran turunan. Besaran pokok Besaran pokok merupakan besa

08/07/2020 11:28 WIB - admin
7 IPA Smt 1 Bab 1 Soal Latihan

Berikut ini Soal Objek IPA dan Pengamatannya Materi IPA Kelas 7 SMP/MTs Kurikululum 2013  Soal nomor 1 Langkah awal yang harus dilakukan dalam sebuah penyelidikan IPA adalah

08/07/2020 11:12 WIB - admin
7 IPA Smt 1 Bab 1A Penyelidikan IPA

A. Pengertian IPA IPA adalah ilmu yang mempelajari segala sesutu yang berada di sekitar kita baik yang hidup maupun yang mati. Di dalam menemukan konsep-konsep IPA, maka para ilmuwan me

08/07/2020 11:00 WIB - admin
7 IPA Smt 1 Bab 1 Besaran dan Pengukuran

KOMPETENSI DASAR   Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta&nb

08/07/2020 09:48 WIB - admin