• SMP NEGERI 1 KALINYAMATAN
  • Unggul dalam prestasi berdasarkan iman, taqwa, budi pekerti dan berwawasan lingkungan

8 Bahasa Indonesia Bab 2Teks berita, slogan, dan poster

Mengungkapkan informasi dalam bentuk rangkuman, teks berita, slogan poster

Kompetensi Dasar :

Mengidentifikasi informasi   teks iklan, slogan, atau poster (yang membuat bangga dan memotivasi) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar.

INDIKATOR

—Mendata informasi isi dan unsur–unsur yang terdapat pada iklan, slogan, atau poster

—Menelaah dan membedakan unsur-unsur iklan, slogan, dan poster

Materi Pembelajaran

—Pengertian dan Fungsi Iklan, Slogan, dan Poster

—Unsur-Unsur Iklan, Slogan, dan Poster

Pengertian dan Fungsi Iklan, Slogan, dan Poster

—Iklan : pemberitahuan yang bertujuan mendorong dan membujuk khalayak mengenai suatu barang dan jasa.

—Unsur-unsur iklan : gambar, gerak, kata-kata atau suara.

—Fungsi iklan : sebagai kebutuhan untuk mengomunikasikan pesan baik yang bersifat komersial, sosial, maupun pribadi.

SLOGAN

Slogan adalah perkataan atau kalimat pendek yang menarik / mencolok dan mudah diingat sebagai dasar tuntunan, prinsip utama dari suatu usaha/organisasi (moto/semboyan).

Fungsi kalimat slogan sebagai semboyan / motto

Contoh kalimat slogan:

1.Tiada hari tanpa belajar

2.Saatnya wanita  tampil di depan

3.PKK Fajar Mandiri Hidup bersosialisasi berkreativitas dan berprestasi

Poster adalah plakat yang dipasang di tempat umum berupa (pemberitahuan / iklan) dengan gambar yang  mencolok dan tulisan.

Berdasarkan isinya  ada 3 jenis poster :

1.Poster kegiatan

2.Poster niaga / penawaran

3.Poster layanan masyarakat

Contoh kalimat poster :

1.Membiasakan menabung sejak dini

2.Saksikanlah gelar budayaMahakarya Borobudur”

 

Ciri poster :

1.Berisi ajakan,anjuran, pemberitahuan dan peringatan

2.Biasanya bergambar mencolok dan mencuri perhatian

3.Di tulis dalam bahasa yang sangat singkat, jelas sederhana, mudah dipahami dan pesuasif.

Ciri slogan:

1.Bahasanya sangat, jelas dan padat makna

2.Menarik, mudah dipahami dan komunikatif

3.Bersifat persuasif berbau iklan

4.Tidak selalu menggunakan bahasa baku

Perbedaan poster dan slogan

Isinya atau muatan slogan berupa penjelasan mengenai tujuan idiologi sesuatu organisasi, golongan dan sebagainya

Isi / muatan poster dapat berupa imbauan, ajakan, protes, penawaran produk, upaya pendidikan, dan penyaluran aspirasi tetentu.

Unsur-Unsur Iklan, Slogan, dan Poster

Perbedaan antara iklan, slogan dan poster

—Iklan merupakan teks persuasif yang memadukan unsur gambar, gerak, dan kata-kata atau suara.

—Slogan merupakan teks persuasif yang  mengutamakan unsur kata-kata.

—Poster merupakan teks persuasif yang mengutamakan kekuatan gambar dan kata-kata; dipajang di tempat-tempat umum.

 

Jelaskan poster berikut!

Tujuan Pembelajaran:
1. Menjelaskan kembali unsur-unsur pembentuk iklan.
2. Menyimpulkan informaasi, pesan, ajakan di dalam iklan.

B.Menyimpulkan Informasi dan Pesan dalam Iklan

  1. Unsur-Unsur Pembentuk Iklan

a.Sumber : pemasang, yang berinisiatif, dan penyandang dana dari pemasangan suatu iklan.

b.Pesan : informasi yang disampaikan. (pesan verbal dan pesan nonverbal).

c.Media : sarana yang digunakan (cetak, elektronik).

d. Efek : perubahan yang terjadi pada diri penerima (sikap, pola pikir, perilaku, kebiasaan, pola hidup).

f. Umpan balik : reaksi yang dikehendaki dari penerima pesan (membeli produk dan menolak).

 

2. Penyimpulan Maksud Suatu Iklan

    Berdasarkan isinya iklan (pemberitahuan, layanan masyarakat, penawaran).

    Klasifikasi periklanan :

a.Iklan strategis, digunakan untuk membangun merek ataupun citra positif suatu perusahaan.

b.Iklan taktis, dirancang untuk mendorong konsumen agar segera melakukan respon dengan merek tertentu.

 

Tujuan/fungsi iklan :

1.Fungsi informasional : iklan memberitahukan kepada konsumen tentang karakteristik suatu produk juga berbagai manfaat yang mereka peroleh.

2.Fungsi transformasional, iklan berusaha untuk mengubah sikap yang dimiliki oleh konsumen terhadap merek, pola belanja, gaya hidup, teknik mencapai sukses.

 

Tujuan Pembelajaran:
1. Menelaah hubungan unsur, pola penyajian, dan 
    kebahasaan teks iklan, slogan atau poster.

C. Menelaah Pola, Struktur, dan Kaidah Kebahasaan Iklan

  1. Pola-pola Penyajian Iklan

a.Iklan Media cetak mengutamakan :

1)Kejelasan dalam kata-katanya

2)Mengandalakn desain grafis (warna, bentuk huruf , tata letak, dan gambar)

Macam-macam iklan media cetak :

1)Iklan baris

2)Iklan kolom

Iklan elektronik

  1. Iklan radio : mengandalkan efek suara (tuturan, musik/bunyi).
  2. Iklan televisi (suara, gambar, dan gerak).
  3. Iklan film

Berdasarkan isinya iklan dibedakan :

a.Iklan pemberitahuan,

b.Iklan layanan masyarakat,

c.Iklan penawaran.

Struktur Teks Iklan :

1.Pengenalan produk (judul teks)

2.Pernyataan persuasif (pernyataan tentang kelebihan)

Kaidah Kebahasaan Teks Iklan

 

 

D. Menulis Iklan

  1. Langkah-langkah menulis iklan

a.Mulai iklan dengan pernyataan yang menarik (fokus pada masalah/kepentingan),

b.Menawarkan solusi,

c.Menunjukkan bukti,

d.Mengajukan harga.

.

MENULIS POSTER DAN SLOGAN

Poster adalah plakat yang dipasang di tempat umum berupa (pemberitahuan / iklan) dengan gambar yang  mencolok dan tulisan.

Berdasarkan isinya  ada 3 jenis poster :

1.Poster kegiatan

2.Poster niaga / penawaran

3. Poster layanan masyarakat

Contoh kalimat poster :

1.Membiasakan menabung sejak dini

2.Saksikanlah gelar budayaMahakarya Borobudur”

 SLOGAN

Slogan adalah perkataan atau kalimat pendek yang menarik / mencolok dan mudah diingat untuk memberitahukan sesuatu

Fungsi kalimat slogan sebagai semboyan / motto

Contoh kalimat slogan:

1.Tiada hari tanpa belajar

2.Saatnya wanita  tampil di depan

3.PKK Fajar Mandiri Hidup bersosialisasi berkreativitas dan berprestasi

Ciri poster :

1.Berisi ajakan,anjuran, pemberitahuan dan peringatan

2.Biasanya bergambar mencolok dan mencuri perhatian

3.Di tulis dalam bahasa yang sangat singkat, jelas sederhana, mudah dipahami dan pesuasif.

Ciri slogan:

1.Bahasanya sangat, jelas dan padat makna

2.Menarik, mudah dipahami dan komunikatif

3.Bersifat persuasif berbau iklan

4.Tidak selalu menggunakan bahasa baku

Perbedaan poster dan slogan

Isinya atau muatan slogan berupa penjelasan mengenai tujuan idiologi sesuatu organisasi, golongan dan sebagainya

Isi / muatan poster dapat berupa imbauan, ajakan, protes, penawaran produk, upaya pendidikan, dan penyaluran aspirasi tetentu.

 

Tugas terstruktur!

Buatlah contoh poster tentang pendidikan!

 

 

Tulisan Lainnya
8 Bahasa Indonesia Smt 1 Bab 1 Teks Berita (Lembar Kerja)

Polisi Tahan 17 Tersangka Kerusuhan Unjuk Rasa Dana Desa CNN Indonesia | Minggu, 05/07/2020 20:28 WIB Polres Mandailing Natal (Madina) menetapkan belasan orang sebagai tersangka terkait

08/07/2020 11:02 WIB - admin
8 Bahasa Indonesia Smt 1 Bab 1 Teks Berita

INDIKATOR Dapat menunjukkan pokok-pokok berita yang didengarkan dan dibaca Dapat mengidentifikasi struktur dan kehasaan teks  berita Dapat menyajikan  teks berita   1.

08/07/2020 10:48 WIB - admin